PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA
Abstract
Kurikulum pendidikan Indonesia yang digunakan di era industry 4.0 ini adalah kurikulum merdeka yang didalammnya terdapat pendidikan karakter penguatan profil pelajar pancasila. Profil pelajar pancasila memiliki enam ciri utama, yaitu, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri bergotong royong, bernalar kritis dan kreatif.. Literasi digital menekankan kepada pentingnya pemahaman dan kemampuan dalam penggunaan teknologi digital secara bijak terutama di era revolusi industri 4.0 dimana pada saat ini terjadi transformasi yang memberikan dampak kepada kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara literasi digital terhadap penguatan profil pelajar Pancasila siswa pada dimensi bernalar kritis dan menganalisis signifikansi antara keterampilan literasi digital dengan penguatan profil pelajar pancasila siswa. Penelitian ini dilakukan kepada siswa SD kelas 4 yang berjumlah 25 siswa di Sekolah Dasar Negeri Sukapura 01 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal asosiatif. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kemampuan literasi digital terhadap penguatan profil pelajar pancasila siswa pada dimensi bernalar kritis. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R Square) besaran pengaruh literasi digital terhadap penguatanprofil pelajar pancasila yang terhitung adalah sebesar 18.3 %.
Downloads
References
BSKAP Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.
Intania, B.Y., Raharjo, T.J., & Yulainto, A. (2023). “Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SD Negeri Pesantren”. Cetta: Jurnal ilmu Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2523
Jayantika, I.G.A.T., & Namur, G. (2022). “Peran Teknologi Pembelajaran dalam meningkatkan Literasi Digital Matematika”. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2). https://doi.org/ 10.5281/zenodo.7033331
Khasanah, V., & Muthali'in, A. (2023). Penguatan Dimensi Bernalar Kritis Melalui Kegiatan Proyek Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11 (2), 172-180. doi: https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7100
Kurnia, N., Astuti, SI, Kusumastuti, F., Monggilo, ZMZ, Prananingrum, EN, & Adikara, GJ (2021). Seri Modul Literasi Digital Kominfo-Japelidi-Siberkreasi. Kominfo, 20.
Lubaba, M.N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil pelajar pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sain dan Teknologi, 9(3). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576
Nudin, B. (2020). “Islamic Education in Early Childhood: Cooperation between Parents and School To Build Character in Disruption Era”. Millah: Jurnala Studi Agama, 20(1), 1–32. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art1
Nufarinda, Kurnia. (2022). Pengaruh Kemampuan Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel Kelas XI IPA SMAN 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Sains, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, (2022).
Nugraha, T.S. 2022. “Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran” .Inovasi Kurikulum. 19(2): 251-262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301.
Palupi, M.T. 2020. “Hoax : Memanfaatkanya sebagai Bahan Edukasi di era Literasi Digital dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda.” Jurnal Skripta. 6(1): 1-12. https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.645.
Robiasih, H., Setiawan, A., Dardjito, H. (2021). “Character education strengthening model during learning from home: Ki Hajar Dewantara’s scaffolding concept”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 25(1):25-34. https://doi.org/10.21831/pep.v25i1.36385
Rosalina, M.D., Iman, P.D., & Anggraini V.R.,. (2023). “Pengaruh Kemampuan Literasi Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas VI. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.36765/jartika.v6i1.536
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). “Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa”. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2). https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Sugiarto dan Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Jurnal on Education. 6 (3). https://doi.org/: 580-597. 10.37329/cetta.v6i3.2603
Yunita. 2023. “Telaah Kompetensi guru di era digital dalam membangun Warga Negara yang Baik” .Asanka: Journal of Social Science and Education. 04(1). https://doi.org/0.21154/asanka.v4i1.5958
Copyright (c) 2024 Muhamad Ramdan Gumilar, Lysda Reviyanti, Muhammad Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.