MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI PROFESSIONAL CAPITAL: TANTANGAN DAN PELUANG

  • Wisudani Rahmaningtyas Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: human capital investement, professional capital, pertumbuhan ekonomi, pembangunan berkelanjutan

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu investasi modal manusia yang menjadi predictor kuat dan krusial dalam pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kajian literature terkait dengan peluang dan tantangan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui professional capital (guru sebagai pendidik professional). Metode atau pendekatan penelitian menggunakan literature review yang didasarkan pada pencarian dan analisis artikel ilmiah, buku, dan publikasi lain yang relevan dengan topik human capital investment khususnya dalam aspek pendidikan, economics growth, dan sustainability development. Pencarian dilakukan melalui basis data akademik secara elektronik melalui beberapa publisher seperti Google Scholar, Emerald, ScienceDirect, Elsevier, dan ResearchGate dengan menggunakan kata kunci seperti "human capital investment," "professional capital," "education," "quality of educators," dan "economic growth.". Hasil dari kajian literatur menunjukkan bahwa pendidikan sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan. Tantangan investasi pendidikan di Indonesia lebih terkait dengan aspek pendanaan dan sarana prasarana serta hambatan budaya (berhubungan dengan sikap mental, norma dan seperangkat system nilai yang dianut dan dimiliki masyarakat khususnya para pelaku pendidikan). Lebih lanjut peluang Indonesia dalam inventasi pendidikan yaitu adanya program mentor dan mentee yang mendorong guru untuk lebih mudah dalam pengembangan keprofesian melalui mentoring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditomo, A., & Faridz, N. F. (2019). Ketimpangan mutu dan akses pendidikan di Indonesia: Potret berdasarkan survei PISA 2015.

Al Inu, A. N. A. N., Fitriani, D., Bani, E. A. S., & Winandar, M. L. (2022). Peran Guru sebagai Agen Pembaharu dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9802-9808.

Ang, J. B. (2008). What are the mechanisms linking financial development and economic growth in Malaysia?. Economic modelling, 25(1), 38-53.

Anggraeni, R., & Effane, A. (2022). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik. KARIMAH TAUHID, 1(2), 234-239.

Astawa, I. N. T. (2017). Memahami peran masyarakat dan pemerintah dalam kemajuan mutu pendidikan di Indonesia. Jurnal penjaminan mutu, 3(2), 197-205.

Ayuningtyas, I. (2021). Ketimpangan akses pendidikan di Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 117-129.

Bakar, R. (2018). The influence of professional teachers on Padang vocational school students' achievement. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(1), 67-72.

Barth, M., & Rieckmann, M. (2016). State of the art in research on higher education for sustainable development. Routledge handbook of higher education for sustainable development, 100-113.

Benos, N., & Zotou, S. (2014). Education and economic growth: A meta-regression analysis. World Development, 64, 669-689.

Callingham, R., Beswick, K., & Ferme, E. (2015). An initial exploration of teachers' numeracy in the context of professional capital. ZDM, 47, 549-560.

Campbell, C., Lieberman, A., & Yashkina, A. (2016). Developing professional capital in policy and practice: Ontario's Teacher Learning and Leadership Program. Journal of Professional Capital and Community.

Chairunnisa, C., Istaryatiningtias, I., & El Khuluqo, I. (2020). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 22-30.

Chapman, C., Chestnutt, H., Friel, N., Hall, S., & Lowden, K. (2016). Professional capital and collaborative inquiry networks for educational equity and improvement?. Journal of professional capital and community, 1(3), 178-197.

Cuervo, H., & Cuervo, H. (2016). Social justice in rural schooling. Understanding social justice in rural education, 111-136.

Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 173-194.

Dewanti, A. K. (2021). Perkecil Disparitas Layanan Pendidikan. Arsip Publikasi Ilmiah Biro Administrasi Akademik.

Didu, S., & Fauzi, F. (2016). Pengaruh jumlah penduduk, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi terhadap kemiskinan di Kabupaten Lebak. Jurnal Ekonomi-Qu, 6(1).

Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9-19.

Fitri, W., Octaria, M., Irvanaries, I., Suwanny, N., Sisilia, S., & Firnando, F. (2021). Tantangan dan Solusi terhadap Ketimpangan Akses Pendidikan dan Layanan Kesehatan yang Memadai di Tengah Pandemi Covid-19. Era Hukum-Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 19(1).

Floody, D. (2021). Teacher Mentor and Mentee Stories: Mentorship as Opportunity for Teachers' Professional Capital and Cultural Proficiency Development.

