IMPLEMENTASI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI MTSN 1 TUBAN JATIM
Abstract
Pengelolaan lembaga pendidikan menjadi sangat penting, di mana pertumbuhan dan perkembangan lembaga dipengaruhi oleh kemampuan administrator dalam melakukan scaning lingkungan eksternal, kompetitor lembaga lain, memperhitungkan kompetensi internal dan harus dapat menciptakan strategi yang mumpuni untuk memenangkan persaingan tanpa meninggalkan esensi dari pendidikan itu sendiri serta diperlukan pemasaran. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui implementasi pemasaran lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan kualitas pelayanan di MTsN 1 Tuban Jatim Penelitian kualitatif dengan Melihat permasalahan dan tujuan penelitian yang hendak dicapai maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian fenomenologis. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis Data dengan melakukan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitiannya: implementasi pemasaran lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan kualitas pelayanan di MTsN 1 Tuban Jawa Timur dilakukan dengan: 1) Product (Produk) Madrasah: produk/jasa madrasah yang ditawarkan berkualitas, program pembiasaan karakter, kurikulum kemendiknas, kementerian agama dan muatan lokal serta bidang ekstrakurikuler madrasah 2) Price (harga) Madrasah: Biaya administrasi pendaftaran ringan sesuai dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Penetapan biaya jasa madrasah ada bulanan dan tahunan. 3) Place (tempat/lokasi): Lokasi di madrasah tsanawiyah sangat mudah akses, dengan jalan yang tidak rentan macet. Tidak bising sehingga kegiatan belajar mengajar tetap kondusif dan nyaman. 4) Promotion (promosi) Madrasah: promosi dengan kunjungan ke SD/MI, pemasangan baliho dan spanduk, penyebaran brosur madrasah, promosi lewat ekstrakurikuler yang sering menjuarai atau tampil di beberapa event dan promosi media sosial seperti facebook, website, instagram, maupun youtube madrasah.
Downloads
References
Alma, B. (2008). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal, ESJ, 14(13), 228. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228
Arianto, N., & Febrian. (2022). pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada PT GV. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 457–464.
Arifin, Z. A. L. S., Sumarwan, U., & Najib, M. (2020). The Influence Of Marketing Mix On Brand Image, Motivation And Students Decision To Choose Graduate Studies Of Ipb University. Journal Of Consumer Sciences, 5(2), 139–156.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1998). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, inc.
Fandy, T. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Madani Media.
Hanaysha, J. R. (2017). Impact Of Social Media Marketing, Price Promotion, And Corporate Social Responsibility On Customer Satisfaction. Jindal Journal Of Business Research, 6, 1–14.
Haryanti, N. (2019). Metode Penelitian Ekonomi. Bandung: Manggu.
Haryanti, N., & Baqi, D. A. (2019). STRATEGI SERVICE QUALITY SEBAGAI MEDIA DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN. Journal of Sharia Economics, 1(2), 101–128.
Haryanti, N., Mutohar, P. M., Qomar, M., & Syafi, A. (2018). The Influence Of Experiential Marketing ( Sense Marketing , Feel Marketing , Think Marketing , Act Marketing ) Against The Quality Of The College Of Religious Islam Negeri ( Ptkin ) In East Java Indonesia. International Journal of Science, Technology & Management, 3(2), 430–441.
Hasan, M. (2017). Manajemen Public Relations dalam Membangun Citra dan Kontestasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Studi Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Syaikhona Moh. Kholil Bangkalan). Nuansa, 14(1).
Jahari, J., & Syarbini, A. (2013). Manajemen Madrasah (Teori, Strategi dan Implementasi). Bandung : Alfabeta, 2013.
Junaris, I., & Haryanti, N. (2022). Manajemen Pemasaran Pendidikan. Purbalingga: Eurika Media Aksara.
Kotler, K. (2012). Marketing Management. Person Education.
Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Prinsip-prinsip Marketing. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara.
Miles, matthew B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. New Delhi: SAGE Publications.
Min, S., & Khoon, C. C. (2013). Demographic Factors in the Evaluation of Service Quality in Higher Education: International Students’ Perspective. International Review of Management and Business Research, 2(4), 995.
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Putranto, A. T., Kumara, D., & Syahria, S. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Masakan Jepang En Dining. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 57–68.
Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaan. Jakarta: Erlangga.
Saepudin, A., Sadikin, A., & Saripah, I. (2016). Penguatan Manajemen Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmiah Visi, 11(2), 65–72.
Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Wiwitan, T., & Yulianita, N. (2017). Strategi Marketing Public Relations Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEA. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2672
Yin, R. K. (2002). Case Study Research: Design and Methods. Sage Publication.
Yoo, B. (2000). An Examination of Selected Marketing Mix Elementsand Brand Equity. Journal of the Academy of Marketing Science, 28(2), 189.
Yusniar Permanasari, E., & Haryanti, N. (2023). Dampak Experiential Marketing pada Daya Saing di Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(3), 734–744. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.848
Copyright (c) 2024 Abd. Wahib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.