PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini antara lain untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap pemahaman konsep matematika siswa, (2) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh disposisi matematis terhadap pemahaman konsep matematika siswa, (3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara kecerdasan intrapersonal dan disposisi matematis terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sedayu, dengan pengambilan ukuran sampel menggunakan teknik random sampling, dimana peneliti hanya mengambil 2 kelas dari 5 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket kecerdasan intrapersonal, (2) angket disposisi matematis, (3) tes uraian pemahaman konsep. Dimana semua instrumen telah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara parsial antara kecerdasan intrapersonal terhadap pemahaman konsep matematika siswa, (2) terdapat pengaruh secara parsial antara disposisi matematis terhadap pemahaman konsep matematika siswa, dan (3) terdapat pengaruh secara simultan antara kecerdasan intrapersonal dan disposisi matematis terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Downloads
References
Adhiyati, U. P., Kumala, I., & Heryani, R. D. (2022). Tips Dan Trik Cara Mudah Belajar Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(1), 07-13. https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i1.956
Aldiyanti, D. P., & MZ, Z. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Pada Model Quantum Learning. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 5(2), 215-223. https://doi.org/10.37058/jarme.v5i2.6968
Amin, L., Fauzi, M., Mathori, M., Nasiruddin, N., Surur, M., & Rasyidi, A. H. (2024). Analisis Metode Penerapan Strategi Bercerita Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Pembelajaran. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 01-12. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.314
Annisa, W. N., Nurfitriyanti, M., & Masruroh, A. (2023). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.12659
Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3146
Campbell, L. et al. (2004). Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Intuisi Press.
Ekawati, A. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3). https://core.ac.uk/download/pdf/295416366.pdf
Fadila, R. N., & Ratna, M. (2023). Pemodelan Indeks Pembangunan Manusia dengan Metode Regresi Panel di Jawa Timur. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 12(1), 53–60. http://dx.doi.org/10.12962/j23373520.v12i1.100678
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546
Fikri, N. (2023). Disposisi matematis siswa berdasarkan gaya belajar kolb dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV kelas VIII MTs Unggulan Nuris Jember (Doctoral dissertation, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember). http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23950
Husna, Z. N., Idris, A., Elfina, E., Romla, S., Wahyuningsih, N. K., Surur, M., & Azizah, N. (2024). Hubungan Antara Penerapan Sistem Pembelajaran Moving Class Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 69-80. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.323
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25. Edisi Kesembilan. Semarang: Universitas Diponegoro.
Indriyani, M., Izzati, N., & Muchyidin, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematika Melalui Pembelajaran STAD. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 8(3), 87–94. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i2.2408
Jayanti, A., & Rasyid, H. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kreativitas Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).
Juliardi Sinaga, S., Fadhilaturrahmi, F., Ananda, R., & Ricky, Z. (2022). Model Pembelajaran Matematik Berbasis Discovery Learning dan Direct Instruction. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7236
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Permendikbud
Maitrianti, C. (2021). Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan kecerdasan emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291-305. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.8709
Mardiah, M., Fauzan, A., Fitria, Y., Syarifuddin, H., Farida, F., & Desyandri, D. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 513-521.
Masruro, A. A., Harjo, F. Y. D., Arifah, S. N., & Surur, M. (2024). Analisis Penerapan Problem Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Matematika. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 8(1), 26-33. https://doi.org/10.31537/ej.v8i1.1604
Matondang, S. H., & Sofiyah, K. (2023). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Disposisi Matematis Siswa MIS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 10-16. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11019
Mokosolang, C., Prang, J., & Mananohas, M. (2015). Analisis Heteroskedastisitas Pada Data Cross Section dengan White Heteroscedasticity Test dan Weighted Least Squares. d'CARTESIAN: Jurnal Matematika dan Aplikasi, 4(2), 172-179. https://doi.org/10.35799/dc.4.2.2015.9056
Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. AGORA, 7(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8734
Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan metode suksesif interval pada analsis regresi linier berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43- 53. https://doi.org/10.34312/jjom.v1i1.1742
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Puspitasari, Y., Surur, M., & Nadiyah, R. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DASAR PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 14(2), 154-160. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3948
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis faktor rendahnya minat belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio Fkip UNMA, 5(2), 68-74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14
Putry, N. A. C., Wardani, D. K., Jati, D. P. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening. JSEH (Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora), 6(1), 14-24. http://www.jseh.unram.ac.id/index.php/jseh/article/view/253
Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). Hubungan Pemahaman Konsep Aritmatika Sosial Dengan Hasil Belajar IPS Materi PPH. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 1-6. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i1:.1976
Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75-83. https://www.academia.edu/download/90673895/295416403.pdf
Rofiq, M. A., Irfan, A., Pratama, D., Surur, M., & Azizah, N. (2024). Analisis Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Aplikasi Konsep. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 35-43. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.320
Savitri, C. (2021). Statistik Multivariat Dalam Riset. Jawa Barat: Widina Bhakti Persada Bandung. https://repository.penerbitwidina.com/publications/351950/
Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2286-2297. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1476
Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1). http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010
Suciati, W. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Rasibook.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Suksma, C., Ramadhanti, A., Surur, M., & Yuliana, D. (2024). Analisis Tindak Perundungan Verbal Pada Proses Pembelajaran: Dampak Pada Motivasi dan Prestasi Belajar Siswi Kelas X Studi Kasus di Madrash Aliyah Negeri 2 Situbondo. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 103-115. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.318
Sumarmo, P. D. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Bandung.
Susilawati, W. (2015). Belajar dan pembelajaran matematika.
Utami, S. A., Damayanti, E., & Ismail, W. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi peserta didik. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 5(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.6138
Wijayanti, A., Safitri, P. T., & Raditya, A. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Limit ditinjau dari Gaya Belajar Interpersonal. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 157-173. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v2i2.714
Winarso, W. (2014). Membangun kemampuan berfikir matematika tingkat tinggi melalui pendekatan induktif, deduktif dan induktif-deduktif dalam pembelajaran matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2). http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v3i2.58
Copyright (c) 2024 Hanifatul Aini, Nanang Khuzaini, Sustianta Sustianta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.