PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM IPA BERBASIS YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM PADA MAHASISWA

  • Gusti Ayu Dewi Setiawati UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Ketut Manik Asta Jaya UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Kadek Yudista Witraguna UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Keywords: Youtube-Based Science Practical Guide, Implementation of Student Practicum

Abstract

One of the most important methods in Natural Sciences learning is practicum. The problem faced by the Department of Primary School Teacher Education, I Gusti Bagus Sugriwa State Hindu University, Denpasar, is that the implementation of science practicums has not been optimal due to the absence of science practicum guides and facilities. The solution to this problem is developing practicum implementation by providing practicum guides that are able to facilitate existing limitations. This research uses research and development methods that aims to develop a science practicum guide starting from exploring science material to developing a YouTube-based science practicum guide to enhance student practicum implementation. Results showed that the validity test results gained validity score of 89% which means valid. After being applied to students, they also received responses in the categories of strongly agree and agree. Thus, showed that the practicum guide utilizable as a supplement in teaching materials so as to support the improvement of practicum implementation among students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnesa, O. S., & Sari, F. (2024). Pengembangan Modul Praktikum IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Program Studi PGMI. Jurnal Basicedu, 8(1), 643–650. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7074

Aldin, Sukmawati, & Muhammad. (2023). Penggunaan Youtube Dalam Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 5(3), 12–19. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Awe, E. Y. (2017). Hubungan antara Minat dan Motivasi Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Jurnal of Education Technology, 6(4), 231–238.

Damayanti, N. T., & Juliawati, M. (2024). Pemanfaatan Youtube sebagai Sumber Pembelajaran untuk Mahasiswa. E-GiGi, 13(1), 64–71. https://doi.org/10.35790/eg.v13i1.54311

Dianawati, N. L. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).

Jannah, A. W., Wahyuni, S., & Rusdianto, R. (2023). Pengembangan E-Book Ipa Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemampuan Scientific Explanation Siswa Smp. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 259–275. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.517

Jaya, I. K. M. A. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Sekolah Dasar di Gugus VI Kecamatan Sukawati. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(2).

Jaya, K. M. A., Witraguna, K. Y., & Wahyuni, N. N. T. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Canva pada Mata Kuliah Psikologi Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasuswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 9(2). https://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM/article/view/2451

Kemendikbud. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. In Dictionary (2020th ed.). Kemdikbud. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/model

Komisia, F., Tukan, M. B., Inya, M. N., & Jemamu, I. (2019). Pelatihan Praktikum IPA Terpadu dengan Memanfaatkan Bahan-bahan Sekitar Lingkungan Bagi Guru-guru IPA SMP di Kotakupang. Jurnal Koulutus, 2(2).

Lelamula, M. D., Sasinggala, M., & Paat, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Berbasis Power Point di Masa Pandemi Covid 19 terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Biologi di SMP. Science Learning Journal, 3(1).

Lestari, M. I. (2024). Hambatan dan tantangan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar. Elementary School Teacher. Elementary School Teacher, 7(2). https://journal.unnes.ac.id/journals/est/article/view/7749

Linda, R. (2021). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 191–200.

Matsun, & Rohani. (2017). Pelatihan dan Pendampingan Kelompok Guru IPA SMP di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Moi, M. Y., & Masing, F. A. (2023). Pengembangan E-Modul Praktikum Mikrobiologi Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Basicedu, 7(6), 3683–3691. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Mursyadad, V. F., Supriatna, A., & Parsa, S. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1). http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/13

Mutini, M., Trisnantari, H. E., & Hairunisya, N. (2022). Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 156–170. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i1.416

Mutoharoh Tryas. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Youtube untuk Media Pembelajaran. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran), 1(November), 97–102.

Nevrita, A. N., & Amelia, T. (2020). Analisis Kompetensi Tpack Media Pembelajaran Guru Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 203–217.

Novitasari, C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Lubang Buaya 04 Pagi. Jurnal Basicedu, 6(4), 7250–7256.

Rosmalinda, D., Risdalina, & Pamela, I. S. (2023). Pengembangan Modul Elektronik Praktikum IPA Menggunakan Aplikasi Canva dan Flip Builder. Pendas; Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/7476

Samsu, N., Mustika, D., Nafaida, R., & Manurung, N. (2020). Analisis Kelayakan dan Kepraktisan Modul Praktikum Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajaran IPA. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 1(1). https://jurnal.usk.ac.id/JIPI/article/view/15546

Setiawati, G. A. D., & Ekayanti, N. W. (2020). Potret Pembelajaran Menggunakan Whatsapp, Google Classroom dan Youtube di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar “Percepatan Penanganan COVID-19 Berbasis Adat di Indonesia.” Unievrsitas Mahasaraswati Denpasar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Wahyuningtyas, E. D., Fauziah, H. N., Kusumaningrum, A. C., & Rokmana, A. W. (2021). Ide Guru IPA dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2). https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii/article/view/164

Widodo, A. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dasar-Dasar untuk Praktik (M. Iriany (ed.); Pertama).

Published
2024-11-21
How to Cite
Setiawati, G. A. D., Jaya, I. K. M. A., & Witraguna, K. Y. (2024). PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM IPA BERBASIS YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM PADA MAHASISWA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 273 - 288. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1460
Section
Articles