PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH MELALUI TRAINING AND INDEPENDENT LEARNING PROGRAMS (TAILP) DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU
Abstract
Peningkatan kualitas kinerja guru, atau biasa disebut dengan prestasi kerja guru, merupakan suatu komponen penting dalam upaya manajerial pendidikan pada sekolah terutama menghasilkan produktivitas mutu lulusan yang diharapkan. Kualitas kinerja guru, merupakan salah satu sasaran pada kontek manajerial sekolah. Tetapi hambatan, kendala dan berbagai risiko manajemen tidak bisa dilepaskan dalam kinerja kepala sekolah, karena itulah kepala sekolah layak untuk berupaya terus dalam peningkatan kompetensinya. Training and independent learning Programs (TAILP) merupakan salah satu stategi upaya kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi, terutama dalam peningkatan kinerja guru hingga menghasilkan mutu lulusan yang berkualitas. Training and independent learning Programs (TAILP) adalah salah satu strategi personal dalam upaya peningkatan kapasitas melalui cara belajar dan berlatih mandiri secara terprogram dalam upaya peingkatan kapasitas. Dengan demikian strategi ini dapat dilakukan dalam waktu dan cara yang dapat diatur sedmikian rupa tanpa mengganggu aktivitas keseharian.
Downloads
References
Ani Safitri1, Rahmi Alendra Yusiyak. (2020). Pengelolaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ OBORPENMAS. Jurnal Obor Penmas. Vol. 3, No. 1, April 2020, hlm.203-213.
AS Hidayat. (2021), Manajerial kepala sekolah dalam peningkatan produktivitas kinerja guru. LPPM Universitas Galuh. Ciamis, Galuh Press;
Barlow, Daniel Lenox, (1985), Educational Psychology: The Teaching-Learning. Process, Chicago: The Moody Bible Institute.
Bernadin and Rusell (1993). Human Resources Management an Experiental Approach. Mac Graw Hill. Book CO. Singapore.
Dedeh Diana N (2024), Implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah dalam ketercapaian kinerja sekolah. Tesis. PPs. Universitas Galuh. (tidak dipublikasikan)
Dharma, Surya. 2003. “Manajemen Kinerja”. Jakarta : Pustaka Pelajar.
Djam’an Satori dan A. Komariah, (2009). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung. Alfa Beta.
Dewi Siti Solihah, Sofyan Iskandar. (2023). Pentingnya Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. https://journal.unpas.ac.id/index. php/ pendas/article/view/8185. Jil. 8 Nomor 1 (2023) : Jilid 08, Nomor 01, Juni 2023.
Harliana. (1998). Faktor-Faktor Motivasi. http://www.umb.ac.id/journal/ faktor-faktor motivasi/belajar-journal.kopujadi.pdf/ diakses pada tanggal 22 Maret 2012.
Haris Mudjiman. (2008). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.
Hiemstra. (1994). Self-Directed Learning. In T. Husen & T. N. Postlewaite (Eds),The International Encyclopedia of Education (second edition) Oxford: Porgomon Press.
Helmi, Ahmad Rudini, M. Ihsan Ramadhani, Nadya Huda, Nurul Huda Fitriani. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada SMP Negeri 1 Belawang. http://jonedu.org/index.php/joe. Journal on Education Volume 05, No. 03, Maret-April 2023, pp. 7104-7116.
Husni Hamdani, Aan Komariah, Sururi. (2020) Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Melalui Diklat Penguatan. Jurnal Tata Kelola Pendidikan. https://ejournal.upi.edu/index.php/jtkp. JTKP: Vol. 2 No. 1, April 2020.
Lexy J. Moleong. (2004). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. PT.Remaja Rosdakarya , Bandung.
Lulus Irawati, Erlik WS. Awit MD. Rindiani. (2023). Pengembangan kompetensi kepala sekolah melalui pelatihan penulisan penelitian tindakan sekolah (PTS) sebagai inovasi pendidikan dalam merdeka belajar. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS). https://riset.unisma.ac.id/index. php/jipemas/article/view/ 19275. Vol.6, No.1. (2023).
Mcleod Raymond, (2004), Sistem Informasi Manajemen, jilid 1. PT. Prenhallindo, Jakarta.
McLeod, J. & Cropley, A. (1989). Fostering Academic Excellence. Oxford, New. York.
Mochammad Fathan Solikhulhadi, (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu. https://ejournal.unma. ac.id/index.php/madinasika/article/view/1049. Vol.2 No.2 (2021) : Madinasika-April.
Muhibbin Syah. (2010).Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Nana Kristiawan, (2023). Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Melalui Pelatihan Berbasis Data Satuan Pendidikan. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI) , https://muassis.journal.unusida.ac.id/index.php/jmpd. Vol. 01, No. 2 Maret 2023.
Nurussalami N. (2015). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/circuit/article/ view/306/282. Jurnal Ilmiah Circuit Vol. 1 No. 1 Juli 2015.
Nurwana (2024), Peningkatan Kinerja Guru dalam mewujudkan kualitas pembelajaran. Tesis. (tidak dipublikasikan). PPs. Universitas Galuh. Ciamis.
Permendikbud Nomor 13 Tahun 2007. Tentang Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Kemendikbud RI. Jakarta.
Rasidi. Galih Istiningsih. Septiyati Purwandari. (2017). Kompetensi kepala Sekolah Dalam Instructional Leadership. Https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD ISSN : 2579 – 76151 Volume 1 No.1 Mei 2017.
Randall, Scunterr. 1999. Manajemen Sumberdaya Manusia Menghadapi Abad Ke 21. Jakarta: Erlangga.
Ratu Aisyah NM (2024). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Tesis. (tidak dipublikasikan) PPs. Universitas Galuh. Ciamis.
Sianipar. (1999). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: LAN
Song and Hill. (2007). A Conceptual Model for Under Standing Self-Directed Learning in Online Environments. Journal of Interactive Online Learning, Volume 6, Number 1. University of Georgia.
Suesthi Rahayuningsih. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. Jurnal Abdi Masyarakat UMUS. https://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/625. Vol.2, No.02, Februari2022, pp. 120~126.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Terry. George T dan Stephen G. Franklin (1982). Principles of Management. Illinois Rhicard D Irwin.
Yamin, Martinis. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan. Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Copyright (c) 2024 Asep Saepul Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.