PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas Pembelajaran Matematika dengan menerapkan Project Based Learning berbasis lingkungan kelas X SMK Muhammadiyah 2 Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TSM SMK Muhammadiyah 2 Semarang yang berjumlah 21 orang siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan model Lesson Study yaitu Maskur dan Mutaqin yang terdiri perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Penelitian ini dilakukan sebanyak siklus 2 pertemuan. Hasil dari pertemuan pertama diperoleh nilai rata-rata yang diperoleh 68,66% yang masuk dalam siswa dikategorikan kualifikasi sedang. Pada hasil pertemuan kedua terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata yang diperoleh 78,57% yang dikategorikan siswa kualifikasi tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning berbasis lingkungan mampu meningkatkan aktivitas siswa secara signifikan.
Downloads
References
Hadi Sofyan, Y. (2024). Pengaruh Penerapan Gaya Mengajar Terhadap Kemampuan Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli.
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.
Husein, W. M. (2022). Upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan teknologi informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. Jurnal Petisi, 3(1), 20-28.
Irfana, S., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Efektifitas model pembelajaran project based learning (PJBL) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Journal of Professional Elementary Education, 1(1), 56-64.
Kadfi, C. M., Zalzabil, K., Yunitasari, I., & Zulfahira, N. (2024). Peranan Guru Dalam Pengajaran, Pelatihan, dan Pembimbingan (Sebuah Kajin Pustaka). Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12).
Kartika, I., & Arifudin, O. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(2), 147-160.
Kurniawan, FA, Fauziah, RN, & Rohmatulloh, DPA (2024). Relevensi Dan Peran Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Krisis Global Warming. Jurnal Lingkungan Hidup dan Bencana Indonesia , 3 (1), 55-67.
Kusum, J. W., Akbar, M. R., & Fitrah, M. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Larasati, F., & Juhadi, J. (2020). Tingkat literasi sains pemanasan global terhadap gaya hidup berkelanjutan guru sekolah dasar di desa bangsri kabupaten jepara. Pendidikan Geografi , 8 (2), 113-120.
Lekok, R. (2024). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Menciptakan Suasana Pembelajaran yang Kondusif di SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Maskur, D., & Mutaqin, E. J. (2023). Pengembangan Kompetensi Guru melalui Kegiatan Lesson Study Berbasis Sekolah di SDN 02 Karangmulya Malangbong Garut. Badranaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(01), 26-33.
Mohamad, S., Hasan, R., & Wantu, A. (2024). Optimalisasi peran museum sebagai sumber pelestarian budaya dalam pembelajaran Sejarah lokal di sekolah. Sosiologi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 197-202.
Nurhadiyati, R. (2020). Optimasi Perencanaan Produksi dengan Menggunakan Metode Goal Programming Pada PD Y. SIJIE Jurnal Ilmiah Teknik Industri , 1 (2), 59-66.
Oktaviani, A. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sejarah berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) untuk Meningkatkan Self-Confidence Menggunakan Model Plomp.
Pendidikan, J. (2024). Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. 11(3), 1559–1578.
Pendidikan, J. (2025). Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. 12(1), 122–136.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839-8848.
Tyera, L., Megawati, M., & Rusli, M. (2022). Penerapan keterampilan proses dasar berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 112-123.
Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17.
Wuaten, EN, Walewangko, EN, & Rorong, IPF (2024). Analisis Efektifitas Pengelolaan Dana Desa Di Kecamatan Siau Barat. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi , 24 (1), 157-168.
Zuhaida, A., & Mubtasyiroh, Z. (2022). Efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan inkuiri berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) , 6 (2), 119-129.
Copyright (c) 2025 Novi Ainun Marma Ubaidah, Martyana Prihaswati, Iswahyudi Joko Suprayitno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.