DESAIN UI/UX TELAHOUSE: APLIKASI OTOMATIS PENGENDALIAN LAMPU DAN SUHU UNTUK LANSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan merancang dan mengembangkan desain aplikasi Telahouse untuk pengendalian lampu dan suhu otomatis pada rumah cerdas yang dirancang khusus untuk lansia. Desain UI/UX aplikasi ini berfokus pada kemudahan penggunaan, kejelasan antarmuka, dan fungsionalitas yang dapat diakses oleh pengguna lanjut usia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu User Centered Design (UCD) dengan memiliki 4 tahapan yang terdiri dari menentukan konteks penggunaan, menentukan kebutuhan pengguna dan organisasi, menghasilkan solusi desain, dan mengevaluasi desain terhadap kebutuhan pengguna, serta pengujian prototipe menggunakan metode kognitif walkthrough . Hasilnya menunjukkan bahwa pengguna lanjut usia memerlukan antarmuka yang sederhana dengan ikon besar, teks berkontras tinggi, dan navigasi suara untuk memudahkan interaksi tanpa perlu gerakan fisik yang berlebihan, serta fitur panduan aplikasi agar membuat pengguna mudah memahami penggunaan aplikasi. Selain itu, fitur pengaturan jadwal otomatis dan notifikasi real-time juga diaktifkan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna. Pengujian menunjukkan bahwa partisipan mampu menyelesaikan skenario yang diberikan dengan cepat dan dengan sedikit kesalahan, menunjukkan bahwa desain yang dikembangkan telah memenuhi kebutuhan pengguna. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kemandirian lansia dalam mengelola lingkungan rumah mereka.
Downloads
References
Agastya, D. S., & Farida, L. D. (2023). Perancangan User Interface Dan User Experience Website SMPN 1 Sambit Ponorogo Menggunakan Metode User Centered Design. Jurnal Sistem Informasi Dan Aplikasi (JSIA), 1(1), 94–122. https://doi.org/10.52958/jsia.v1i1.6444
Alexander, F., & Ismiati, M. B. (2022). Evaluasi Usability Pada Desain E-Learning Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough. JuSiTik : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Komunikasi, 3(1), 31–36. https://doi.org/10.32524/jusitik.v3i1.492
Ananta, B. . G. (2023). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI KANGTUKANG DENGAN METODE UCD.
Baidhowi, M. F., & Pamungkas, M. (2020). Teaching Writing Recount Text At Eight Grade Using Think-Talk-Write Technique By Digital Storytelling. … (Professional Journal of …. http://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/project/article/view/4768
Bancin, R. F., & Rachmaniah, M. (2022). Pengujian Usabilitas Sistem Pencatatan Transaksi Distribusi Cabai Berbasis Blockchain dengan Cognitive Walkthrough. Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.29244/jika.9.1.1-12
Daffa, T., Dakhilullah, A., & Suranto, B. (2022). Penerapan Metode User Centered Design Pada Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi I-Star. Journal Universitas Islam Indonesia, 3(2).
Deti Dariah, E. (2015). Hubungan Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Lansia Di Posbindu Anyelir Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmu Keperawatan, III(2).
Duma Konda, V. W., Restyandito, R., & Nugraha, K. A. (2022). Evaluasi dan Perancangan Ulang Tampilan Antarmuka Aplikasi SehatQ Terhadap Lansia. AITI, 19(2), 228–247. https://doi.org/10.24246/aiti.v19i2.228-247
Firmansyah, R., & Kusumadewi, S. (2022). Ragam Dialog Deteksi Dini Gangguan Kesehatan Pada Pra Lansia. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(2), 941–954. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i2.1592
Fitriana, K., Priharsari, D., & Kariyoto, K. (2021). Perancangan User Experience (UX) Aplikasi Manajemen Waktu Berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking dan Human-Centered Design: User Experience Design for Time Management Mobile Application Using Design Thinking and Human-Centered Design Method. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(5), 2036–2044. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9123
Irianto, K. D. (2023). Pre-SEMMS: A Design of Prepaid Smart Energy Meter Monitoring System for Household Uses Based on Internet of Things. Journal of Electronics, Electromedical Engineering, and Medical Informatics, 5(2), 69–74. https://doi.org/10.35882/jeeemi.v5i2.282
Këpuska, V., & Bohouta, G. (2018). Next-generation of virtual personal assistants (Microsoft Cortana, Apple Siri, Amazon Alexa and Google Home). 2018 IEEE 8th Annual Computing and Communication Workshop and Conference (CCWC), 99–103. https://doi.org/10.1109/CCWC.2018.8301638
Kurniawan, A. C., Chrismanto, A. R., & Restyandito, -. (2023). Desain Antarmuka Untuk Meningkatkan Efisiensi Aplikasi Layanan Darurat Bagi Lansia. Techno.Com, 22(3), 734–745. https://doi.org/10.33633/tc.v22i3.8655
Nur, S., Waita, R., & Asa, B. J. (2023). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI DESA FUDIMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE DI DESA FUDIMA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 804–815. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.862
Putra, J. A., Nugroho, L., & Hartanto, R. (2017). Rancangan Awal Website Berbasis User Centered Design (Kasus Website Universitas Janabadra Yogyakarta).
Roth, R. E., Hart, D., Mead, R., & Quinn, C. (2017). Wireframing for interactive & web-based geographic visualization: designing the NOAA Lake Level Viewer. Cartography and Geographic Information Science, 44(4), 338–357. https://doi.org/10.1080/15230406.2016.1171166
Setiawan, A., Amelia, T., & Santoso, R. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Manajemen Klien pada Paris (Parking Information System). Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer Akuntansi, 6(1), 136–142.
World Health Organization (WHO). (2024, June 11). Ageing and Health. Https://Www.Who.Int/News-Room/Fact-Sheets/Detail/Ageing-and-Health.
Yatana Saputri, I. S., Fadhli, M., & Surya, I. (2017). Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 269–278. https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v3i2.2017.269-278
Copyright (c) 2024 Sonya Ainurohmah, Kurniawan D. Irianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.