Fullan, M., & Hargreaves, A. (2012). Reviving teaching with 'professional capital'. Education week, 31(33), 30-36.

Fullan, M., Rincón-Gallardo, S., & Hargreaves, A. (2015). Professional capital as accountability. Education policy analysis archives, 23, 15-15.

Glewwe, P., Maiga, E., & Zheng, H. (2014). The contribution of education to economic growth: A review of the evidence, with special attention and an application to Sub-Saharan Africa. World Development, 59, 379-393.

Grasha, A. F. (1994). A matter of style: The teacher as expert, formal authority, personal model, facilitator, and delegator. College teaching, 42(4), 142-149.

Guo, S., Guo, X., Fang, Y., & Vogel, D. (2017). How doctors gain social and economic returns in online health-care communities: a professional capital perspective. Journal of management information systems, 34(2), 487-519.

Halisa, N. N. (2020). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia" Sistem Rekrutmen, Seleksi, Kompetensi dan Pelatihan" Terhadap Keunggulan Kompetitif: Literature Review. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1(2 Desember), 14-22.

Hanushek, E. A., & Woessmann, L. (2010). Education and economic growth. Economics of education, 60, 67.

Hargreaves, A., & Fullan, M. (2013). The power of professional capital. The Learning Professional, 34(3), 36.

Hargreaves, A., & Fullan, M. (2015). Professional capital: Transformng teaching in every school. Teachers College Press.

Hargreaves, A., & Fullan, M. (2020). Professional capital after the pandemic: Revisiting and revising classic understandings of teachers' work. Journal of professional capital and community, 5(3/4), 327-336.

Halsey, J. (2019). Rural and remote education and the fundamentals of leading for all. Australian Educational Leader, 41(4), 8-11.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 123-132.

Ibrahim, M. (2018). Interactive effects of human capital in finance–economic growth nexus in Sub-Saharan Africa. Journal of Economic Studies.

Irmayani, H., Wardiah, D., & Kristiawan, M. (2018). The strategy of SD Pusri in improving educational quality. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7), 113-121.

Indriyani, A., Saefulloh, M., & Riono, S. B. (2020). Pengaruh diklat kependidikan dan kesejahteraan guru terhadap kualitas guru di sekolah dasar negeri di kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Syntax Idea, 2(7).

Islam, A. J. (2013). Evaluasi Dampak Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar (Studi Tentang Program Desentralized Basic Education 2 (DBE2) Di Kabupaten Nganjuk) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Kern, L., Weist, M. D., Mathur, S. R., & Barber, B. R. (2022). Empowering school staff to implement effective school mental health services. Behavioral Disorders, 47(3), 207-219.

Kelchtermans, G. (2019). Early career teachers and their need for support: Thinking again. Attracting and keeping the best teachers: Issues and opportunities, 83-98.

Kulla, T., Rumapea, P., & TAMPONGANGOY, D. (2018). Kualitas sumber daya manusia dalam meningkatkan pembangunan desa tinggilbet distrilk beoga kabupaten Puncak provinsi Papua. Jurnal Administrasi Publik, 4(58).

Kurniawan, R., & Andriani, H. F. (2021). Pentingnya Kualitas Pendidikan Sebagai Pembentukan Karakteristik Seorang Pemimpin Di Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(3), 407-411.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.

Liao, L., Du, M., Wang, B., & Yu, Y. (2019). The impact of educational investment on sustainable economic growth in Guangdong, China: A cointegration and causality analysis. Sustainability, 11(3), 766.

Luckin, R., Cukurova, M., Kent, C., & du Boulay, B. (2022). Empowering educators to be AI-ready. Computers and Education: Artificial Intelligence, 3, 100076.

López-Gómez, E., Fernández, R.G., Medina, A. and Gento, S. (2020), "Proposal to Promote Quality of Education: A View from Spain", Flavian, H. (Ed.) From Pedagogy to Quality Assurance in Education: An International Perspective, Emerald Publishing Limited, Bingley, pp. 29-44. https://doi.org/10.1108/978-1-83867-106-820201005

Man, S. (2020). Analisis Peranan Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai. Akuntanika, 6(1), 38-45.

McKeown, R., Hopkins, C. A., Rizi, R., & Chrystalbridge, M. (2002). Education for sustainable development toolkit (p. 2002). Knoxville: Energy, Environment and Resources Center, University of Tennessee.

Miftah, Z. (2022). Digitalisasi dan Disparitas dalam Pendidikan: Studi Kasus di SDN Ngayung Lamongan. AL-AUFA: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 4(2), 62-76.

