ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP BERDASARKAN INDIKATOR DAN LEVEL LITERASI SAINS

  • Nurmazia Firahma Tillah Universitas Negeri Surabaya
  • Hasan Subekti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: literasi sains, pembelajaran IPA, sequential explanatory

Abstract

Literasi sains adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan pengetahuan dalam proses ilmiah, mulai dari mengidentifikasi masalah, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, hingga membuat generalisasi berdasarkan bukti ilmiah terkait. Kemampuan literasi sains sangat penting untuk mendorong ilmu pengetahuan agar memberikan manfaat yang lebih baik dalam pembelajaran IPA, dengan tujuan utama mempersiapkan masyarakat untuk kehidupan di abad ke-21. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan desain sequential explanatory yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa kelas VII SMP Negeri 54 Surabaya yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes literasi sains. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan literasi sains yang diujikan kepada siswa dan wawancara kepada guru IPA. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah sebesar 34,4%, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah sebesar 36,6%, dan menafsirkan data dan bukti ilmiah sebesar 33,3%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa literasi sains siswa masih tergolong rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2016). Penerapan Levels of Inquiry untuk Meningkatkan Domain Competencies Literasi Saintifik Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika., 1(1), 1–6.

Ait, K., Rannikmäe, M., Soobard, R., Reiska, P., & Holbrook, J. (2015). Students’ Self-Efficacy and Values Based on A 21st Century Vision of Scientific Literacy – A Pilot Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 177(1), 491–495. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.403

Alberida, H. (2020). The Implementation of Scientific Approach in Learning Science Through Problem Solving. Advances in Biological Sciences Research, 10(1), 349–353. https://doi.org/10.2991/absr.k.200807.071

Amala, I. A., Sutarto, S., Putra, P. D. A., & Indrawati, I. (2023). Analysis of Scientific Literacy Ability Junior High School Students in Science Learning on Environmental Pollution. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1001–1005. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.1816

Ananda, R., & Abdillah. (2018). Pembelajaran Terpadu: Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip dan Model. Medan: LPPPI.

Archer-bradshaw, R. E. (2014). Demystifying Scientific Literacy: Charting the Path for the 21st Century. Journal of Educational and Social Research, 4(3), 165–172. https://doi.org/10.5901/jesr.2014.v4n3p165

Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Comparison of students’ scientific literacy in integrated science learning through model of guided discovery and problem based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5786

Ariska, I., & Rosana, D. (2020). Analysis of Junior High School scientific literacy skills: Domain competence on vibrations, waves and sound materials. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012094

Bellová, R., Melicherčíková, D., & Tomčík, P. (2017). Possible Reasons for Low Scientific Literacy of Slovak Students in Some Natural Science Subjects. Research in Science and Technological Education, 36(2), 226–242. https://doi.org/10.1080/02635143.2017.1367656

Donovan, L., Green, T. D., & Mason, C. (2014). Examining the 21st century classroom: Developing an innovation configuration map. Journal of Educational Computing Research, 50(2), 161–178. https://doi.org/10.2190/EC.50.2.a

Faisal, & Martin, S. N. (2019). Science education in Indonesia: Past, present, and future. Asia-Pacific Science Education, 5(1), 1–29. https://doi.org/10.1186/s41029-019-0032-0

Johnson, W. R. (2016). Why Engaging in the Practices of Science is Not Enough to Achieve Scientific Literacy Why Engaging in the Practices of Science Is Not Enough to Achieve Scientific Literacy This type of knowledge is best developed through engagement in science practices an. The American Biology Teacher, 78(5), 370–375. https://doi.org/10.1525/abt.2016.78.5.370.370

Jufrida, J., Basuki, F. R., Kurniawan, W., Pangestu, M. D., & Fitaloka, O. (2019). Scientific literacy and science learning achievement at junior high school. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 630–636. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20312

Khine, M. S. (2022). Methodology for Multilevel Modeling in Educational Research: Concepts and Applications. Methodology for Multilevel Modeling in Educational Research: Concepts and Applications. Singapore: Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-16-9142-3

Kurnia, F., Zulherman, & Fathurohman, A. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43–47. https://doi.org/10.36706/jipf.v1i1.1263

Listyani, N. A., & Munzil. (2023). Pengembangan Instrumen Soal Literasi Sains pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan IPA dan Matematika Ke-1. 697–709.

