PENERAPAN METODE TALAQQI DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH DI TADIKA TINTA KHALIFAH SUNGAI KARANGAN, MALAYSIA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode talaqqi dalam mengenalkan huruf hijaiyah di Sungai Karang Malaysia. Metodologi ini meliputi tiga hal yaitu metode, jenis, tehnik pengumpulan data, tehnik analisis data, tehnik perjanjian keabsahan data,Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan deskriptif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan tehnik wawancara, observasi,dan dokumentasi, tehnik analisis data ini menggunakan tehnik miles and huberman , tehnik penjaminan keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tadika Tinta Khalifah berhasil menerapkan pembelajaran Iqro’ dengan menggunakan metode talaqqi yang baik dan benar. Dengan belajar menggunakan metode talaqqi anak usia dini lebih cepat memahami huruf hijaiyah dengan mudah.
Downloads
References
Adawiya, A. N. (2023). Pendampingan Memperlancar Bacaan Huruf Al Quran pada Anak Menggunakan Metode Talaqqi di Msuholla Al Ikhlas. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 198–204.
Anugrah, A. H. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Talaqqi Berbasis Video Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Tunarungu Kelas II SD di SLB B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.
Akollo, J. G., Tarumasely, Y., & Surur, M. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Teknik Kolase Berbahan Loleba. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 358-373.
Haryati, E. (2021). Upaya Mengenalkan Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Tilawati. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 71-77.
Hidayanti, Y., & Muliati, I. (2024). Pelaksanaan Metode Talaqqi dalam Memperbaiki Pengucapan Huruf Halaq (Tenggorokan) pada Pembelajaran Al-Qurán di Rumah Tahfidz Baitul Qurán Kota Padang. ANWARUL, 4(2), 500-511.
Istiqomah, R., Anam, N., Rusydi, M., & Yaqin, M. A. (2024, February). PENERAPAN METODE TALAQQI OLEH TPMQ (TIM PENJAMIN MUTU AL-QURAN) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QURAN SISWA. In International Conference on Humanity Education and Society (ICHES) (Vol. 3, No. 1).
Kartika, T. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 245-256.
Krisnawati, N. M., & Khotimah, S. H. (2021). Peningkatan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Anak Usia Dini. Wahana, 73(1), 99-107.
Ma'rifah, I., & Amandawati, F. (2023, December). Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Wafa bagi Siswa Kelas 2 SDIT Ibnu Sina, Cawas, Klaten. In Proceeding Annual Conference on Islamic Religious Education (Vol. 3, No. 1).
Maya, R., & Suretno, S. (2020). PERAN GURU AL-QURâ€TM AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI DI KUTTAB AWWAL USIA SATU SAMPAI ENAM TAHUN DENGAN METODE TALAQQI DI KUTTAB AL-FATIH KELAPA DUA KOTA DEPOK TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2B), 11–24.
Qarib, T. F. KEMAMPUAN BACA HURUF AL-HALQ DENGAN PENERAPAN METODE TALAQQI PADA SANTRI.
Robbani, F. A., & Suprianto, A. (2021). Implementasi Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an pada
Solong, N. P., & Adrian, A. (2020). Penerapan Iqra Talaqi Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 1(2), 156-173.
Sumakiyah, S. (2022). Pengenalan Makhorijul Huruf Hijaiyah Melalui Metode Talaqqi Pada Kelas VII (Studi Di SMPIT Hidayatut Thalibin Taktakan Kota Serang) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN)
Prathiwi, S., & Syamsudin, A. (2021). Pengaruh Tahfidz Metode Talaqqi Online terhadap Pengenalan Hijaiyah TK Program Tahfidz Sleman. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 119–126.
Rozak, L. A., & Solihin, S. (2021). Pembinaan Tahsin Al-Quran: Pengenalan Bentuk dan Pelafalan Huruf Hijaiyah di Marasah As-Siroj Desa Jagabaya. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(76), 148–159.
Copyright (c) 2024 Salsabilla Salsabilla
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.