IMPLEMENTASI MODEL KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SESUAI PERDIRJEN 7327/B.B1/HK/03.01.2023 DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

  • Rosyida Nurul Anwar Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam, Universitas PGRI Madiun
Keywords: Impelementasi, Model Kompetensi, Kepala Sekolah

Abstract

Model kompetensi pada kepala sekolah penting karena memberikan kerangka kerja yang jelas tentang kualitas dan keterampilan yang diperlukan untuk memimpin sebuah sekolah secara efektif. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Peraturan Direktur Jenderal (Perdirjen) telah mengeluarkan dan menetapkan kompetensi yang tepat sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model kepemimpinan kepala sekolah di lembaga pendidikan berbasis Islam. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 15 Kabupaten Madiun. Teknik pengumpuland ata adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki model kompetensi kepribadian dengan ditunjukkan kepala sekolah memiliki kematangan emosi dan religius. Kompetensi sosial melalui adanya kolaborasi dan memiliki komuitas belajar antar dan dalam sekolah, serta kompetensi profesional dengan mengupayakan sekolah yang aman, nyaman dan inklusif. Kompetensi kepala sekolah menjadi hal yang harus dimiliki oleh kepala sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan yang berdampak pada peserta didik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, M. (2017). Kompetensi Kepala Sekolah Dan Motivasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 133–150.

Anwar, R. N. (2021). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik: Studi Multi Kasus di TK Islam Al Irsyad Madiun dan TK Islamiyah Rahmatan Lil’alamin Kota Madiun [Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/31610/

Anwar, R. N. (2022). Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 98–109.

Anwar, R. N. (2023). Inspirational Motivation for Principal Transformational Leadership as an Effort to Improve Teacher Performance in PAUD Institutions. Proceeding of The 1 St International Conference on Integrated-Holistic Early Childhood Education (ICIHECE), 166–171. https://doi.org/10.24090/icihece

Anwar, R. N., & Alfina, A. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari (Studi Kasus Pengembangan Guru). Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I(2), 1–12.

Anwar, R. N., & Fatimah, S. (2023). Teacher Creativity In Islamic Learning In Early Childhood. International Conference of Early Childhood Education in Multiperspectives, 468–472.

Anwar, R. N., Mulyadi, & Soleh, A. K. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 404–414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577

Anwar, R. N., & Umar, M. (2021). Motivasi Guru Dalam Bekerja Perspektif Islam. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 296–302.

DeMatthews, D. (2014). Principal And Teacher Collaboration: An Exploration Of Distributed Leadership In Professional Learning Communities. International Journal of Educational Leadership and Management, 2(2), 176–206.

Diana, E., Sunnah, H., & Khoiriyah, S. W. (2021). Analisis Efektivitas Kepemimpinan Virtual Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Atas. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 237–256. https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i2.432

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2023). Model Kompetensi Kepala Sekolah (7327/B.B1/HK.03.01/2023).

Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al Hikmah, 5(2), 24–38.

kompasiana.com. (2023). Workshop Sosialisasi Perdirjen GTK Nomor 7327/B.B1/HK.03.01/2023. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/penadebu/6629eb90de948f4360220082/workshop-sosialisasi-perdirjen-gtk-nomor-7327-b-b1-hk-03-01-2023

Mardiana, M., Anas, I., Simbala, W., Abbas, A. L., & Nur, A. (2024). Analisis Peran Pengawas Sekolah dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(1), 590–600.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Rosda Karya.

Mutiani, M., Warmansyah Abbas, E., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440

Nurjannah, N. (2014). Lima Pilar Rukun Islam Sebagai Pembentuk Kepribadian Muslim. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 11(1), 37–52. https://doi.org/10.14421/hisbah.2014.111-03

Rahmawati, Setiawati, A., & Muhtarom, T. (2024). Analisis Kepemimpinan Pendidika ; Kompetensi Kepala Sekolah. Journal Innovation in Education (INOVED), 2(3), 42–53.

Rizal, M., & Iqbal, M. (2022). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6924–6939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415

Sergiovanni, T. . (2008). The Headmastership: A Reflective Practice Perspective. Allyn and Bacon.

Sumual, T. E. M. (2015). Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan, Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Universitas Negeri Manado. Jurnal Mimbar, 31(1), 71–80.

Surucu, L., Maslakci, A., & Sesen, H. (2021). The Influence of Transformational Leadership on Employees ’ Innovative Behaviour in the Hospitality Industry : The Mediating Role of Leader Member Exchange. Tourism. An International Interdisciplinary Journal, 69(1), 19–31.

Widayanti, S., & Anwar, R. N. (2024). Penguatan Model Kompetensi Guru sesuai Perdirjen 2626 / B / HK . 04 . 01 / 2023 pada Komunitas Belajar di Madiun. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 76–80.

Published
2024-10-04
How to Cite
Anwar, R. (2024). IMPLEMENTASI MODEL KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SESUAI PERDIRJEN 7327/B.B1/HK/03.01.2023 DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(4), 2179 - 2188. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1394
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)