IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS (PROJECT BASED LEARNING – PJbL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH ILMU ASHWAT DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FKIP UNIVERSITAS JAMBI

  • Neldi Harianto Universitas Jambi
  • Mar'atun Sholiha
  • Khairisti Iis Handayani
Keywords: Ilmu Ashwat, PJbl

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami materi tentang Ilmu Ashwat dan menulis artikel ilmiah, dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PJbL) adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kulaitatif dan hasil yang ditemukan dalam penelitian implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PJbL) dalam mata kuliah Ilmu Ashwat menunjukkan hasil yang baik ini didapatkan dari hasil nilai rata-rata mahasiswa. Pada pre test 72,71 dan hasil pos tes 1 71 dan hasil pos test 2 80. Dan kecenderungan hasil belajar meningkat, dan dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PJbL) berhasil dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Ashwat Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M., Sanusi, A., Maulani, H., Saleh, N., Khalid, S. M., Supriadi, R., & Al Farisi, M. Z. (2023). Investigating the Arabic/f/Pronunciation: A Comparative Analysis of Acoustic Phonetics. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 11(2), 181-196. https://doi.org/10.23971/altarib.v11i2.7234

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392, Issue 2). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3), 215824402093870. https://doi.org/10.1177/2158244020938702

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: CV Yrama Widya.

Ahmad Abdullah Basyir, (1971). Mudzakarotu Ta’lim al-Kalam (al-Muhadatsah), Saudi Arabiyah Li- Daurat at-Tadribiyat al-Maksyafah

Daryanto dan Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava

Hadiyanto, Wulandari, S., Wilyanti, L. S., Supian, Afria, R., & Nazarudin. (2021). The Effective Use of Full Online Learning to Replace Classroom Learning During the Covid-19 Pandemic. International Journal of Current Research and Review, 23–32. https://doi.org/10.31782/IJCRR.2021.SP205

Isriani & Puspitasari, D. (2015). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep & Implementasi. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group

Jauhar, Nasruddin Idris. (2015). Fonologi Bahasa Arab untuk Penutur Indonesia. Sidoarjo: CV Lisan Arabi

Kemendikbud. (2013). Permedikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemdikbud.

Kristanti, Y., Subiki, S., & Handayani, R. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pempelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122–128. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3958

Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661

Matsna, Moh & Mahyudin, Erta. (2014). Pengembangan Evaluasi dan Tes Bahasa Arab.Tangerang: Alkitabah

Media. Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain PembelajaranYang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group

Mu’in, Abdul. (2004). Analisi Kontrastif, Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Tela’ah Terhadap Fonetik dan Morfologi), Jakarta: Pustaka Al Husna Baru.

Mulyasa, E. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muslich, Masnur, (2008). Fonologi Bahasa Indonesia, Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara

O’Brien. R. (2001). An overview of the Methodological Approach of Action Research. Toronto: Faculty of Information Studies.

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301: Jakarta.

Nasution, Ahmad Sayuti, (2006). Bunyi Bahasa. Ciputat: UIN Jakarta Press

Sari, I. K. (2018). The effect of problem-based learning and project-based learning on the achievement motivation. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 129–135. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i2.17956

Saefudin, A & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Roskadarya

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Tindakan (Action Research). Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP, 1(2015), 1–120. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/prosidingpgsd/article/view/4846

Susilawati, A., Hernani, H., & Sinaga, P. (2017). The Application of Project-Based Learning Using Mind Maps to Improve Students’ Environmental Attitudes towards Waste Management in Junior High Schools. International Journal of Education, 9(2), 120–125. https://doi.org/10.17509/ije.v9i2.5466

Universitas Jambi, (2020). Rencana Strategis universitas Jambi 2020-2024. Jambi: Universitas Jambi

Yamin, Y., Permanasari, A., Redjeki, S., & Sopandi, W. (2020). Project Based Learning to Enhance Creative Thinking Skills of the Non-Science Students. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies), 4(2), 107–111. https://doi.org/10.33751/jhss.v4i2.2450

Yustina, Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The effects of blended learning and project-based learning on pre-service biology teachers’ creative thinking skills through online learning in the COVID-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408–420. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706

Published
2024-10-31
How to Cite
Harianto, N., Sholiha, M., & Handayani, K. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS (PROJECT BASED LEARNING – PJbL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH ILMU ASHWAT DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FKIP UNIVERSITAS JAMBI. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 122 - 136. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1219
Section
Articles