IMPLEMENTASI MODEL KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SESUAI PERDIRJEN 7327/B.B1/HK/03.01.2023 DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Model kompetensi pada kepala sekolah penting karena memberikan kerangka kerja yang jelas tentang kualitas dan keterampilan yang diperlukan untuk memimpin sebuah sekolah secara efektif. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Peraturan Direktur Jenderal (Perdirjen) telah mengeluarkan dan menetapkan kompetensi yang tepat sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model kepemimpinan kepala sekolah di lembaga pendidikan berbasis Islam. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 15 Kabupaten Madiun. Teknik pengumpuland ata adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki model kompetensi kepribadian dengan ditunjukkan kepala sekolah memiliki kematangan emosi dan religius. Kompetensi sosial melalui adanya kolaborasi dan memiliki komuitas belajar antar dan dalam sekolah, serta kompetensi profesional dengan mengupayakan sekolah yang aman, nyaman dan inklusif. Kompetensi kepala sekolah menjadi hal yang harus dimiliki oleh kepala sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan yang berdampak pada peserta didik.
Downloads
References
Adnan, M. (2017). Kompetensi Kepala Sekolah Dan Motivasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 133–150.
Anwar, R. N. (2021). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik: Studi Multi Kasus di TK Islam Al Irsyad Madiun dan TK Islamiyah Rahmatan Lil’alamin Kota Madiun [Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/31610/
Anwar, R. N. (2022). Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 98–109.
Anwar, R. N. (2023). Inspirational Motivation for Principal Transformational Leadership as an Effort to Improve Teacher Performance in PAUD Institutions. Proceeding of The 1 St International Conference on Integrated-Holistic Early Childhood Education (ICIHECE), 166–171. https://doi.org/10.24090/icihece
Anwar, R. N., & Alfina, A. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari (Studi Kasus Pengembangan Guru). Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I(2), 1–12.
Anwar, R. N., & Fatimah, S. (2023). Teacher Creativity In Islamic Learning In Early Childhood. International Conference of Early Childhood Education in Multiperspectives, 468–472.
Anwar, R. N., Mulyadi, & Soleh, A. K. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 404–414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577
Anwar, R. N., & Umar, M. (2021). Motivasi Guru Dalam Bekerja Perspektif Islam. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 296–302.
DeMatthews, D. (2014). Principal And Teacher Collaboration: An Exploration Of Distributed Leadership In Professional Learning Communities. International Journal of Educational Leadership and Management, 2(2), 176–206.
Diana, E., Sunnah, H., & Khoiriyah, S. W. (2021). Analisis Efektivitas Kepemimpinan Virtual Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Atas. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 237–256. https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i2.432
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2023). Model Kompetensi Kepala Sekolah (7327/B.B1/HK.03.01/2023).
Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al Hikmah, 5(2), 24–38.
kompasiana.com. (2023). Workshop Sosialisasi Perdirjen GTK Nomor 7327/B.B1/HK.03.01/2023. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/penadebu/6629eb90de948f4360220082/workshop-sosialisasi-perdirjen-gtk-nomor-7327-b-b1-hk-03-01-2023
Mardiana, M., Anas, I., Simbala, W., Abbas, A. L., & Nur, A. (2024). Analisis Peran Pengawas Sekolah dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(1), 590–600.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Rosda Karya.
Mutiani, M., Warmansyah Abbas, E., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440
Nurjannah, N. (2014). Lima Pilar Rukun Islam Sebagai Pembentuk Kepribadian Muslim. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 11(1), 37–52. https://doi.org/10.14421/hisbah.2014.111-03
Rahmawati, Setiawati, A., & Muhtarom, T. (2024). Analisis Kepemimpinan Pendidika ; Kompetensi Kepala Sekolah. Journal Innovation in Education (INOVED), 2(3), 42–53.
Rizal, M., & Iqbal, M. (2022). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6924–6939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415
Sergiovanni, T. . (2008). The Headmastership: A Reflective Practice Perspective. Allyn and Bacon.
Sumual, T. E. M. (2015). Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan, Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Universitas Negeri Manado. Jurnal Mimbar, 31(1), 71–80.
Surucu, L., Maslakci, A., & Sesen, H. (2021). The Influence of Transformational Leadership on Employees ’ Innovative Behaviour in the Hospitality Industry : The Mediating Role of Leader Member Exchange. Tourism. An International Interdisciplinary Journal, 69(1), 19–31.
Widayanti, S., & Anwar, R. N. (2024). Penguatan Model Kompetensi Guru sesuai Perdirjen 2626 / B / HK . 04 . 01 / 2023 pada Komunitas Belajar di Madiun. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 76–80.
Copyright (c) 2024 Rosyida Nurul Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.