PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH MELALUI TRAINING AND INDEPENDENT LEARNING PROGRAMS (TAILP) DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU

  • Asep Saepul Hidayat Universitas Galuh
  • Ratu Aisyah NM Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Galuh, Indonesia
  • Dedeh Diana Andriani Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Galuh, Indonesia
  • Nurwana Nurwana Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Galuh, Indonesia
Keywords: Kompetensi, Manajerial Kepala Sekolah, TAILP

Abstract

Peningkatan kualitas kinerja guru, atau biasa disebut dengan prestasi kerja guru, merupakan suatu komponen penting dalam upaya manajerial pendidikan pada sekolah terutama menghasilkan produktivitas mutu lulusan yang diharapkan. Kualitas kinerja guru, merupakan salah satu sasaran pada kontek manajerial sekolah. Tetapi hambatan, kendala dan berbagai risiko manajemen tidak bisa dilepaskan dalam kinerja kepala sekolah, karena itulah kepala sekolah layak untuk berupaya terus dalam peningkatan kompetensinya. Training and independent learning Programs (TAILP) merupakan salah satu stategi upaya kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi, terutama dalam peningkatan kinerja guru hingga menghasilkan mutu lulusan yang berkualitas. Training and independent learning Programs (TAILP) adalah salah satu strategi personal dalam upaya peningkatan kapasitas melalui cara belajar dan berlatih mandiri secara terprogram dalam upaya peingkatan kapasitas. Dengan demikian strategi ini dapat dilakukan dalam waktu dan cara yang dapat diatur sedmikian rupa tanpa mengganggu aktivitas keseharian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani Safitri1, Rahmi Alendra Yusiyak. (2020). Pengelolaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ OBORPENMAS. Jurnal Obor Penmas. Vol. 3, No. 1, April 2020, hlm.203-213.

AS Hidayat. (2021), Manajerial kepala sekolah dalam peningkatan produktivitas kinerja guru. LPPM Universitas Galuh. Ciamis, Galuh Press;

Barlow, Daniel Lenox, (1985), Educational Psychology: The Teaching-Learning. Process, Chicago: The Moody Bible Institute.

Bernadin and Rusell (1993). Human Resources Management an Experiental Approach. Mac Graw Hill. Book CO. Singapore.

Dedeh Diana N (2024), Implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah dalam ketercapaian kinerja sekolah. Tesis. PPs. Universitas Galuh. (tidak dipublikasikan)

Dharma, Surya. 2003. “Manajemen Kinerja”. Jakarta : Pustaka Pelajar.

Djam’an Satori dan A. Komariah, (2009). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung. Alfa Beta.

Dewi Siti Solihah, Sofyan Iskandar. (2023). Pentingnya Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. https://journal.unpas.ac.id/index. php/ pendas/article/view/8185. Jil. 8 Nomor 1 (2023) : Jilid 08, Nomor 01, Juni 2023.

Harliana. (1998). Faktor-Faktor Motivasi. http://www.umb.ac.id/journal/ faktor-faktor motivasi/belajar-journal.kopujadi.pdf/ diakses pada tanggal 22 Maret 2012.

Haris Mudjiman. (2008). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

Hiemstra. (1994). Self-Directed Learning. In T. Husen & T. N. Postlewaite (Eds),The International Encyclopedia of Education (second edition) Oxford: Porgomon Press.

Helmi, Ahmad Rudini, M. Ihsan Ramadhani, Nadya Huda, Nurul Huda Fitriani. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada SMP Negeri 1 Belawang. http://jonedu.org/index.php/joe. Journal on Education Volume 05, No. 03, Maret-April 2023, pp. 7104-7116.

Husni Hamdani, Aan Komariah, Sururi. (2020) Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Melalui Diklat Penguatan. Jurnal Tata Kelola Pendidikan. https://ejournal.upi.edu/index.php/jtkp. JTKP: Vol. 2 No. 1, April 2020.

Lexy J. Moleong. (2004). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. PT.Remaja Rosdakarya , Bandung.

Lulus Irawati, Erlik WS. Awit MD. Rindiani. (2023). Pengembangan kompetensi kepala sekolah melalui pelatihan penulisan penelitian tindakan sekolah (PTS) sebagai inovasi pendidikan dalam merdeka belajar. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS). https://riset.unisma.ac.id/index. php/jipemas/article/view/ 19275. Vol.6, No.1. (2023).

Mcleod Raymond, (2004), Sistem Informasi Manajemen, jilid 1. PT. Prenhallindo, Jakarta.

McLeod, J. & Cropley, A. (1989). Fostering Academic Excellence. Oxford, New. York.

Mochammad Fathan Solikhulhadi, (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu. https://ejournal.unma. ac.id/index.php/madinasika/article/view/1049. Vol.2 No.2 (2021) : Madinasika-April.

Muhibbin Syah. (2010).Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Nana Kristiawan, (2023). Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Melalui Pelatihan Berbasis Data Satuan Pendidikan. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI) , https://muassis.journal.unusida.ac.id/index.php/jmpd. Vol. 01, No. 2 Maret 2023.

Nurussalami N. (2015). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/circuit/article/ view/306/282. Jurnal Ilmiah Circuit Vol. 1 No. 1 Juli 2015.

Nurwana (2024), Peningkatan Kinerja Guru dalam mewujudkan kualitas pembelajaran. Tesis. (tidak dipublikasikan). PPs. Universitas Galuh. Ciamis.

Permendikbud Nomor 13 Tahun 2007. Tentang Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Kemendikbud RI. Jakarta.

Rasidi. Galih Istiningsih. Septiyati Purwandari. (2017). Kompetensi kepala Sekolah Dalam Instructional Leadership. Https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD ISSN : 2579 – 76151 Volume 1 No.1 Mei 2017.

Randall, Scunterr. 1999. Manajemen Sumberdaya Manusia Menghadapi Abad Ke 21. Jakarta: Erlangga.

Ratu Aisyah NM (2024). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Tesis. (tidak dipublikasikan) PPs. Universitas Galuh. Ciamis.

Sianipar. (1999). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: LAN

Song and Hill. (2007). A Conceptual Model for Under Standing Self-Directed Learning in Online Environments. Journal of Interactive Online Learning, Volume 6, Number 1. University of Georgia.

Suesthi Rahayuningsih. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. Jurnal Abdi Masyarakat UMUS. https://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/625. Vol.2, No.02, Februari2022, pp. 120~126.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Terry. George T dan Stephen G. Franklin (1982). Principles of Management. Illinois Rhicard D Irwin.

Yamin, Martinis. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan. Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Published
2024-05-21
How to Cite
Hidayat, A., Aisyah NM, R., Diana Andriani, D., & Nurwana, N. (2024). PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH MELALUI TRAINING AND INDEPENDENT LEARNING PROGRAMS (TAILP) DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1392 - 1411. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1255
Section
Articles