ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU
Abstract
Keterampilan berkomunikasi adalah hal yang penting untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Tanpa adanya keterampilan berkomunikasi dengan baik apapun pesan yang disampaikan tidak akan berhasil ditangkap dan dipahami oleh siapapun komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan untuk mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan komunikasi kepala sekolah dalam meningkat kinerja guru sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan (library research) dimana penelitian ini berusaha menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti diatas maka peneliti menyimpulkan bahwa kepala sekolah harus memiliki keterampilan 1) seorang kepala sekolah harus memiliki keahlian melakukan komunikasi baik secara lisan maupun tulisan. 2) Kepala sekolah harus mengelola komunikasi vertical, horosontal dan diamental kepada sekolah dalam melaksanakan koordinasi tugas, yaitu dengan mendengarkan, memfasilitasi, menanya, menggunakan pertimbangam, dan mengarahkan dengan dewan guru atau komite sekolah supaya sekolah mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga semua kompetensi tersebut dapat mempengaruhi peningkatan kinerja guru di sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan dan pembelajaran.
Downloads
References
Bahrozi, I. (2015). Komunikasi dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Fikroh, Vol. 8(02), 105–118.
Dwiayuni, M. A. (2019). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Perspektif Manajemen Perubahan. Journal2.Um.Ac.Id, 4(2), 55–66. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/10792
Fatimah, Djailani, & Khairuddin. (2015). Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sma Negeri 1 Geumpang Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(4), 149–159.
Hendra, T., & Musliadi, P. (2019). Prinsip Dan Unsur-Unsur Komunikasi Dalam Prespektif Al -Quran. Wardah, 20(2), 12–31. https://doi.org/10.19109/wardah.v20i2.4546
Juwaeni, H. (2012). ANALISIS FAKTOR KINERJA GURU DALAM Pendahuluan Metode Penelitian.
Mustawan, M. D. (2019). Pengaruh Keterampilan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Lisanpuro 2 Kota Malang. Widya Aksara, 24(1), 1–6.
Nugroho, S. (2020). Kontribusi komunikasi dan keterampilan manajemen konflik kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.24774
Prananosa, A. G., Putra, M. R. E., Yuneti, A., & Alliyah, R. R. (2018). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. 1, 63–74. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v1i2.405
Rahmat, A., & Kadir, S. (2016). Manajemen Kepemimpinan Dan Kemampuan Berkomunikasi Kepala Sekolah Pada Kinerja Pendidik. Jurnal Komunikasi Untar, 8(1), 1–11.
Samto, S., & Wahyudi, W. (2018). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Guru Smk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(10).
Suherman, A. (2016). Analisis Penganggaran Pendidikan Dan Keterampilan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Smkn Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Edukasi, 335–342.
Sutapa, M. (2006). Membangun Komunikasi Efektif Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 69–76.
Syahri, P. (2016). IMPLEMENTASI KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS DARUL ULUM BUDI AGUNG KECAMATAN MEDAN MARELAN. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Wibowo, B. K. (2013). PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL, MOTIVASI KERJA, DAN LOYALITAS TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI RUMPUN BISNIS SEKOTA SEMARANG. JURNAL STIE SEMARANG, 5(2), 36–47.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.