PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM

  • Mahesa Al-Faid Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia
  • Lismawati Lismawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Agama Islam, Solusi, Tantangan, Teknologi Informasi.

Abstract

Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran agama Islam di era digital menjadi isu yang menarik perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran teknologi informasi dalam pembelajaran agama Islam, membahas keuntungan dan tantangan penggunaannya, serta memberikan solusi untuk mengatasi dampak negatif yang ditimbulkan. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan di SMA Negeri 43 Jakarta. Populasi penelitian adalah siswa yang menggunakan aplikasi atau platform teknologi informasi dalam pembelajaran agama Islam. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu siswa-siswa yang aktif menggunakan teknologi informasi dalam pembelajaran agama Islam di sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan diolah dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian dan menemukan temuan-temuan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran agama Islam memberikan keuntungan dalam mengembangkan kreativitas dan membuka akses terhadap sumber belajar. Namun, tantangan yang dihadapi adalah adanya perhatian yang teralihkan dan kurangnya interaksi dalam pembelajaran. Solusi untuk mengatasi dampak negatif adalah dengan mengoptimalkan peran guru dalam mengintegrasikan teknologi informasi dan memperkuat pola pembelajaran interaktif. Implikasi hasil penelitian ini adalah adanya dukungan bagi pengembangan teknologi informasi dalam pembelajaran agama Islam dan membangun kesadaran dalam menghadapi tantangan penggunaan teknologi informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lismawati Lismawati, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

References

Abdinoor, N. M., & Burhan Ibrahim, M. (2019). Evaluating Self Concept, Career Decision Making, Self Efficacy, and Parental Support As Predictors Career Maturity of Senior Secondary Students From Low Income Environtment. European Journal of Education Studies, 6(7), 480–490. www.oapub.org/edu

Abdullah, I. (2020). Psychological Trauma : Theory , Research , Practice , and Policy COVID-19 : Threat and Fear in Indonesia. American Psychological Association. https://doi.apa.org/fulltext/2020-41738-001.pdf

Abdullah, M. N. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai platform untuk pembelajaran Islam: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 139–148.

Ali, Z. (2022). Metode Penelitian Hukum, Jakarta. In Sinar Grafika (Issue August).

Arikunto, S. (2018). Evaluasi program pembelajaran: Pedoman teoretis praktis bagi pengembangan standar proses. Rineka Cipta, Jakarta.

Asyhari, A. (2020). Peran Teknologi Informasi Dalam Kepolisian. Jurnal Studi Dan Kebudayaan Islam, 10(1), 1–10.

Hasan, S., Shamsuddin, N., & Yen, N. Y. (2020). Efek integrasi teknologi informasi dan komunikasi pada motivasi siswa dalam mempelajari Pendidikan Islam: Studi kasus di Malaysia. Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Islam, 2(2), 1–12.

Hassan, R. H. (2021). Investigasi dampak pandemi COVID-19 pada kualitas e-learning di institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dalam Masyarakat Muslim, 3(1), 1–15.

Hidayah, N. (2020). Tafsir musibah: Esai agama, lingkungan, sosial dan politik. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/54013/2/Hasil Uji Turnitin.pdf

Husnah, A. (2018). Analisis Berpikir Pseudo Siswa dalam Memecahkan Masalah Perbandingan Dibedakan Berdasarkan Kemampuan Matematika. 166.

Kusumawati, R., & Susilaningsih, E. (2018). Implementasi Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Agama Islam: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Al- Ghozali Semarang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 101–120.

Misbah, N., & Wahyudi, R. B. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA di Jakarta. Jurnal Pendidikan Sains, Teknologi, Dan Humaniora, 2(1), 58–66.

Mulyana, A., Munawaroh, M., Suryatna, Y., Surur, M., & Syafruddin, S. (2022). Non-Muslim Students' Perceptions of Islamic Religious Education Learning in class X at YPI Tunas Bangsa High School Palembang. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01). https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2862

Nurhosen, N., Sayyinul, S., Iskandar, R., Balqis, M., & Surur, M. (2024). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 81-96. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.324

Nursalam. (2018). Pemanfaatan Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif: Review Literatur. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 5(1), 62–67.

Raharto, A. (2019). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Efisiensi Bisnis Logistik. European Journal of Education Studies, 6(1), 78–85.

Rahayu, R., & Suryani, A. (2019). Analisis deskriptif kualitatif tentang tren literasi digital pada mahasiswa di Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2), 124–134.

Rahman, A. A., Zakaria, F., & Razak, A. A. (2021). Dampak teknologi pada pendidikan agama Islam: Studi kasus di Malaysia. Jurnal Internasional Pendidikan Agama Dan Penelitian, 3(1), 1–13.

Sudarmawan, A., & Santoso, A. B. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Berlebihan Teknologi Informasi pada Kesehatan Fisik dan Mental. Jurnal Pendidikan Kesehatan Dan Promosi Kesehatan, 5(2), 40–45.

Surur, M., & Puspitasari, Y. (2022). ANALISIS PEMANFAATAN SCHOOLOGY DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER 6 STKIP PGRI SITUBONDO. Consilium: Education and Counseling Journal, 2(2), 224-239. https://doi.org/10.36841/consilium.v2i2.2187

Suparto, A. A., Seituni, S., & Surur, M. (2022, January). PELATIHAN MEMANFAATKAN GADGET SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI SMP NURUL HUDA KECAMATAN KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO. In Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021.

Vestia, E., Yahya, M., Febriyanti, F., Udin, T., & Surur, M. (2022). Context Input Process Product Evaluation of IMTAQ Program Development for Class VII Students of SMPN 23 Palembang. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01). https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.3028

Yusoff, M. F., Yahaya, N., & Ismail, N. K. (2020). Hubungan antara penggunaan pembelajaran bergerak dan prestasi siswa dalam Pendidikan Islam. Jurnal Internasional Pendidikan, Psikologi Dan Konseling, 5(13), 108–138.

Yusuf, M. (2017). Strategi pembelajaran agama Islam dengan teknologi informasi. Jurnal Al-Tahrir, 17(2), 183–194.

Published
2024-05-03
How to Cite
Al-Faid, M., & Lismawati, L. (2024). PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1222 -. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1215
Section
Articles