IMPLEMENTASI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI MTSN 1 TUBAN JATIM

  • Abd. Wahib Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
Keywords: Pemasaran lembaga pendidikan Islam, Kualitas Pelayanan

Abstract

Pengelolaan lembaga pendidikan menjadi sangat penting, di mana pertumbuhan dan perkembangan lembaga dipengaruhi oleh kemampuan administrator dalam melakukan scaning lingkungan eksternal, kompetitor lembaga lain, memperhitungkan kompetensi internal dan harus dapat menciptakan strategi yang mumpuni untuk memenangkan persaingan tanpa meninggalkan esensi dari pendidikan itu sendiri serta diperlukan pemasaran. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui implementasi pemasaran lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan kualitas pelayanan di MTsN 1 Tuban Jatim Penelitian kualitatif dengan  Melihat permasalahan dan tujuan penelitian yang hendak dicapai maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian fenomenologis.  Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis Data dengan melakukan kondensasi data,  penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitiannya: implementasi pemasaran   lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan kualitas pelayanan  di MTsN 1 Tuban Jawa Timur dilakukan dengan: 1)  Product (Produk)  Madrasah:  produk/jasa madrasah yang ditawarkan berkualitas, program pembiasaan karakter, kurikulum kemendiknas, kementerian agama dan muatan lokal  serta bidang ekstrakurikuler madrasah 2) Price (harga) Madrasah:  Biaya administrasi pendaftaran  ringan sesuai dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Penetapan biaya jasa madrasah  ada bulanan dan tahunan. 3)  Place (tempat/lokasi): Lokasi di madrasah tsanawiyah   sangat mudah akses, dengan jalan yang tidak rentan macet. Tidak bising sehingga  kegiatan belajar mengajar tetap kondusif dan nyaman. 4) Promotion (promosi) Madrasah:  promosi   dengan kunjungan ke SD/MI,   pemasangan baliho dan spanduk,  penyebaran brosur   madrasah,    promosi lewat ekstrakurikuler yang sering menjuarai atau tampil di beberapa event dan promosi media sosial seperti facebook, website, instagram, maupun youtube madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. (2008). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal, ESJ, 14(13), 228. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228

Arianto, N., & Febrian. (2022). pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada PT GV. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 457–464.

Arifin, Z. A. L. S., Sumarwan, U., & Najib, M. (2020). The Influence Of Marketing Mix On Brand Image, Motivation And Students Decision To Choose Graduate Studies Of Ipb University. Journal Of Consumer Sciences, 5(2), 139–156.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1998). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, inc.

Fandy, T. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Madani Media.

Hanaysha, J. R. (2017). Impact Of Social Media Marketing, Price Promotion, And Corporate Social Responsibility On Customer Satisfaction. Jindal Journal Of Business Research, 6, 1–14.

Haryanti, N. (2019). Metode Penelitian Ekonomi. Bandung: Manggu.

Haryanti, N., & Baqi, D. A. (2019). STRATEGI SERVICE QUALITY SEBAGAI MEDIA DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN. Journal of Sharia Economics, 1(2), 101–128.

Haryanti, N., Mutohar, P. M., Qomar, M., & Syafi, A. (2018). The Influence Of Experiential Marketing ( Sense Marketing , Feel Marketing , Think Marketing , Act Marketing ) Against The Quality Of The College Of Religious Islam Negeri ( Ptkin ) In East Java Indonesia. International Journal of Science, Technology & Management, 3(2), 430–441.

Hasan, M. (2017). Manajemen Public Relations dalam Membangun Citra dan Kontestasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Studi Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Syaikhona Moh. Kholil Bangkalan). Nuansa, 14(1).

Jahari, J., & Syarbini, A. (2013). Manajemen Madrasah (Teori, Strategi dan Implementasi). Bandung : Alfabeta, 2013.

Junaris, I., & Haryanti, N. (2022). Manajemen Pemasaran Pendidikan. Purbalingga: Eurika Media Aksara.

Kotler, K. (2012). Marketing Management. Person Education.

Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Prinsip-prinsip Marketing. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara.

Miles, matthew B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. New Delhi: SAGE Publications.

Min, S., & Khoon, C. C. (2013). Demographic Factors in the Evaluation of Service Quality in Higher Education: International Students’ Perspective. International Review of Management and Business Research, 2(4), 995.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Putranto, A. T., Kumara, D., & Syahria, S. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Masakan Jepang En Dining. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 57–68.

Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaan. Jakarta: Erlangga.

Saepudin, A., Sadikin, A., & Saripah, I. (2016). Penguatan Manajemen Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmiah Visi, 11(2), 65–72.

Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Wiwitan, T., & Yulianita, N. (2017). Strategi Marketing Public Relations Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEA. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2672

Yin, R. K. (2002). Case Study Research: Design and Methods. Sage Publication.

Yoo, B. (2000). An Examination of Selected Marketing Mix Elementsand Brand Equity. Journal of the Academy of Marketing Science, 28(2), 189.

Yusniar Permanasari, E., & Haryanti, N. (2023). Dampak Experiential Marketing pada Daya Saing di Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(3), 734–744. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.848

Published
2024-05-21
How to Cite
Wahib, A. (2024). IMPLEMENTASI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI MTSN 1 TUBAN JATIM. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1412 - 1428. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1314
Section
Articles