ANALISIS PRESTASI BELAJAR SISWA SEBAGAI DAMPAK PENGARUH KEPEMIMPINAN, PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada SMPN 10 Mandau Kabupaten Bengkalis dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang terjadi antara kepemimpinan kepala sekolah, partisipasi komite sekolah dan kompetensi guru terhadap kinerja guru serta dampaknya pada prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 57 orang guru dan sampel ditentukan menggunakan teknik sensus jenuh sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 57 orang responden. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan memanfaatkan softwere SmartPLS versi 3.0. Hasil dalam penelitian menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru, partisipasi komite sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru, kompetensi guru berpengaruh terhadap kinerja guru, kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, partisipasi komite sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, kompetensi guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, kinerja guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa melalui kinerja guru, partisipasi komite sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa melalui kinerja guru, kompetensi guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa melalui kinerja guru
Downloads
References
Afidah Mukhtar, MD Luqman. 2020. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa di Kota Makassar.Idaarah 4 (1), 1-15
Endah Listyasari. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri se-Kota Tasikmalaya. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana 1 (1), 9-16
Haryaka, 2015, Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Terhadap Kinerja Guru Pada SMAN 1 Batanghari. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 9, Nomor 2, ISSN: 8812-8999
Holilah, H., Arafat, Y., & Rosani, M. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komite Sekolah terhadap Mutu Pendidikan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9547–9556.
I Made Anom, Arya Pering. 2020. Kajian Analisis Jalur Dengan Structural Equation Modeling (Sem) Smart-Pls 3.0. Jurnal Ilmiah Satyagraha
Imansyah.M. et.al. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (jurnal manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan) 5 (2), 135-143
Indriansyah, A. (2022). Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja Guru dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Kota Palembang. Jurnal Manajemen, 10(1), 1-20.
Kerlinger dan Howard. 2020. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program Olahan Data. Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Kosim, M. (2017). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru untuk mewujudkan mutu pembelajaran. Khazanah Akademia, 1(01), 30–38.
La Siteni. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerjamengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) 6 (2)
Naomi Asahani Sinaga. 2018. Pengaruh Kerjasama Kepala Sekolah Dengan Komite Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Ira Medan. Umn AlWashliyah 125 Pendek
Ningsih, K. D., Harapan, E., & Destiniar, D. (2021). Pengaruh komite sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 1–14.
Norawati, S., Hermanto, B., Basem, Z., & Supardi, S. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru Serta Dampaknya Pada Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 5(3), 257–268.
Oktavianus Deke. 2020. Pengaruh Kinerja Guru Biologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Kabupaten Sumba Barat Daya. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika 4 (1), 62-67
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya. 10 November 2009. Jakarta.
Retno Palupi. 2014. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 2 (2)
Rosmawati. 2021. Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 2020, Pages 200-205
Saro, Duma. Mesta, Limbong dan Lisa Gracia Kailola. 2021. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Bittuang-Tana Toraja. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(1). ISSN: 2614-3097
Sewang, Anwar. 2015. Manajemen Pendidikan. Cetakan Pertama. Penerbit Wineka Media Belajar Sepanjang Hayat. Malang Sewang, Anwar. 2015. Manajemen Pendidikan. Cetakan Pertama. Penerbit Wineka Media Belajar Sepanjang Hayat. Malang
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Copyright (c) 2024 Sutaryono Sutaryono, Rahmawati Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.