PELAKSANAAN KAMPUS MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DI SD NEGERI TANJUNGGUNUNG

  • Riski Umi Mahfiroh Universitas Trunojoyo Madura
  • Ummu Kultsum Institut Teknologi Bandung, Indonesia
  • Rizkiyah Amaliah Institut Teknologi Bandung, Indonesia
Keywords: Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kampus mengajar dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa SD Negeri Tanjunggunung. Kampus Mengajar meruapakan bagian dari program MBKM yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Berdasarkan hasil observasi awal mendapatkan hasil bahwa kemampuan literasi dan numerasi siswa cukup rendah. Dalam penelitian, peneliti mengunakan metode observasi,wawancara dan melaksanakan proses pembelajaran secara langsung.Setelah dilaksanakan kegiatan program kerja kampus mengajar, diperoleh hasil yang memuaskan yakni terdapat perubahan yang signifikan. Selain itu, kegiatan kampus mengajar juga memiliki dampak yang sangat baik bagi peserta didik khususnya pada peningkatan keterampilan literasi dan numerasi siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, }R. N. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan kewirausahaan, 9(1), 210-219.

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan I program merdeka belajar kemdikbud di sekolah dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1-8.

Fisabillillah, Y., & Rahmadanik, D. (2022). Implementasi penerapan literasi dan numerasi pada pelaksanaan kampus mengajar angkatan 3 di sdn 1 kedungkumpul, sukorame, kabupaten lamongan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 876-883.

Khotimah, N. R., Riswanto, R., & Udayati, U. (2021). Pelaksanaan program kampus mengajar di SD Negeri 014 Palembang Sumatera Selatan. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 195-204.

Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535-1541.

Indriani, A., Putri, W. R., Jumaria, S., Sari, M. K., & Octaviana, M. D. (2023). Pelaksanaan Kampus mengajar Angkatan 4 SDN 2 Kedungwaru. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(2), 93-98.

Noerbella, D. (2022). implementasi program kampus mengajar angkatan 2 dalam meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480-489.

Ramda, A. Y., & Suryono, Y. (2020). Implementasi delapan metode kepramukaan sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Kependidikan, 4(2), 341-356.

Sinaga, Y. K., Panjaitan, M. B., Simangunsong, R., Sidabutar, S., Purba, P., Sinaga, M. G., ... & Damanik, S. Y. (2022). Penerapan pembelajaran membaca, menulis dan berhitung (CALISTUNG) dan literasi dalam bimbingan belajar gratis di SDN 094135 Tigabolon. Indonesia Berdaya, 3(2), 225-232.

Manurung, R., & Nahor, J. M. B. (2022). Pelaksanaan program kampus mengajar untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di SD 173408 Dolok Sanggul. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 13114-13117.

Waldi, A., Putri, N. M., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran kampus mengajar dalam meningkatkan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi peserta didik sekolah dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 284-292.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91.

Published
2024-08-23
How to Cite
Mahfiroh, R., Kultsum, U., & Amaliah, R. (2024). PELAKSANAAN KAMPUS MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DI SD NEGERI TANJUNGGUNUNG. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(4), 2088 - 2099. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1319
Section
Articles