PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM
Abstract
Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran agama Islam di era digital menjadi isu yang menarik perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran teknologi informasi dalam pembelajaran agama Islam, membahas keuntungan dan tantangan penggunaannya, serta memberikan solusi untuk mengatasi dampak negatif yang ditimbulkan. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan di SMA Negeri 43 Jakarta. Populasi penelitian adalah siswa yang menggunakan aplikasi atau platform teknologi informasi dalam pembelajaran agama Islam. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu siswa-siswa yang aktif menggunakan teknologi informasi dalam pembelajaran agama Islam di sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan diolah dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian dan menemukan temuan-temuan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran agama Islam memberikan keuntungan dalam mengembangkan kreativitas dan membuka akses terhadap sumber belajar. Namun, tantangan yang dihadapi adalah adanya perhatian yang teralihkan dan kurangnya interaksi dalam pembelajaran. Solusi untuk mengatasi dampak negatif adalah dengan mengoptimalkan peran guru dalam mengintegrasikan teknologi informasi dan memperkuat pola pembelajaran interaktif. Implikasi hasil penelitian ini adalah adanya dukungan bagi pengembangan teknologi informasi dalam pembelajaran agama Islam dan membangun kesadaran dalam menghadapi tantangan penggunaan teknologi informasi.
Downloads
References
Abdinoor, N. M., & Burhan Ibrahim, M. (2019). Evaluating Self Concept, Career Decision Making, Self Efficacy, and Parental Support As Predictors Career Maturity of Senior Secondary Students From Low Income Environtment. European Journal of Education Studies, 6(7), 480–490. www.oapub.org/edu
Abdullah, I. (2020). Psychological Trauma : Theory , Research , Practice , and Policy COVID-19 : Threat and Fear in Indonesia. American Psychological Association. https://doi.apa.org/fulltext/2020-41738-001.pdf
Abdullah, M. N. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai platform untuk pembelajaran Islam: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 139–148.
Ali, Z. (2022). Metode Penelitian Hukum, Jakarta. In Sinar Grafika (Issue August).
Arikunto, S. (2018). Evaluasi program pembelajaran: Pedoman teoretis praktis bagi pengembangan standar proses. Rineka Cipta, Jakarta.
Asyhari, A. (2020). Peran Teknologi Informasi Dalam Kepolisian. Jurnal Studi Dan Kebudayaan Islam, 10(1), 1–10.
Hasan, S., Shamsuddin, N., & Yen, N. Y. (2020). Efek integrasi teknologi informasi dan komunikasi pada motivasi siswa dalam mempelajari Pendidikan Islam: Studi kasus di Malaysia. Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Islam, 2(2), 1–12.
Hassan, R. H. (2021). Investigasi dampak pandemi COVID-19 pada kualitas e-learning di institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dalam Masyarakat Muslim, 3(1), 1–15.
Hidayah, N. (2020). Tafsir musibah: Esai agama, lingkungan, sosial dan politik. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/54013/2/Hasil Uji Turnitin.pdf
Husnah, A. (2018). Analisis Berpikir Pseudo Siswa dalam Memecahkan Masalah Perbandingan Dibedakan Berdasarkan Kemampuan Matematika. 166.
Kusumawati, R., & Susilaningsih, E. (2018). Implementasi Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Agama Islam: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Al- Ghozali Semarang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 101–120.
Misbah, N., & Wahyudi, R. B. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA di Jakarta. Jurnal Pendidikan Sains, Teknologi, Dan Humaniora, 2(1), 58–66.
Mulyana, A., Munawaroh, M., Suryatna, Y., Surur, M., & Syafruddin, S. (2022). Non-Muslim Students' Perceptions of Islamic Religious Education Learning in class X at YPI Tunas Bangsa High School Palembang. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01). https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2862
Nurhosen, N., Sayyinul, S., Iskandar, R., Balqis, M., & Surur, M. (2024). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 81-96. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.324
Nursalam. (2018). Pemanfaatan Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif: Review Literatur. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 5(1), 62–67.
Raharto, A. (2019). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Efisiensi Bisnis Logistik. European Journal of Education Studies, 6(1), 78–85.
Rahayu, R., & Suryani, A. (2019). Analisis deskriptif kualitatif tentang tren literasi digital pada mahasiswa di Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2), 124–134.
Rahman, A. A., Zakaria, F., & Razak, A. A. (2021). Dampak teknologi pada pendidikan agama Islam: Studi kasus di Malaysia. Jurnal Internasional Pendidikan Agama Dan Penelitian, 3(1), 1–13.
Sudarmawan, A., & Santoso, A. B. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Berlebihan Teknologi Informasi pada Kesehatan Fisik dan Mental. Jurnal Pendidikan Kesehatan Dan Promosi Kesehatan, 5(2), 40–45.
Surur, M., & Puspitasari, Y. (2022). ANALISIS PEMANFAATAN SCHOOLOGY DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER 6 STKIP PGRI SITUBONDO. Consilium: Education and Counseling Journal, 2(2), 224-239. https://doi.org/10.36841/consilium.v2i2.2187
Suparto, A. A., Seituni, S., & Surur, M. (2022, January). PELATIHAN MEMANFAATKAN GADGET SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI SMP NURUL HUDA KECAMATAN KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO. In Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021.
Vestia, E., Yahya, M., Febriyanti, F., Udin, T., & Surur, M. (2022). Context Input Process Product Evaluation of IMTAQ Program Development for Class VII Students of SMPN 23 Palembang. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01). https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.3028
Yusoff, M. F., Yahaya, N., & Ismail, N. K. (2020). Hubungan antara penggunaan pembelajaran bergerak dan prestasi siswa dalam Pendidikan Islam. Jurnal Internasional Pendidikan, Psikologi Dan Konseling, 5(13), 108–138.
Yusuf, M. (2017). Strategi pembelajaran agama Islam dengan teknologi informasi. Jurnal Al-Tahrir, 17(2), 183–194.
Copyright (c) 2024 Mahesa Al-Faid, Lismawati Lismawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.