PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA

  • Muhamad Ramdan Gumilar Universitas Halim Sanusi http://orcid.org/0000-0002-1912-9109
  • Lysda Reviyanti Universitas Halim Sanusi
  • Muhammad Akbar Universitas Pasundan
Keywords: Literasi Digital, Profil Pelajar Pancasila, Siswa.

Abstract

Kurikulum pendidikan Indonesia yang digunakan di era industry 4.0 ini adalah kurikulum merdeka yang didalammnya terdapat pendidikan karakter penguatan profil pelajar pancasila. Profil pelajar pancasila memiliki enam ciri utama, yaitu, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri bergotong royong, bernalar kritis dan kreatif.. Literasi digital menekankan kepada pentingnya pemahaman dan kemampuan dalam penggunaan teknologi digital secara bijak terutama di era revolusi industri 4.0 dimana pada saat ini terjadi transformasi yang memberikan dampak kepada kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara literasi digital terhadap penguatan profil pelajar Pancasila siswa pada dimensi bernalar kritis dan menganalisis signifikansi antara keterampilan literasi digital  dengan penguatan profil pelajar pancasila siswa. Penelitian ini dilakukan kepada siswa SD kelas 4 yang berjumlah 25 siswa di Sekolah Dasar Negeri Sukapura 01 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal asosiatif. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kemampuan literasi digital terhadap penguatan profil pelajar pancasila siswa pada dimensi bernalar kritis. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R Square) besaran pengaruh literasi digital terhadap penguatanprofil pelajar pancasila yang terhitung adalah sebesar 18.3 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BSKAP Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.

Intania, B.Y., Raharjo, T.J., & Yulainto, A. (2023). “Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SD Negeri Pesantren”. Cetta: Jurnal ilmu Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2523

Jayantika, I.G.A.T., & Namur, G. (2022). “Peran Teknologi Pembelajaran dalam meningkatkan Literasi Digital Matematika”. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2). https://doi.org/ 10.5281/zenodo.7033331

Khasanah, V., & Muthali'in, A. (2023). Penguatan Dimensi Bernalar Kritis Melalui Kegiatan Proyek Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11 (2), 172-180. doi: https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7100

Kurnia, N., Astuti, SI, Kusumastuti, F., Monggilo, ZMZ, Prananingrum, EN, & Adikara, GJ (2021). Seri Modul Literasi Digital Kominfo-Japelidi-Siberkreasi. Kominfo, 20.

Lubaba, M.N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil pelajar pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sain dan Teknologi, 9(3). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Nudin, B. (2020). “Islamic Education in Early Childhood: Cooperation between Parents and School To Build Character in Disruption Era”. Millah: Jurnala Studi Agama, 20(1), 1–32. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art1

Nufarinda, Kurnia. (2022). Pengaruh Kemampuan Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel Kelas XI IPA SMAN 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Sains, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, (2022).

Nugraha, T.S. 2022. “Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran” .Inovasi Kurikulum. 19(2): 251-262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301.

Palupi, M.T. 2020. “Hoax : Memanfaatkanya sebagai Bahan Edukasi di era Literasi Digital dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda.” Jurnal Skripta. 6(1): 1-12. https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.645.

Robiasih, H., Setiawan, A., Dardjito, H. (2021). “Character education strengthening model during learning from home: Ki Hajar Dewantara’s scaffolding concept”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 25(1):25-34. https://doi.org/10.21831/pep.v25i1.36385

Rosalina, M.D., Iman, P.D., & Anggraini V.R.,. (2023). “Pengaruh Kemampuan Literasi Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas VI. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.36765/jartika.v6i1.536

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). “Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa”. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2). https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sugiarto dan Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Jurnal on Education. 6 (3). https://doi.org/: 580-597. 10.37329/cetta.v6i3.2603

Yunita. 2023. “Telaah Kompetensi guru di era digital dalam membangun Warga Negara yang Baik” .Asanka: Journal of Social Science and Education. 04(1). https://doi.org/0.21154/asanka.v4i1.5958

Published
2024-06-08
How to Cite
Gumilar, M., Reviyanti, L., & Akbar, M. (2024). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1542 - 1558. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1230
Section
Articles