STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING YANG BERORIENTASI LINGKUNGAN DI ERA INDUSTRI 4.0

(Studi Kasus di MAN 1 Tulungagung)

  • Zainal Panani Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Prim Masrokan Mutohar Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulullah Tulungagung, Indonesia
  • Agus Eko Suijianto Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulullah Tulungagung, Indonesia
Keywords: Strategi, pemasaran jasa pendidikan, Daya Saing

Abstract

Penelitian dalam  ini dilatar belakangi oleh strategi yang dilakukan oleh pengurus diantaranya berkolaborasi/bekerjasama dengan alumni untuk mempromosikan almamater mereka pada calon anak didik baru yang ada di lingkungan tempat tinggal dan tempat kerja mereka dapat  meningkatkan daya saing dengan membangun budaya ilmiah unggul mencetak siswa sebagai pembelajar yang bermutu yang tangguh menghadapi tantangan zaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara mendalam, observasi,   dokumentasi. Teknik Analisis datanya adalahreduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan/verifikasi.  Hasil Penelitiannya Strategi bersaing MAN 1 Tulungagung dilakukan dengan:  1) Permintaan terhadap MAN 1 Tulungagung; Kondisi permintaan terhadap MAN 1 Tulungagung  sebagai berikut:   Adanya peningkatan siswa setiap tahunnya yang  bertambah, permintaan semakin tahun semakin besar; Komunikasi yang baik  antara pimpinan dan bawahan untuk kemajuan madrasah; Menambah tenaga kependidikan dan sarana prasarana; 2) Penawaran yang dilakukan MAN 1 Tulungagung   sebagai berikut: Mempersiapkan dan mengelola siswa dengan baik; Tercipta lingkungan yang bersih dan sehat; Menciptakan citra dan image yang bagus dengan program-program yang menarik.    3) Pemasaran yang dilakukan MAN 1 Tulungagung    sebagai berikut: a) Strategi Product  dengan menyediakan  program-program  meliputi: kelas digital,   TIK dalam bidang pemrograman,   robotik,   tahfidz,   TOEFL,   program olimpiade,   program KIR, dan   olahraga dan seni.   b) price  yang dilakukan MAN 1 Tulungagung  yaitu:  biaya yang dialokasikan sesuai dengan anggaran, dihemat dan sesuai dengan kebutuhan serta kesederhanaan. c)  Promotion yang dilakukan MAN 1 Tulungagung  yaitu:   dengan memanfaatkan alumni karena alumni merupakan brosur hidup yang nyata dan melalui website serta perlombaan berbaris.   d) Lokasi MAN 1 Tulungagung  yaitu:  akses menuju madrasah sangat mudah dan mengadakan perluasan lokasi.   Lokasi MAN 1 Tulungagung terletak di Jl. Ki Hadjar Dewantara, Desa  Beji, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z., Nursanti, S., Hakim, H. L., & Saragih, P. U. H. B. (2019). Pengaruh Kegiatan Marketing Public Relations “Saturday Barbeque Night” Terhadap Pembentukan Citra Swiss Bel Inn Hotel Karawang. Journalism, Public Relations, Media and Communications Studies Journal, 1(1), 50–61.

Amirullah, & Widayat. (2002). Metode Penelitian Pemasaran.

Arianto, N., & Febrian. (2022). pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada PT GV. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 457–464.

Arifin, Z. A. L. S., Sumarwan, U., & Najib, M. (2020). The Influence Of Marketing Mix On Brand Image, Motivation And Students Decision To Choose Graduate Studies Of Ipb University. Journal Of Consumer Sciences, 5(2), 139–156.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1998). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, inc.

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, M. L., Sari, M. I., & Hermawan, H. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Media Sosial, Kualitas Pelayanan, dan Word of Mouth Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Warung Kopi Cak Kebo. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(2), 107. https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i2.24805

Fajri, D., & Ma’ruf, J. J. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Dan Promosi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Pengalaman Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Pada Maskapai Penerbangan Airasia Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(3), 33–48.

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Madani Media.

Haryanti, N., & Baqi, D. A. (2019). STRATEGI SERVICE QUALITY SEBAGAI MEDIA DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN. Journal of Sharia Economics, 1(2), 101–128.

Hunger, D., & Wheelen, T. L. (2012). Strategic Management and Bussiness Policy: Toward Global Sustainability (13th Edition). New York: Pearson.

Julita, & Sari, S. (2015). Strategi Generik Porter Bagi UMKM dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) (Studi Kasus: Pada UMKM di Kabupaten Deli Serdang). SNEMA Fakultas Ekonomi Universitas Padang, 132-142.

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649

Kholiq Abdul. (2020). Strategi pengembangan Lembaga Pendidikan Islam yang Unggul. Alasma, 2(1), 23–42. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4053/1/INDRA JAYA.pdf

Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Prinsip-prinsip Marketing. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara.

Kurniawan, H., & Ariza, F. N. (2020). Sekolah Islam Terpadu: Perkembangan, Konsep, Dan Implementasi. Ittihad, IV(1), 81–88. https://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id

Malhotra, N. (2014). Basic Marketing Research. Pearson Education: England.

Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research. New Jersey: Pearson Education.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mukti, S. (2017). Pengaruh kualifikasi pendidikan dan pengembangan karir terhadap produkitifitas kerja guru. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 81–90.

Paula, A. I. (2019). Educational Marketing Strategies On The Market Of Higher Education Services. People: International Journal Of Social Sciences, 5(3), 334–344.

Perdana, N. S. (2019). Analisis Permintaan Dan Penawaran Lulusan Smk Dalam Pemenuhan Pasar Tenaga Kerja. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 172–781. https://doi.org/10.24176/re.v9i2.2948

Porter, M. E. (2001). Competitive Advantage. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Primayanti, A. I. (2015). Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Problematika Globalisasi. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 46–60. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1447

Putranto, A. T., Kumara, D., & Syahria, S. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Masakan Jepang En Dining. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 57–68.

Ramli, R. (2021). Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3(1), 147–163. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v3i1.155

Sackey, S. M., Bester, A., & Adams, D. (2017). Industry 4.0 Learning Factory Didactic Design Parameters for Industrial Engineering Education in South Africa. The South Africa Journal of Indestrial Engineering, 28(1), 114–124.

Schmitt, B. H. (1999). Experiential Marketing. The Fress Press: New York.

Wahyuni, N. Y. (2018). Pencitraan: Upaya Membangun Public Opinion Bagi Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 64–79. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i1.249

Yin, R. K. (2002). Case Study Research: Design and Methods. Sage Publication.

Published
2024-05-01
How to Cite
Panani, Z., Masrokan Mutohar, P., & Eko Suijianto, A. (2024). STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING YANG BERORIENTASI LINGKUNGAN DI ERA INDUSTRI 4.0. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1183 - 1198. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1235
Section
Articles