PENGEMBANGAN MEDIA NON ICT BERBAHAN ECENG GONDOK PADA PEMBELAJARAN SKI DI MI JANNATUSSHIBYAN DESA GUDANG HIRANG KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN MARTAPURA

  • Sari Kumala Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, Indonesia
  • Tutus Rani Arifa Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, Indonesia
  • Muhammad Iqbal Ansari Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, Indonesia
  • Jumiati Jumiati Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, Indonesia
  • Yuni Maulidah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, Indonesia
Keywords: Pengembangan, Media Non ICT, Eceng Gondok, Pembelajaran SKI

Abstract

Tumbuhan eceng gondok banyak ditemui di antranya  dikawasan pesisir Sungai Martapura Provinsi Kalimantan Selatan, namun pemanfaatannya masih terbatas. Dalam bidang pendidikan, eceng gondok memiliki potensi sebagai media pembelajaran, misalnya sebagai bahan pembuatan boneka. Berdasarkan hasil wawancara, ditemukan bahwa guru di Madrasah Ibtidaiyah Jannatusshibyan belum pernah menggunakan eceng gondok sebagai media pembelajaran, khususnya untuk mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), meskipun sekolah ini berada di dekat sungai Martapura. Padahal, penggunaan media pembelajaran penting untuk mencapai tujuan pembelajaran, terutama karena materi SKI di Madrasah Ibtidaiyah penuh dengan nilai-nilai pembentukan kepribadian muslim. Oleh karena itu, diperlukan media yang dapat mendukung pencapaian tujuan pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran non-ICT berbahan eceng gondok untuk mata pelajaran SKI di MI Jannatusshibyan, Desa Gudang Hirang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Martapura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D), dengan tahapan berupa studi pendahuluan, perancangan produk, validasi ahli, uji coba lapangan, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menjadi data kualitatif dan kuantitatif untuk menilai kelayakan media dan respon peserta didik kelas III MI Jannatusshibyan. Media pembelajaran non-ICT berbahan eceng gondok telah divalidasi oleh tiga ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, dengan hasil layak dan mendapatkan respon yang sangat positif dari peserta didik. Dengan demikian, media berbahan eceng gondok ini efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi SKI sekaligus mendukung pelestarian lingkungan melalui pemanfaatan tumbuhan eceng gondok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afninti Loka Puspita, “Telaah Kurikulum Fiqh Madrasah Ibtidaiyah”, http//varossita.blogspot.com/2010/10/html, diakses pada 24 September 2018

Agama Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahnya (Jakarta: Alfatih, 2013),

Arif S. Sadiman,dkk. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Asnawir dan Basyirudin Usman, Media Pembelajaran, (Jakarta: Ciputat Press, 2002),

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran (Cet. XIII; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010),

Bakhrul Ulum, “Mata Pelajaran Fiqih”, http//blogeulum.blogspot.com/24/2/2013/html, diakses pada 24 September 2018

Basuki Wibawa & Farida Mukti. 2001. Media Pengajaran. Bandung : CV Maulana

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Deni Dermawan. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2007),

Hamruni. 2012. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif-Menyenangkan.

Hamzah B, Uno. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara

Masnur Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual (Jakarta: Bumi Aksara, 2008),

Nur Ayati, “Pemanfaatan Alat Peraga Video Compact Disc (VCD) Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 1 Materi Gerakan Shalat Fardhu Di MI Tarbiyatul Atfhal Wedung Demak”, Jurnal Edukasi, (2012),

Nuha Litera Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Rudi, S & Cepi, R. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI

Sri Anitah. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Sukiman . 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia

Sudjana, Nana, .2002, Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru.

Sugiyono, Metode penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D ( Bandung : Alfabeta, 2015),

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press

Zakiyah Daradjat, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1996),

Published
2025-01-25
How to Cite
Kumala, S., Arifa, T., Ansari, M., Jumiati, J., & Maulidah, Y. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA NON ICT BERBAHAN ECENG GONDOK PADA PEMBELAJARAN SKI DI MI JANNATUSSHIBYAN DESA GUDANG HIRANG KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN MARTAPURA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 519 - 530. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1511
Section
Articles