PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI HAFALAN SURAH PENDEK DI SUNGAI KARANGAN MALAYSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pemanfaatan media audio visual dalam meningkatkan motivasi hafalan surah pendek pada anak usia dini di Tadika Tinta Khalifah Sungai Karangan, Malaysia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang tergolong penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan Miles dan Huberman yang meliputi langkah-langkah pengumpulan data, reduksi, penyajian, verifikasi, dan pengambilan kesimpulan digunakan dalam analisis data penelitian ini. Tahap perancangan, pelaksanaan, dan penilaian pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan keinginan anak usia dini dalam menghafal surah pendek di Tadika Tinta Khalifah menghasilkan temuan penelitian. Tahap perencanaan ini sudah tertata dengan baik, terlihat dari persiapan guru sebelum menggunakan materi audio visual untuk pengajaran. Temuan penilaian menunjukkan bahwa media audio visual dapat dimasukkan secara efektif pada tahap implementasi, sehingga dapat meningkatkan semangat anak-anak untuk menghafal surat-surat pendek.
Downloads
References
Ainun, H., Bafadal, U., & Samputri, S. (2024). Pengaruh Smart Hafiz Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Al-Wildan Kota …. Pendas: Jurnal Ilmiah …. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/17768
Aryanti, A. P. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Youtube Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Qur’an …. repository.iainbengkulu.ac.id. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6944
Azis, Abd., & Fatinah, S. (2023). Permainan Beberan (Kartu Soal) Terhadap Kemampuan Menghafal Surah Pendek Pada Anak Usia Dini. Waladi, 1(1), 10–35. https://doi.org/10.61815/waladi.v1i1.114
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.
Fauziah, A. A. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Program Tahfidz di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. The Elementary Journal. https://jurnal.gerakanedukasi.com/index.php/TEJ/article/view/47
Listiani, D., & Ridho, A. R. (2024). Evaluasi Pengembangan Pembelajaran Tahfidz Dengan Metode Talaqqi Dan Audio Visual Pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Educational Review. https://ssed.or.id/journal/ijier/article/view/122
Mardiyah, N., & Yahya, S. (2022). Penggunaan Media Video Pada Materi Menghafal Di Ra Bani Malik Ledug. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2200–2211. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.538
Miles, Matthew B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. New Delhi: SAGE Publications.
Nanda, N. O., & Devianty, R. (2024). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hafalan Surah Pendek Anak Usia 5-6 Tahun. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak …. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/abata/article/view/2735
Paramitra, R., Yuliati, N., & Saputri, S. weyara dienda. (2022). Upaya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 224–231. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.585
Putriana, D. D. W. I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Quran Santri Di Tpa Rumah Quran Al-Izzah Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Metro 1445 H / 2023 M Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan. Pendidikan Agama Islam.
Rohmah, R. M., Yusuf, A., Azizah, R., & Nabiel M, R. (2023). Peran Pendidikan Holistik Bagi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 154–165. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8268
Sahara, S., Hardi, V. A., & ... (2020). Upaya Meningkatkan Hafalan Bacaan dan Gerakan Shalat dengan Media Audio Visual (Video) pada Anak Usia Dini di Desa Gerbang Sari, Kecamatan Tapung Hilir …. Journal on …. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/1139
Savitri, A. S., Sallamah, D., Permatasari, N. A., & Prihantini, P. (2022). Peran Strategi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 505. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54825
Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874
Sisca, H. (2022). Penerapan Media Audio Interaktif dalam Meningkatkan Minat Menghafal Surah Pendek Anak Usia Dini di RA Baitul Qur’an Pujimulio Sunggal. Eprints.Pancabudi.Ac.Id. https://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/381/
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung alfabeta.
Copyright (c) 2024 Rifka Anggun, Hasrian Rudi Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.