ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH CALON GURU FISIKA PADA TOPIK DINAMIKA PARTIKEL

  • Hamatun Hamatun Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung, Indonesia
Keywords: Berpikir kritis, pemecahan masalah, dinamika partikel

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah merupakan kompetensi esensial bagi calon guru fisika, terutama dalam memahami konsep-konsep dinamis seperti dinamika partikel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada calon guru fisika dalam menyelesaikan soal-soal dinamika partikel. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan 16 mahasiswa calon guru fisika yang diuji menggunakan soal esai yang mengukur aspek berpikir kritis dan pemecahan masalah dan wawancara untuk memahami lebih dalam mengenai proses berpikir mereka dalam menyelesaikan soal dinamika partikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60% dari partisipan memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik, tetapi hanya 40% yang mampu memecahkan masalah secara komprehensif, yaitu sebagian besar peserta dapat mengklarifikasi masalah dengan baik dan memberikan penjelasan yang logis, tetapi masih ada kekurangan dalam penggunaan hukum Newton secara tepat dan refleksi kritis terhadap langkah-langkah pemecahan masalah. Kendala ini menyoroti perlunya metode pembelajaran yang lebih aplikatif dan terfokus pada keterampilan berpikir kritis dan refleksi dalam konteks nyata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, N., & Chusni, M. M. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Energi Terbarukan. Journal of Science Education.

Amnirullah, L. (2015). Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Topik Rotasi Benda Tegar Dan Momentum Sudut. 55.

Ennis, R. & Philosophy Documentation Center. (2011). Critical Thinking: Reflection and Perspective Part I. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 26(1), 4–18. https://doi.org/10.5840/inquiryctnews20112613

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Critical Thinking.

Halliday Resnick Walker Fundamentals of Physics 10th Extended c2014 txtbk.pdf. (n.d.).

Heller, P., Keith, R., & Anderson, S. (1992). (n.d.).

Hestenes.pdf. (n.d.).

Inayah, 2024.pdf. (n.d.).

Kartika, T. P. D. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Model Problem Based Learning. Journal of Accounting and Business Education, 1(1). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6012

Katyagni, E. P., Ekawati, E. Y., & Budiharti, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Aplikasi Apper Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 13(1), 14. https://doi.org/10.20961/jmpf.v13i1.63631

Kharimah, E. B., & Siahaan, S. M. (2021). Kemampuan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru Fisika Fkip Universitas Sriwijaya Pada Materi Dinamika Partikel.

Kurfiss, J. G. (1988). Critical thinking: Theory, research, practice, and possibilities. Assoc. for the Study of Higher Education.

Patty, J., & Que, S. R. (2023). Reflective Teaching Melalui Penelitian Tindakan Kelas.

Risma, M., & Darvina, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Pada Materi Hukum Newton Di Kelas X Sma/Ma.

Sunarno, W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan Lks Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X Sma/Ma. 4.

Susdarwati, S., Sarwanto, S., & Cari, C. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Hukum Newton Dan Penerapannya Kelas X Sman 2 Mejayan. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 5(3), 1. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v5i3.9434

Tunnisa, T., Syamsu, S., & Werdhiana, I. K. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Dinamika Partikel pada Mahasiswa Calon Guru Fisika Berdasarkan Taxonomy Of Introductory Physics Problems (TIPP). JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(3), 26. https://doi.org/10.22487/j25805924.2016.v4.i3.6219

Published
2025-01-19
How to Cite
Hamatun, H. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH CALON GURU FISIKA PADA TOPIK DINAMIKA PARTIKEL. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 394 - 403. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1525
Section
Articles