PEMANFAATAN VIDEO SAMPAH PLASTIK TERINTEGRASI PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENGEMBANGKAN KESADARAN LINGKUNGAN BAGI SISWA DI SEKOLAH DASAR INPRES 1 KAYUMALUE PAJEKO

  • Elvira Elvira 3Universitas Tadulako, Indonesia
  • Misnah Misnah 3Universitas Tadulako, Indonesia
  • Bau Ratu 3Universitas Tadulako, Indonesia
Keywords: Video Sampah Plastik, Kesadaran Lingkungan.

Abstract

This research aims to implement the use of plastic waste videos as a social studies learning media to enhance the environmental awareness competence of fifth-grade students at Inpres 1 Kayumalue Pajeko Elementary School. The research subjects consist of 16 students. The method employed is Classroom Action Research with a spiral model, and both cycles utilize Project-Based Learning. Based on the research results, the researcher and the partner teacher have successfully designed and implemented the learning model effectively over two cycles, addressing any challenges encountered. The research findings illustrate a significant increase in the average scores of students' environmental awareness competence. In the first cycle, the average score was 69.06, categorized as "less," while in the second cycle, it increased to 82.5, categorized as "good." There was improvement in scores in each cycle across all aspects of environmental awareness competence. The researcher concludes that the utilization of plastic waste videos as a social studies learning media has proven to enhance the environmental awareness competence of fifth-grade students at Inpres 1 Kayumalue Pajeko Elementary School.

 

Penelitian ini ditujukan untuk menerapkan penggunaan video sampah plastik sebagai media pembelajaran IPS dalam rangka meningkatkan kompetensi kesadaran lingkungan siswa kelas V Di Sekolah Dasar Inpres 1 Kayumalue Pajeko. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 siswa. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan model spiral. Kedua siklus menggunakan Project Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Peneliti dan guru mitra telah merancang dan melaksanakan model pembelajaran dengan baik selama dua siklus, serta mampu mengupayakan untuk mengatasi setiap kendala. Hasil Penelitian menggambarkan peningkatan signifikan nilai rata-rata kompetensi kesadaran lingkungan siswa dari siklus satu sebesar 69.06 dengan kategori kurang dan disiklus kedua sebesar 82,5 dengan kategori baik. Terjadi peningkatan nilai dalam setiap siklus terhadap semua aspek kompetensi kesadaran lingkungan. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa melalui pemanfaatan video sampah plastik sebagai media pembelajaran IPS terbukti dapat meningkatkan kompetensi kesadaran lingkungan siswa Kelas V Sekolah Dasar Inpres 1 Kayumalue Pajeko.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, M. Z. (2014). Civil Society Dalam Wajah Keislaman Dan Keindonesiaan. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 12(2), 1–18. https://doi.org/10.18592/khazanah.v12i2.1607

Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 883–887. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.507

BPS Sulteng, I. P. M. (2020). Berita Resmi Statistik Hasil Sensus Penduduk 2020 Provinsi Sulawesi Tengah. Berita Resmi Statistik, (27), 1–8.

Hajhashemi, K., Caltabiano, N., Anderson, N., & Tabibzadeh, S. A. (2018). Multiple intelligences, motivations and learning experience regarding video-assisted subjects in a rural university. International Journal of Instruction, 11(1), 167–182. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11112a

Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823–834. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310

Humaida, N., Aula Sa’adah, M., Huriyah, H., & Hasanatun Nida, N. (2020). Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan (Sustainable Development Goals) Dalam Perspektif Islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 18(1), 131. https://doi.org/10.18592/khazanah.v18i1.3483

Insarullah, Serdiati, N., Muliati, & Edy, N. (2022). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Pengelolaan Sampah Dengan Metode Reduce , Reuse dan Recycle dalam Mencegah Pencemaran Lingkungan di Desa Bora. EUMPANG BREUH : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 27–30.

Marliani, N. (2015). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2), 124–132. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i2.146

Maulana, D. (2014). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Lampung: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Lampung.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335

Nursihah, A., Azzahra, A., Maulana, F., & Hakim, L. (n.d.). Pemberdayaan Masyarakat Desa Bojonghaleuang dalam Pengelolaan Sampah melalui Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Berwawasan Lingkungan. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol.3, 3(10).

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991

Purwati, E. (2015). Meningkat Ketrampilan Membuat Peyek Rinuak Melalui Metode Demontrasi Pada Anak Tunagrahita Ringan. E-Jupekhu, 4(1), 72–84.

Rochiati, W. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk. Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sabidah, S. (2022). Penyuluhan Diet Sampah Plastik dengan Metode Daring pada Mahasiswa Di Universitas Mega Buana Palopo. Mega Buana Journal of Innovation and …, 1(2), 26–31. Retrieved from https://e-jurnal.umegabuana.ac.id/index.php/JICS/article/view/32%0Ahttps://e-jurnal.umegabuana.ac.id/index.php/JICS/article/download/32/33

Saragih, S. A., Panjaitan, S. M., Sitepu, C. P. K., & Pangaribuan, L. R. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Literasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipispis T.A 2022/2023. Journal Of Social Science Research, 3, 8644–8660. Retrieved from https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1423

Septiani, U., Najmi, & Oktavia, R. (2021). Eco Enzyme : Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Produk Serbaguna di Yayasan Khazanah Kebajikan. Jurnal Universitas Muhamadiyah Jakarta, 02(1), 1–7. Retrieved from http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Sulthoni, Muhammad A.D.N, Badruzsaufari, Yusran, Fadli and Pujawati, E. D. (2014). Issn 1978-8096. EnviroScienteae, 10, 80–87.

Usman, M. U. (2017). Menjadi Guru Profesional. (Cet. 29). Bandung : Remaja Rosdakarya.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

Published
2024-06-10
How to Cite
Elvira, E., Misnah, M., & Ratu, B. (2024). PEMANFAATAN VIDEO SAMPAH PLASTIK TERINTEGRASI PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENGEMBANGKAN KESADARAN LINGKUNGAN BAGI SISWA DI SEKOLAH DASAR INPRES 1 KAYUMALUE PAJEKO. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1559 - 1578. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1273
Section
Articles