PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA

  • Hanifatul Aini Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nanang Khuzaini Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Sustianta Sustianta
Keywords: Kecerdasan Intrapersonal, Disposisi Matematis, Pemahaman Konsep Matematika, Siswa SMA

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini antara lain untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap pemahaman konsep matematika siswa, (2) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh disposisi matematis terhadap pemahaman konsep matematika siswa, (3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara kecerdasan intrapersonal dan disposisi matematis terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sedayu, dengan pengambilan ukuran sampel menggunakan teknik random sampling, dimana peneliti hanya mengambil 2 kelas dari 5 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket kecerdasan intrapersonal, (2) angket disposisi matematis, (3) tes uraian pemahaman konsep. Dimana semua instrumen telah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara parsial antara kecerdasan intrapersonal terhadap pemahaman konsep matematika siswa, (2) terdapat pengaruh secara parsial antara disposisi matematis terhadap pemahaman konsep matematika siswa, dan (3) terdapat pengaruh secara simultan antara kecerdasan intrapersonal dan disposisi matematis terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhiyati, U. P., Kumala, I., & Heryani, R. D. (2022). Tips Dan Trik Cara Mudah Belajar Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(1), 07-13. https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i1.956

Aldiyanti, D. P., & MZ, Z. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Pada Model Quantum Learning. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 5(2), 215-223. https://doi.org/10.37058/jarme.v5i2.6968

Amin, L., Fauzi, M., Mathori, M., Nasiruddin, N., Surur, M., & Rasyidi, A. H. (2024). Analisis Metode Penerapan Strategi Bercerita Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Pembelajaran. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 01-12. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.314

Annisa, W. N., Nurfitriyanti, M., & Masruroh, A. (2023). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.12659

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3146

Campbell, L. et al. (2004). Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Intuisi Press.

Ekawati, A. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3). https://core.ac.uk/download/pdf/295416366.pdf

Fadila, R. N., & Ratna, M. (2023). Pemodelan Indeks Pembangunan Manusia dengan Metode Regresi Panel di Jawa Timur. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 12(1), 53–60. http://dx.doi.org/10.12962/j23373520.v12i1.100678

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546

Fikri, N. (2023). Disposisi matematis siswa berdasarkan gaya belajar kolb dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV kelas VIII MTs Unggulan Nuris Jember (Doctoral dissertation, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember). http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23950

Husna, Z. N., Idris, A., Elfina, E., Romla, S., Wahyuningsih, N. K., Surur, M., & Azizah, N. (2024). Hubungan Antara Penerapan Sistem Pembelajaran Moving Class Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 69-80. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.323

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25. Edisi Kesembilan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Indriyani, M., Izzati, N., & Muchyidin, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematika Melalui Pembelajaran STAD. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 8(3), 87–94. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i2.2408

Jayanti, A., & Rasyid, H. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kreativitas Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).

Juliardi Sinaga, S., Fadhilaturrahmi, F., Ananda, R., & Ricky, Z. (2022). Model Pembelajaran Matematik Berbasis Discovery Learning dan Direct Instruction. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7236

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Permendikbud

Maitrianti, C. (2021). Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan kecerdasan emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291-305. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.8709

Mardiah, M., Fauzan, A., Fitria, Y., Syarifuddin, H., Farida, F., & Desyandri, D. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 513-521.

Masruro, A. A., Harjo, F. Y. D., Arifah, S. N., & Surur, M. (2024). Analisis Penerapan Problem Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Matematika. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 8(1), 26-33. https://doi.org/10.31537/ej.v8i1.1604

Matondang, S. H., & Sofiyah, K. (2023). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Disposisi Matematis Siswa MIS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 10-16. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11019

Mokosolang, C., Prang, J., & Mananohas, M. (2015). Analisis Heteroskedastisitas Pada Data Cross Section dengan White Heteroscedasticity Test dan Weighted Least Squares. d'CARTESIAN: Jurnal Matematika dan Aplikasi, 4(2), 172-179. https://doi.org/10.35799/dc.4.2.2015.9056

Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. AGORA, 7(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8734

Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan metode suksesif interval pada analsis regresi linier berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43- 53. https://doi.org/10.34312/jjom.v1i1.1742

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Puspitasari, Y., Surur, M., & Nadiyah, R. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DASAR PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 14(2), 154-160. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3948

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis faktor rendahnya minat belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio Fkip UNMA, 5(2), 68-74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Putry, N. A. C., Wardani, D. K., Jati, D. P. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening. JSEH (Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora), 6(1), 14-24. http://www.jseh.unram.ac.id/index.php/jseh/article/view/253

Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). Hubungan Pemahaman Konsep Aritmatika Sosial Dengan Hasil Belajar IPS Materi PPH. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 1-6. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i1:.1976

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75-83. https://www.academia.edu/download/90673895/295416403.pdf

Rofiq, M. A., Irfan, A., Pratama, D., Surur, M., & Azizah, N. (2024). Analisis Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Aplikasi Konsep. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 35-43. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.320

Savitri, C. (2021). Statistik Multivariat Dalam Riset. Jawa Barat: Widina Bhakti Persada Bandung. https://repository.penerbitwidina.com/publications/351950/

Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2286-2297. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1476

Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1). http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010

Suciati, W. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Rasibook.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Suksma, C., Ramadhanti, A., Surur, M., & Yuliana, D. (2024). Analisis Tindak Perundungan Verbal Pada Proses Pembelajaran: Dampak Pada Motivasi dan Prestasi Belajar Siswi Kelas X Studi Kasus di Madrash Aliyah Negeri 2 Situbondo. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 103-115. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.318

Sumarmo, P. D. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Bandung.

Susilawati, W. (2015). Belajar dan pembelajaran matematika.

Utami, S. A., Damayanti, E., & Ismail, W. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi peserta didik. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 5(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.6138

Wijayanti, A., Safitri, P. T., & Raditya, A. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Limit ditinjau dari Gaya Belajar Interpersonal. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 157-173. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v2i2.714

Winarso, W. (2014). Membangun kemampuan berfikir matematika tingkat tinggi melalui pendekatan induktif, deduktif dan induktif-deduktif dalam pembelajaran matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2). http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v3i2.58

Published
2024-05-01
How to Cite
Aini, H., Khuzaini, N., & Sustianta, S. (2024). PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1199 -. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1232
Section
Articles