Nadhifatuzzahro, D., Setiawan, B., & Sudibyo, E. (2015). Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Sumobito Melalui Pembuatan Jamu Tradisional. Seminar Nasional Fisika dan Pembelajaran, 22–27.

Nainggolan, V. A., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2021). Learning Bryophyta: Improving students’ scientific literacy through problem-based learning. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(1), 71–82. https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i1.15220

Naturasari, H., Roshayanti, F., & Nurwahyunani, A. (2017). Profil Kualitas Literasi Sains Siswa Smp Se-Kabupaten Pati. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 5(2), 1–13. https://doi.org/10.26877/bioma.v5i2.2503

Ntelok, Z. R. E., Resnasari, N. W. P., & Jamun, Y. M. (2022). Training Students’ Science Literacy on Biotechnology Using Science, Environmental, Technology, Society (SETS) Visioned Learning Instructional. Jurnal Basicedu, 6(3), 466–467. https://doi.org/doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3002 ISSN

OECD. (2023a). PISA 2022 Result: The State of Learning and Equity in Education. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

OECD. (2023b). Program For International Student (PISA) 2022 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/dfe0bf9c-en.

Ongardwanich, N., Kanjanawasee, S., & Tuipae, C. (2015). Development of 21st Century Skill Scales as Perceived by Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191(1), 737–741. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.716

Pantiwati, Y. (2017). Kemampuan Literasi dan Teknik Asesmen Literasi. Prosiding Seminar Nasional III. 28–33.

Purwani, L. D., Sudargo, F., & Surakusumah, W. (2018). Analysis of Student’s Scientific Literacy Skills Through Socioscientific Issues Test on Biodiversity Topics. Journal of Physics: Conference Series, 1(1013), 1–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012019

Puspitasari, A. D. (2015). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Journal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(2), 1–5.

Rahmadina, S. W., Syahri, S., & Zulirfan, Z. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Topik Klasifikasi Materi Dan Perubahannya Siswa Kelas Vii Smpn 6 Siak Hulu. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(1), 58–68. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.647

Siswanto, J., Suyidno, S., Mahtari, S., Fitriyani, F., Febriani, W., & Sari, E. (2023). The Barriers to Developing Students’ Scientific Literacy in Learning Physics of Quantities and Measurements. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(2), 206–220. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i2.27767

Slavin, R. (2018). Educational Psychology. New York: Pearson Education.

Subaidah, T., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Ahied, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Konteks Dan Knowledge Menggunakan Cooperative Problem Solving (CPS) dengan Strategi Heuristik. Natural Science Education Research, 2(2), 113–122. https://doi.org/10.21107/nser.v2i2.6238

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Susanti, S., & Ruqoyyah, S. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa SD Kelas V Kota Bandung Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Siklus Air. COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education, 4(5), 821–828. https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.5784

Sutrisna, N., & Anhar, A. (2020). An Analysis of Student’s Scientific Literacy Skills of Senior High School in Sungai Penuh City Based on Scientific Competence and Level of Science Literacy Questions. Advances in Biological Sciences Research, 10(1), 149–156. https://doi.org/10.2991/absr.k.200807.032

Utami, D. D. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional MIPA IV, 1(1), 133–137.

Uus, Õ., Mettis, K., & Väljataga, T. (2022). Self-directed Learning: A Case-Study of School Students Scientific Knowledge Construction Outdoors. Cogent Education, 9(1), 1–20. https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2074342

Valladares, L. (2021). Scientific Literacy and Social Transformation: Critical Perspectives About Science Participation and Emancipation. Science and Education. Amsterdam: Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s11191-021-00205-2

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1(1), 263–278.

Windyariani, S., Setiono, & Sutisnawati, A. (2017). Pengembangan Model Literasi sains Berbasis Konteks Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 10(9), 613–622.

World Economic Forum. (2015). New Vision for Education. World Economic Forum. Geneva: World Economic Forum. https://doi.org/10.1063/1.4938795

Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP pada materi kalor. Edusains, 27(2), 58–66. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762

Yaumi, Wisanti, & Admoko, S. (2017). Penerapan Perangkat Model Discovery Learning Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII. PENSA E-Jurnal : Pendidikan Sains, 5(1), 38–45.

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil PISA Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Published
2024-10-31
How to Cite
Tillah, N., & Subekti, H. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP BERDASARKAN INDIKATOR DAN LEVEL LITERASI SAINS. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 137 - 154. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1271
Section
Articles