ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU

  • Wakini Wakini Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
  • Efrita Yanti Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
  • Demina Demina Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
  • Sufyarma Marsidin Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
Keywords: kemampuan komunikasi, guru sekolah, kinerja guru

Abstract

Keterampilan berkomunikasi adalah hal yang penting untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Tanpa adanya keterampilan berkomunikasi dengan baik apapun pesan yang disampaikan tidak akan berhasil ditangkap dan dipahami oleh siapapun komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan untuk mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan komunikasi kepala sekolah dalam meningkat kinerja guru sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan (library research) dimana penelitian ini berusaha menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti diatas maka peneliti menyimpulkan bahwa kepala sekolah harus memiliki keterampilan  1) seorang kepala sekolah harus memiliki keahlian melakukan komunikasi  baik secara lisan maupun tulisan. 2) Kepala sekolah harus mengelola komunikasi vertical, horosontal dan diamental kepada sekolah dalam melaksanakan koordinasi tugas, yaitu dengan mendengarkan, memfasilitasi, menanya, menggunakan pertimbangam, dan mengarahkan dengan dewan guru atau komite sekolah supaya sekolah mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga semua kompetensi tersebut dapat mempengaruhi peningkatan kinerja guru di sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan dan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahrozi, I. (2015). Komunikasi dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Fikroh, Vol. 8(02), 105–118.

Dwiayuni, M. A. (2019). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Perspektif Manajemen Perubahan. Journal2.Um.Ac.Id, 4(2), 55–66. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/10792

Fatimah, Djailani, & Khairuddin. (2015). Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sma Negeri 1 Geumpang Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(4), 149–159.

Hendra, T., & Musliadi, P. (2019). Prinsip Dan Unsur-Unsur Komunikasi Dalam Prespektif Al -Quran. Wardah, 20(2), 12–31. https://doi.org/10.19109/wardah.v20i2.4546

Juwaeni, H. (2012). ANALISIS FAKTOR KINERJA GURU DALAM Pendahuluan Metode Penelitian.

Mustawan, M. D. (2019). Pengaruh Keterampilan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Lisanpuro 2 Kota Malang. Widya Aksara, 24(1), 1–6.

Nugroho, S. (2020). Kontribusi komunikasi dan keterampilan manajemen konflik kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.24774

Prananosa, A. G., Putra, M. R. E., Yuneti, A., & Alliyah, R. R. (2018). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. 1, 63–74. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v1i2.405

Rahmat, A., & Kadir, S. (2016). Manajemen Kepemimpinan Dan Kemampuan Berkomunikasi Kepala Sekolah Pada Kinerja Pendidik. Jurnal Komunikasi Untar, 8(1), 1–11.

Samto, S., & Wahyudi, W. (2018). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Guru Smk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(10).

Suherman, A. (2016). Analisis Penganggaran Pendidikan Dan Keterampilan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Smkn Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Edukasi, 335–342.

Sutapa, M. (2006). Membangun Komunikasi Efektif Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 69–76.

Syahri, P. (2016). IMPLEMENTASI KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS DARUL ULUM BUDI AGUNG KECAMATAN MEDAN MARELAN. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Wibowo, B. K. (2013). PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL, MOTIVASI KERJA, DAN LOYALITAS TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI RUMPUN BISNIS SEKOTA SEMARANG. JURNAL STIE SEMARANG, 5(2), 36–47.

Published
2021-05-20
How to Cite
Wakini, W., Yanti, E., Demina, D., & Marsidin, S. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU. EDUSAINTEK : JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i1.152
Section
Articles