PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI PESERTA DIDIK

  • Rafi Syafitri Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Makbul Muksar Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Sudirman Sudirman Universitas Negeri Malang, Indonesia
Keywords: Numeracy Skills, Mathematics Learning Tools

Abstract

This research is based on the low numeracy ability of grade IV students. The low numeracy ability of students is caused by (1) learning is still centered on the teacher, (2) practice questions are sourced from LKS books purchased from stores, (3) students are still weak in applying mathematical concepts to story problems. Based on these problems, the researcher developed a mathematics learning tool to improve the numeracy skills of grade IV students. The purpose of this study is to produce learning tools to improve the numeracy skills of grade IV students that are valid, effective, and efficient. The research method used in this development is the Plomp model which consists of three stages, namely (1) the initial research stage, (2) the prototype stage, and (3) the assessment stage. Hasil praktikalitas RPP dan LKPD memeroleh 93,8% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan berdasarkan hasil uji skala kecil pada tes kemampuan numerasi diperoleh 92,5 % artinya perangkat pembelajaran matematika sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik kelas IV. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika layak untuk dijadikan rujukan dalam pembelajaran matematika kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Sa’dun. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewayani, Sofie, dkk.. 2022. Panduan Penguatan Literasidan Numerasi Di Sekolah. Kementerian dan Kebudayaan.

Ekowati, Dyah Worowirastri. 2019. Literasi Numerasi Di SD Muhammadiyah. (ELSE) Elementary School Education Journal: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SekolahDasar. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541.

Eprilia, Winda. 2023. Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Materi Pecahan Kelas 3 SD. EDKATIF Jurnal Ilmu Pendidikan. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5144.

Ferreira Reis Fonseca, Maria da Conceição. 2019. Numeracy in Youth and Adult Basic Education: Syntactic, Semantic, and Pragmatic Dimensions of a Discursive Practice. ZDM: the international journal on mathematics education. 52(1):1-12. DOI: 10.1007/s11858-019-01110-3.

Hadiwidodo, Suryanto. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Model Argument Driven Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v7n1.p1416-1421.

Han, Weilin, dkk.. 2017. Materi Pendukung Literasi dan Numerasi. Kementerian dan Kebudayaan.

Hidayat, R., Murnis, A., Roza. Y. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.373.

Kartikasari, M., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2016). Kreativitas guru sma dalam menyusun soal ranah kognitif ditinjau dari pengalaman kerja. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, (November), 431–442. ..http://jurnal.fkip.uns.ac.id.

Lüssenhop, Maike & Kaiser, Gabriele. 2019. Refugees and Numeracy: What Can We Learn From International Large‑Scale Assessments, Especially from TIMSS?. ZDM Mathematics Education. DOI: https://doi.org/10.1007/s11858-019-01111-2.

Neill, Alex. 2014. The Essensial Of Numeracy. https://www.researchgate.net/publication/250752991_The_Essentials_of_Numeracy.

Permendikbud Nomor 43 tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan Dan Ujian Nasional. Dari https://pendidikan.kulonprogokab.go.id/files/Permendikbud%20No%2043%20Tahun%202019.pdf.

Putri, Meilysa Ajeng Kartika, dkk. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study For Learning Community Bernilai Budaya Using Untuk Meningkatkan Numerasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6164.

Rumiyatun. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Literasi Numerasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan. DOI: https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i1.19.

Salvia, Nayla Ziva. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan). DOI: https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890/662.

The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). 2019. PISA 2018 Result. Dari https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf.

Published
2024-09-02
How to Cite
Syafitri, R., Muksar, M., & Sudirman, S. (2024). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI PESERTA DIDIK. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(4), 2100 - 2115. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1429
Section
Articles