CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT

(Studi Kasus di MAN 2 Tulungagung)

  • Yayuk Zulaikah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulullah Tulungagung, Indonesia
  • Prim Masrokan Mutohar Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulullah Tulungagung, Indonesia
  • Agus Eko Suijianto Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulullah Tulungagung, Indonesia
Keywords: Customer Relationship Management, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian dalam ini dilatar belakangi oleh MAN 2 Tulungagung merupakan salah satu sekolah yang berada di Kabupaten Tulungagung yang telah memiliki banyak lulusan yang sudah tersebar pada berbagai bidang perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Namun pada sisi kepuasan pelanggan sekolah masih memiliki kekurangan dan belum optimal, misalnya melihat kepuasan dari orang tua siswa, guru, dan siswa semua digunakan kuisioner yang hanya dipakai pada periode waktu tertentu seperti saat uas, keluhan, kritik saran dan konsultasi masih belum tersimpan dengan baik (paperbased). Tujua dalam penelitian ini untuk mengetahui Customer Relationship Management (CRM) dalam meningkatkan kepuasan masyarakat   di MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Teknik Analisis datanya adalahreduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.  Hasil Penelitiannya  Implementasi Penerapan CRM yang diterapkan mampu membantu sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik dan membantu sekolah dalam penyampaian berbagai informasi yang penting kepada peserta didik dan wali murid, Pola komunikasi sekolah dengan pelanggan (customer) pendidikan diwujudkan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dengan membuat grop WA (whatsapp) serta didukung program kunjungan rumah dan silaturahmi. Konsep CRM yang ada pada MAN 2 Tulungagung sudah diterapkan dengan melakukan analisis dan kemudian melakukan survey dengan mengklasifikasi calon pengguna jasa. Selain itu melakukan evaluasi dari hasil kinerja pada tahun sebelumnya apakah ada peningkatan atau penurunan. MAN 2 Tulungagung menjalin komunikasi yang baik untuk meningkatkan kepuasan masyarakat yang telah berusaha memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan seperti layanan pembelajaran, layanan informasi dan sarana serta prasarana yang baik dalam rangka mendukung pengembangan potensi setiap peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirullah, and Widayat. 2002. Metode Penelitian Pemasaran. Malang: CV. Cahaya Press.

Bogdan, Robert C, and Sari Knopp Biklen. 1998. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, inc.

Budiono, Aris. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian.” Equilibrium : Jurnl Pelatihan Pendidikan Dan Ekonomi 17 (02): 1–15. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.ABSTRACT.

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Finori, Febri Deflia. 2019. “Smart Techno Parenting : Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Tekhnologi Digital.” Jurnal Tatsqif 17 (1): 52–69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625.

Firmansyah, Suci Fika Widyana dan Herdin. 2021. “Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Sepatu Convese.” Jurnal Bisnis Dan Pemasaran 11 (1): 11.

Fitri, Agus Zaenul, and Nik Haryanti. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method Dan Research and Development. Malang: Madani Media.

Gordon, D. 2002. Kerangka Dasar Sistem Informasi Management. Jakarta: ppm.

Haryanti, Nik, and Diyanus Abdul Baqi. 2019. “Strategi Service Quality Sebagai Media Dalam Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan.” Journal of Sharia Economics, 1 (2): 101–28.

Junaris, Imam, and Nik Haryanti. 2022. Manajemen Pemasaran Pendidikan. Purbalingga: Eurika Media Aksara.

Kotler, Keller. 2012. Marketing Management. London: Person Education.

Kurniawan, Indra, Agus Wahyuddin, and Yati Nurhayati. 2012. “Implementasi Customer Relationship Management.” Nuansa Informatika : Jurnal Ilmu Komputer 10 (2): 1–10.

Kurniawan, Rifdah Arifah, Shaqila Livia Resmanda, Santoso Tri Raharjo, Risna Resnawaty, and Maulana Irfan. 2020. “Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Bidang Pendidikan Melalui Pembangunan Dan Pengembangan Perpustakaan.” In Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 7:280–95. http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/29053/pdf.

Marinagi, Catherine, Panagiotis Trivellas, and Damianos P. Sakas. 2014. “The Impact of Information Technology on the Development of Supply Chain Competitive Advantage.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 147: 586–91. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.161.

Mawardi, Kholid. 2018. “Dampak Pemasaran Digital Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening.” Journal of Materials Processing Technology 1 (1): 1–8. http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o.

Moleong, L.J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Patoni, Achmad, and Nik Haryanti. 2023. Manajemen Humas Dan Pelayanan Publik Berbasis Digital. Malang: Empatdua Media.

Rahmadewi, T., N. Farida, and R. Dewi. 2015. “Pengaruh CRM Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Brand Trust Pada Pt. Nasmoco Pemuda.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip 4 (3): 243–54.

Reynard Oli, Kevin Reno, and Nyoman Nurcaya. 2016. “Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Pembelian Ulang Tiket Pesawat Pada PT Jasa Nusa Wisata Denpasar.” E-Jurnal Manajemen Unud 5 (8): Kevin 4836.

Sari, Desak Made Febri Purnama, and G.A Putu Anggun Darmaningsih. 2021. “Customer Relationship Management, Framing Effect, Tingkat Kepuasan Terhadap Tingkat Kepercayaan Dan Loyalitas Nasabah Dalam Penggunaan Layanan Mobile Banking Pada Nasabah Bank Bri Cabang Renon.” KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi 12 (2): 225–31. https://doi.org/10.22225/kr.12.2.2683.225-231.

Soebiantoro, and Nik Haryanti. 2022. Perilaku Organisasi. Purbalingga: Eurika Media Aksara.

Susilowati, Tri, and Agus Suryana. 2012. “Kepuasa Pelanggan Anlisis Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada Perpustakaan STMIK Pringsewu Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasaan Mahasiswa.” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012) 4 (1): 9–15. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index.

Wijaya, Evelyn, Asmara Hendra Komara, Pamuji Hari Santoso, Sekolah Tinggi, Ilmu Ekonomi, and Pelita Indonesia. 2019. “Effect Of Customer Relationship Management And Service Quality In Efforts To Improve Satisfaction And Loyalty Of Bank Central Asia Customers In Pekanbaru City.” Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis 4 (2): 192–99.

Yin, Robert K. 2002. Case Study Research: Design and Methods. Beverly Hills: Sage Publication.

Published
2024-05-01
How to Cite
Zulaikah, Y., Mutohar, P., & Suijianto, A. (2024). CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1172 - 1182. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1243
Section
Articles