IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS

  • Deni Nasir Ahmad Univ. Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Arum Sanjayanti Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Luluk Setyowati Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
Keywords: Society 5.0, Merdeka Belajar, Kurikulum

Abstract

Tujuan penelitian adalah kurikulum merdeka belajar di Indonesia merubah pradigma baru dalam Pendidikan sains pada pembelajaran merdeka belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian studi literatur dari  jurnal-jurnal yang sudah publish dari tahun 2020 s/d 2023. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kurikulum merdeka belajar mampu merubah pradigma baru dalam pembelajaran merdeka belajar khususnya pendidikan sains. Kesimpulan kurikulum merdeka belajar menekankan pada kebebasan dalam melakukan pembelajaran dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan (literasi) khususnya pendidikan sains dimana penggunaan teknologi pada perubahan era teknologi 4.0 menuju era society 5.0 sebagai jawaban Indonesia dalam menunjukkan kesiapan Indonesia dalam mempersiapkan sumber daya manusia guna menyonsong perubahan dan kecepatan teknologi digitalisasi dan sosial dimasyarakat global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, D. N. F., Fadilah, A. A., Ningtyas, D. C., & Putri, S. N. (2021). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Hukum Indonesia. Indonesian Journal of Law and Policy Studies, 2(1), 66. https://doi.org/10.31000/ijlp.v2i1.4452

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694

Anjelina, W., Silvia, N., & Gitituati, N. (2021). Program Merdeka Belajar, Gebrakan Baru Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1977–1982.

Ansori, F. putridiyanti. (2022). Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Indonesia. Jurnal Mangemen Pendidikan, 3(2), 1–13.

Bahar, H., & Sundi, V. H. (2020). PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia MERDEKA BELAJAR UNTUK KEMBALIKAN PENDIDIKAN PADA KHITTAHNYA. 115–122.

Budiwati, R., & Fauziati, E. (2022). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara. Elementa: Jurnal Pgsd Stkip Pgri Banjarmasin, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.33654/pgsd

Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Darlis, A., Sinaga, A. I., Perkasyah, M. F., Sersanawawi, L., & Rahmah, I. (2022). Pendidikan Berbasis Merdeka Belajar. Journal Analytica Islamica, 11(2), 393. https://doi.org/10.30829/jai.v11i2.14101

Dewey, J. (2024). Introduction: Dewey’s Vision in Democracy and Education (N. Tampio, Ed.; pp. xv–lvi). Columbia University Press. https://doi.org/doi:10.7312/dewe21010-003

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973

Febrianningsih, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3335–3344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4686

Gumilar, E. B. (2023). Problematika Pembelajaran Ipa Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 129.

Hafid. (2020). Konsep Merdeka Belajar dan Pentingnya Kemampuan Memetakan Dunia Kerja. Al-Fikrah: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 3(1), 108–125.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Zuhriyah, F. A., & Suryanda, D. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar sebagai Wujud Pendidikan yang Memerdekakan Peserta Didik. Arus Jurnal Pendidikan, 2(3), 221–226. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i3.112

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Kemendikbud. (2023). Surat Keputusan Nomor 022 Tahun 2023 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka.

Kholik, E. N. (2021). Persiapan Pendidikan Menghadapi Era Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen …, 1299–1307.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

M.iqbal, Anwar, S., Maliki, M., & Sari, R. (2022). Kurikulum dan Pendidikan (Merdeka Belajar Menurut Perspektif Humanism Arthur W Combs). Jurnal Pendidikan, 10(2), 2337–7593.

Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah, S. (2023). Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Mi, 5–24.

Nofri Hendri. (2020). MERDEKA BELAJAR; ANTARA RETORIKA DAN APLIKASI. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 05(01), 20–29. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Pangestu, D. A., & Rochmat, S. (2021). Filosofi Merdeka Belajar Berdasarkan Perspektif Pendiri Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 78–92. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1823

Prasadityo, B. R. (2022). Studi Pemahaman Mahasisswa S1-Pendidikan IPA Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPA. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan …, 54–60.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rambung, O. S., Sion, Bungamawelona, Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 598–612.

Rohmatika, D. (2023). Kebijakan Merdeka Belajar dan Implikasinya dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(1), 92–103. https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i1.3640

Ruchmana, N. I., & Sartika, S. B. (2023). Readiness of Junior High School Science Teachers in the Independent Learning Curriculum. Research Gate, November, 1–12.

Sabriadi, H., & Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 175–184.

Sari, R. M. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 38–50. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326

Setiawan, A., Suryani, A., & Kurniawati, D. (2023). Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Mendorong Pembaruan Pendidikan Tinggi Di Indonesia. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisplin Indonesia, 2(5), 905–913.

Suhartono, O. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Pelaksanaan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 8–19. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13897

Taher, R., Desyandri, & Erita, Y. (2023). Tujuan Pendidikan Merdeka Belajar Terhadap Pandangan Filsafat Humanisme Rahma. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1766–1771.

Wahyu, I. N., Pujani, N. M., & Priyanka, L. M. (2023). Analisis Motivasi Belajar IPA pada Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 6(2), 194–205.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Medeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 916. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142

Published
2024-06-13
How to Cite
Ahmad, D., Sanjayanti, A., & Setyowati, L. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(4), 1677 - 1693. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1322
Section
Articles