STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING YANG BERORIENTASI LINGKUNGAN DI ERA INDUSTRI 4.0
(Studi Kasus di MAN 1 Tulungagung)
Abstract
Penelitian dalam ini dilatar belakangi oleh strategi yang dilakukan oleh pengurus diantaranya berkolaborasi/bekerjasama dengan alumni untuk mempromosikan almamater mereka pada calon anak didik baru yang ada di lingkungan tempat tinggal dan tempat kerja mereka dapat meningkatkan daya saing dengan membangun budaya ilmiah unggul mencetak siswa sebagai pembelajar yang bermutu yang tangguh menghadapi tantangan zaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Teknik Analisis datanya adalahreduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil Penelitiannya Strategi bersaing MAN 1 Tulungagung dilakukan dengan: 1) Permintaan terhadap MAN 1 Tulungagung; Kondisi permintaan terhadap MAN 1 Tulungagung sebagai berikut: Adanya peningkatan siswa setiap tahunnya yang bertambah, permintaan semakin tahun semakin besar; Komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan untuk kemajuan madrasah; Menambah tenaga kependidikan dan sarana prasarana; 2) Penawaran yang dilakukan MAN 1 Tulungagung sebagai berikut: Mempersiapkan dan mengelola siswa dengan baik; Tercipta lingkungan yang bersih dan sehat; Menciptakan citra dan image yang bagus dengan program-program yang menarik. 3) Pemasaran yang dilakukan MAN 1 Tulungagung sebagai berikut: a) Strategi Product dengan menyediakan program-program meliputi: kelas digital, TIK dalam bidang pemrograman, robotik, tahfidz, TOEFL, program olimpiade, program KIR, dan olahraga dan seni. b) price yang dilakukan MAN 1 Tulungagung yaitu: biaya yang dialokasikan sesuai dengan anggaran, dihemat dan sesuai dengan kebutuhan serta kesederhanaan. c) Promotion yang dilakukan MAN 1 Tulungagung yaitu: dengan memanfaatkan alumni karena alumni merupakan brosur hidup yang nyata dan melalui website serta perlombaan berbaris. d) Lokasi MAN 1 Tulungagung yaitu: akses menuju madrasah sangat mudah dan mengadakan perluasan lokasi. Lokasi MAN 1 Tulungagung terletak di Jl. Ki Hadjar Dewantara, Desa Beji, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung.
Downloads
References
Abidin, Z., Nursanti, S., Hakim, H. L., & Saragih, P. U. H. B. (2019). Pengaruh Kegiatan Marketing Public Relations “Saturday Barbeque Night” Terhadap Pembentukan Citra Swiss Bel Inn Hotel Karawang. Journalism, Public Relations, Media and Communications Studies Journal, 1(1), 50–61.
Amirullah, & Widayat. (2002). Metode Penelitian Pemasaran.
Arianto, N., & Febrian. (2022). pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada PT GV. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 457–464.
Arifin, Z. A. L. S., Sumarwan, U., & Najib, M. (2020). The Influence Of Marketing Mix On Brand Image, Motivation And Students Decision To Choose Graduate Studies Of Ipb University. Journal Of Consumer Sciences, 5(2), 139–156.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1998). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, inc.
Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Effendy, M. L., Sari, M. I., & Hermawan, H. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Media Sosial, Kualitas Pelayanan, dan Word of Mouth Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Warung Kopi Cak Kebo. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(2), 107. https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i2.24805
Fajri, D., & Ma’ruf, J. J. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Dan Promosi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Pengalaman Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Pada Maskapai Penerbangan Airasia Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(3), 33–48.
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Madani Media.
Haryanti, N., & Baqi, D. A. (2019). STRATEGI SERVICE QUALITY SEBAGAI MEDIA DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN. Journal of Sharia Economics, 1(2), 101–128.
Hunger, D., & Wheelen, T. L. (2012). Strategic Management and Bussiness Policy: Toward Global Sustainability (13th Edition). New York: Pearson.
Julita, & Sari, S. (2015). Strategi Generik Porter Bagi UMKM dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) (Studi Kasus: Pada UMKM di Kabupaten Deli Serdang). SNEMA Fakultas Ekonomi Universitas Padang, 132-142.
Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649
Kholiq Abdul. (2020). Strategi pengembangan Lembaga Pendidikan Islam yang Unggul. Alasma, 2(1), 23–42. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4053/1/INDRA JAYA.pdf
Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Prinsip-prinsip Marketing. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara.
Kurniawan, H., & Ariza, F. N. (2020). Sekolah Islam Terpadu: Perkembangan, Konsep, Dan Implementasi. Ittihad, IV(1), 81–88. https://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id
Malhotra, N. (2014). Basic Marketing Research. Pearson Education: England.
Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research. New Jersey: Pearson Education.
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mukti, S. (2017). Pengaruh kualifikasi pendidikan dan pengembangan karir terhadap produkitifitas kerja guru. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 81–90.
Paula, A. I. (2019). Educational Marketing Strategies On The Market Of Higher Education Services. People: International Journal Of Social Sciences, 5(3), 334–344.
Perdana, N. S. (2019). Analisis Permintaan Dan Penawaran Lulusan Smk Dalam Pemenuhan Pasar Tenaga Kerja. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 172–781. https://doi.org/10.24176/re.v9i2.2948
Porter, M. E. (2001). Competitive Advantage. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Primayanti, A. I. (2015). Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Problematika Globalisasi. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 46–60. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1447
Putranto, A. T., Kumara, D., & Syahria, S. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Masakan Jepang En Dining. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 57–68.
Ramli, R. (2021). Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3(1), 147–163. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v3i1.155
Sackey, S. M., Bester, A., & Adams, D. (2017). Industry 4.0 Learning Factory Didactic Design Parameters for Industrial Engineering Education in South Africa. The South Africa Journal of Indestrial Engineering, 28(1), 114–124.
Schmitt, B. H. (1999). Experiential Marketing. The Fress Press: New York.
Wahyuni, N. Y. (2018). Pencitraan: Upaya Membangun Public Opinion Bagi Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 64–79. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i1.249
Yin, R. K. (2002). Case Study Research: Design and Methods. Sage Publication.
Copyright (c) 2024 Zainal Panani, Prim Masrokan Mutohar, Agus Eko Suijianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.