INTEGRASI KONSEP GETARAN DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY

  • Attaqotul Ula Universitas Negeri Surabaya
  • Tutut Nurita Universitas Negeri Surabaya
  • Mochammad Zumar Firdaus Ermawan SMP Kreatif An-Nur Surabaya
Keywords: Keterampilan argumentasi, guided inquiry, getaran

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan argumentasi siswa melalui model guided inquiry. Metode penelitian yang digunakan adalah poor experimental design dengan menggunakan rancangan one group pretest posttest design terhadap siswa kelas VIII sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan argumentasi dengan penerapan guided inquiry pada materi getaran. Peningkatan tersebut diukur menggunakan normalized change (N-change) dengan kategori peningkatan sedang. Hasil peningkatan yang diperoleh menunjukkan rata-rata nilai keterampilan argumentasi siswa kelas A sebesar 0,64 dan kelas B sebesar 0,66. Keterampilan argumentasi siswa meningkat pada seluruh indikator yaitu mengemukakan klaim, mengumpulkan data, serta memberi dukungan atau jaminan (warrant).

 

Kata Kunci: keterampilan argumentasi, guided inquiry, getaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, D. N., Sanjayanti, A., & Setyowati, L. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS . Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(4), 1677–1693. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1322

Aisyah, I., & Wasis. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Kalor di SMAN 1 Pacet. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04(02), 83–87.

Erduran, S., & Jiménez-Aleixandre, M. P. (2007). Argumentation in Science Education: Perspectives from Classroom-Based Research (Issue 112). Springer.

Field, A. (2017). Discovering Statistic Using IBM SPSS Statistic 5th. Sage.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. (2023). How to Design and Evaluate Research in Education (11th ed.). McGraw-Hill Higher Education.

Gunawan, Harjono, A., Hermansyah, & Herayanti, L. (2019). Guided inquiry model through virtual laboratory to enhance students’ science process skills on heat concept. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 259–268. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.23345

Hadianto, D., Damaianti, V. S., Mulyati, Y., & Sastromiharjo, A. (2021). Enhancing scientific argumentation skill through partnership comprehensive literacy. Journal of Physics: Conference Series, 2098(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2098/1/012015

Hendratmoko, A. F., Wasis, W., & Susantini, E. (2016). DEVELOPMENT OF PHYSICS LEARNING MATERIALS BASED ON GUIDED INQUIRY MODEL INTEGRATED WITH VIRTUAL LABORATORY TO FACILITATE STUDENT’S SCIENTIFIC ARGUMENTATION ABILITY. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v4i1.29

Hidayah, T. L., Supeno, S., & Nuha, U. (2022). PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMP. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 239–250. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i1.425

Kuhlthau, C. C., Manitoes, L. K., & Caspari, A. K. (2010). Guided inquiry : learning in the 21st century school. In Li brar ies Un lim ited, Inc., 88 Post Road West, Westport, CT 06881 A Mem ber of the Green wood Pub lish ing Group, Inc. www.lu.com (Vol. 16, Issue 1). Libraries Unlimited.

Li, L., Zhang, R., & Piper, A. M. (2023). Predictors of student engagement and perceived learning in emergency online education amidst COVID-19: A community of inquiry perspective. Computers in Human Behavior Reports, 12, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2023.100326

Marx, J. D., & Cummings, K. (2007). Normalized change. American Journal of Physics, 75(1). https://doi.org/10.1119/1.2372468

Maulina, D., Hasnunidah, N., & Rakhmawati, I. (2023). Senior High School Students’ Argumentation Skills: Implementation of the Scientific Approach at Different Levels of Accreditation (pp. 498–507). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-046-6_50

Mulyasari, E., Yuliani, Y., & Dewi, S. K. (2020). Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Inquiry pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan uUntuk Melatihkan Keterampilan Argumentasi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2). https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p186-192

Nurita, T., Fauziah, A. N. M., Mahdiannur, M. A., & Susiyawati, E. (2023). The Contribution of the Inquiry Learning Model to Student Scientific Argumentation Skills on Fluid. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 7638–7644.

Purwanti, E. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah dan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X-IPA pada Materi Protista di SMA Muhammadiyah Kediri. Jurnal Simki, 3(1), 2–11.

Sampson, V., Hutner, T. L., Grooms, J., Kaszuba, J., & Burt, C. (2021). Argument-Driven Inquiry Fifth-Grade Science Three-Dimensional Investigations. Nsta Press.

Schoneboom, K. (2018). Frontiers of Nanoscience. Springer, Cham. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-030-04332-1_5

Simanjuntak, M. F., & Sudibjo, N. (2019). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH [IMPROVING STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND PROBLEM SOLVING ABILITIES THROUGH PROBLEM-BASED LEARNING]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 108–118. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1331

Subekti, Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) berbasis konteks terhadap keterampilan argumentasi dan pemahaman konsep siswa pada materi Termokimia [Thesis (Masters) , Universitas Negeri Malang]. https://repository.um.ac.id/60195/

Yanti, D. N., Ikhsan, J., & Wiyarsi, A. (2023). Guided Inquiry Learning: How to Improve Students’ Argumentation Abilities in Science Learning? Journal of Education Technology, 7(2), 308–314. https://doi.org/10.23887/jet.v7i2.63193

Published
2024-11-06
How to Cite
Ula, A., Nurita, T., & Ermawan, M. Z. (2024). INTEGRASI KONSEP GETARAN DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 104 - 121. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1405
Section
Articles