Nahdi, D. S., & Cahyaningsih, U. (2019). Keterampilan Guru SD Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 2, No. 1, pp. 57-63).

Nolan, A., & Molla, T. (2017). Teacher confidence and professional capital. Teaching and teacher education, 62, 10-18.

Purwanti, Y. (2022). Disparitas Fasilitas Pendidikan dan Tenaga Pengajar Sekolah Menengah Atas di Indonesia Menggunakan Metode Spatial Fuzzy C-Means. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 12(02), 15-22.

Putera, M. T. F., & Rhussary, M. L. (2018). Peningkatan Mutu Pendidikan Daerah 3t (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) di Kabupaten Mahakam Hulu. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 12(2), 144-148.

Rahayu, S., & Sudarwati, N. (2021, September). Peran Pendidikan Pada Upaya Pembangunan Ekonomi. In Prosiding Conference on Research and Community Services (Vol. 3, No. 1, pp. 497-511).

Roumell, E.A. and Roessger, K. (2019), "Humanistic, Innovative Solutionism: What Role do Data Analytics Play in Developing a More Responsive and More Intelligent Adult and Workforce Education Policy?", Jules, T.D. and Salajan, F.D. (Ed.) The Educational Intelligent Economy: Big Data, Artificial Intelligence, Machine Learning and the Internet of Things in Education (International Perspectives on Education and Society, Vol. 38), Emerald Publishing Limited, Bingley, pp. 127-142. https://doi.org/10.1108/S1479-367920190000038008

Rusmusi, I. M. P., & Handayani, D. R. (2018). Pengaruh Investasi Infrastruktur Jalan, Air, dan Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah Tahun 2011-2015. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 20(3).

Samuel, D. (2015, November). Antusiasme guru dalam program pengembangan kompetensi pedagogik dan determinannya. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, No. 1).

Sanders, M., Galindo, C., & Allen, K. M. (2021). Professional capital and responses to student diversity: A qualitative exploration of the role of teachers in full-service community schools. Urban Education, 56(10), 1782-1814.

Sanoto, H., Soesanto, S., Soegito, A. T., & Kardoyo, K. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru di Daerah 3T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 166-172.

Sari, P. A. (2013). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Human Capital. Jurnal Optimisme Ekonomi Indonesia, 11.

Saripudin, D. (2008). Pembangunan pendidikan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. In Makalah International Seminar on Lifelong Education (ISLE) (pp. 22-23).

Selasih, N. N. (2017). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di Era Globalisasi. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 4(2), 13-22.

Siregar, N. H. (2020). Pengembangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dilakukan Melalui Peningkatan Profesionalitas Guru. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 38-48.

Sudarsana, I. K. (2015). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.

Sunarto, A. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Berbasis Inovasi Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 397-407.

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43-50.

Tarvainen, A., & Valpola, H. (2017). Mean teachers are better role models: Weight-averaged consistency targets improve semi-supervised deep learning results. Advances in neural information processing systems, 30.

Todaro, M.P.; Smith, S.C. Economic Development, 11th ed.; Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ, USA, 2012.

Vito, B., & Krisnani, H. (2015). Kesenjangan pendidikan desa dan kota. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Wall, K., & Hall, E. (2016). Teachers as metacognitive role models. European Journal of Teacher Education, 39(4), 403-418.

Widiansyah, A. (2017). Peran ekonomi dalam pendidikan dan pendidikan dalam pembangunan ekonomi. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 17(2), 207-215.

Wu, B., & Chen, W. (2023). Factors affecting MOOC teacher effectiveness from the perspective of professional capital. Behaviour & Information Technology, 42(5), 498-513.

Venkataraman, B. (2009). Education for sustainable development. Environment: Science and Policy for Sustainable Development, 51(2), 8-10.

Yasin, I. (2021). Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia: Perspektif Total Quality Management. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 239-246.

Yustika, G. P., Subagyo, A., & Iswati, S. (2019). Masalah yang dihadapi dunia pendidikan dengan tutorial online: Sebuah short review. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 187.

Zeichner, K., & Hollar, J. (2016). Developing professional capital in teaching through initial teacher education: Comparing strategies in Alberta Canada and the US. Journal of Professional Capital and Community, 1(2).

Published
2024-05-27
How to Cite
Rahmaningtyas, W. (2024). MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI PROFESSIONAL CAPITAL: TANTANGAN DAN PELUANG. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1473 - 1484. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1311
Section
Articles