UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PQ4R PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI KALICACING 02 SALATIGA

  • Wahyu Jatmiko Pendidikan Profesi Guru Universias Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Henny Dewi Koeswanti Pendidikan Profesi Guru Universias Kristen Satya Wacana, Indonesia
Keywords: Membaca Pemahaman, Penelitian Tindakan Kelas, Merode PQ4R

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VI. Penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) sebagai upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VI di SDN Kalicacing 02 Salatiga. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bertahap dengan dua siklus. Disetiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Metode pembelajaran PQ4R dilaksanakan pada siklus I dan siklus II, pada setiap siklus guru menerapkan langkah- langkah pembelajaran sesuai dengan langkah- langkah PQ4R. Subjek penelitian pada kelas VI yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki- laki dan 6 perempuan. Data penelitian diambil dengan observasi dan tes membaca pemahaman. Observasi dilakukan oleh observer untuk mengetahui keatifan penerapan metode PQ4R di dalam kelas, sedangkan tes membaca pemahaman dilakukan dengan mengacu pada rubrik keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan pelaksanaan penelitian menunjukkan presentasi ketuntasan peserta didik meningkat secara signifikan pada pra siklus 20%, mengalami kenaikan pada siklus I menjadi 40% serta pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 70%. Maka penerapan metode PQ4R dapat dikatakan berhasil meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VI SDN Kalicacing 02

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin,Y.(2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter, Bandung: PT Refika Aditama

Ahmad, Fikri Z. "Penerapan Strategi Pq4r untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 1, no. 2, 2013, pp. 1-8.

Cicilia, Y., & Nursalim, N. (2019). Gaya Dan Strategi Belajar Bahasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 138–149. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V1i3.30

Hanifah N. Memahami Penelitian Tindakan Kelas : Teori dan Aplikasinya. 1st ed. Julia, editor. Bandung: UPI Press; 2014. 86 p.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning And Teaching, 3(1). Https://Doi.Org/10.24235/Eduma.V3i1.8

Maulana, Panjii Dan Akbar, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. 5(2), 46–59.

Puspitasari, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Pendek Melalui Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Siswa Kelas V Sd Negeri I Rabakkabupaten Purbalingga. Metafora, 2(1).

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus Sebagai Metode Ilmiah Dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126. Https://Doi.Org/10.22146/Buletinpsikologi.38895

Rahayu, P. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Teknik Skrambel Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Bakulan Tahun Pelajaran 2011/2012 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

S. Arikunto, Suhardjono S. Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarrta: PT. Bumi Aksara; 2021.

Santoso, Sulikhah, & Utomo, S. (2020). Pengaruh Teknik Survey Question Read Reflect Recite Review (Sq4R) Dan Teknik Skema Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sd Negeri Kelas Iii Di Kecamatan Karanganyar Demak. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 365–385. Https://Doi.Org/10.24176/Kredo.V3i2.4752

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sunarto. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode The Learning Cell Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 40 Tombo-Tombolo Kabupaten Jeneponto. Universitas Muhammadiyah Makassar; 2020

Wulandari RR, Gunayasa IBK, Jaelani AK. Pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap Keterampilan Membaca Kritis Siwa Kelas IV SDN Gugus IV Praya. J Ilm Profesi Pendidik. 2021 Dec 9;6(4):582–7.

Trianto. 2007. Model- model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Published
2024-12-31
How to Cite
Jatmiko, W., & Dewi Koeswanti, H. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PQ4R PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI KALICACING 02 SALATIGA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 371 - 384. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1622
Section
Articles