DAMPAK MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AKIBAT KETERLAMBATAN BELAJAR ERA RECOVERY LEARNING SISWA KELAS II SD DI BLORA

  • Rahmat Dwi Kurniyawan Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sukasih Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Keterampilan Membaca, Media Audio Visual, Recovery Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca siswa kelas II sekolah dasar di Blora serta kurangnya penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini berkaitan dengan penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran di era recovery learning. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audio visual dan kemampuan membaca pada proses pembelajaran di era recovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian ex-post facto. Data yang dibutuhkan diperoleh menggunakan instrument penelitian berupa angket. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Plumbon dan kelas II SDN Punggursugih. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan media audio visual dan kemampuan membaca terhadap pelaksanaan proses pembelajaran di era recovery learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, N. F., & Mulyani, P. K. (2023). Development Of Interactive Learning Media A rticulate Storyline Of Indonesian Language Learning In Fourth Grade. 8(2), 274–281.

Adi, B. S., Riyanto, S., & Murti, R. C. (2023). Digital Literacy : Perceptions of Primary School Teacher Education Students. 7(1), 27–34.

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3298

Amir, A. (2023). A NALYSIS OF T HE I NFLUENCE OF R EADING S PEED AND R EADING R EFERENCE ON R EADING C OMPREHENSION S KILLS W ITH R EADING S TRATEGY AS M EDIATION V ARIABLES FOR S TUDENTS AT S TATE. 8(1), 113–119.

Arifin, M. C., Damariswara, R., & Imron, I. F. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Sparkol Videoscribe Berbasis Scientific Approach Pada Materi Dongeng Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas Ii Sdn Lirboyo 1 Tahun Ajaran 2021/2022. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 242–258. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.604

Asrul, N., Daulay, I., & Amaniarsih, D. (2020). The effect of audio visual media on students’ reading comprehension. Journal of English Pedagogy, Linguistics, Literature, and Teaching, 8(01), 1–13. https://jurnal.unsur.ac.id/jeopallt

Dewi, N. S., Hartiwi, J., Yani, N. A., & Sutiwi, S. (2023). The Implementation Of Linguistic Intelligence In Teaching Speaking Through Audio-Visual. Journal on Education, 5(4), 11106–11115. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2035

Fauziah, Z., & Minarti, S. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Mitigating Learning Loss and Accelerating Learning Recovery through New Learning Strategies in TEFL. 5(5), 2047–2052.

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. 9(1), 1–8.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. 3(5), 3296–3307.

Ismayanti, G. V., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Tania, A. (2023). Learning Survey During the Covid-19 Pandemic and Application Media Implications for Elementary School Teachers. 7(3), 481–488.

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303

Mufidah, I., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Development of Learning Media for Video Audio-Visual Stop Motion Based on Contextual Teaching and Learning in Science Learning Water Cycle Material. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 449. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.27357

Penelitian, J. H., Kepustakaan, K., & Pendidikan, B. (2023). Jurnal Kependidikan: 9(2), 719–728.

Puspita, A., & Sari, I. (2023). Analysis Of Language Errors On The Thematic S Emester Final Examination Problems 1 And 2 Elementary School Level. March, 64–70.

Putra, L. D., & S, T. S. (2023). Interactive Learning Multimedia in Supporting Personalized Learning Grade V Primary School. 7(3), 516–525.

Rejeki, N. (2022). Analisis Learning Loss dan Strategi Recovery Pasca Pembelajaran Jarak Jauh. 2(3), 407–422.

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221

Sappaile, B. I., & Makassar, U. N. (2020). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. January.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917.

Student, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S. N. A., PREISER, W. F. E., OSTROFF, E., Choudhary, R., Bit-cell, M., In, S. S., Fullfillment, P., … Fellowship, W. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan Pembelajaran Daring Di Indonesia Pendahuluan Pembelajaran daring adalah proses pembelajaran yang dilakukan. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 94–95.

Vebrianto Susilo, S. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 113. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2100

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Yarrow, N., Masood, E., Afkar, R., Afkar, R., & Yarrow, N. (2020). Estimates of COVID-19 Impacts on Learning and Earning in Indonesia. Estimates of COVID-19 Impacts on Learning and Earning in Indonesia, August. https://doi.org/10.1596/34378

Yuanta, F. (2017). Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 59–70. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.36

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Zainudin, M., & Fatah, D. A. (2023). Literacy And Numeracy Research Trends For Elementary School Student : A Systematic Literature Review. 8(2), 164–171.

Published
2024-02-21
How to Cite
Kurniyawan, R., & Sukasih, S. (2024). DAMPAK MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AKIBAT KETERLAMBATAN BELAJAR ERA RECOVERY LEARNING SISWA KELAS II SD DI BLORA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1024 - 1038. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1201
Section
Articles