UPAYA MEMAJUKAN PENDIDIKAN INDONESIA BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pancasila dalam
upaya memajukan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif
dengan studi literatur melalui berbagai jurnal yang relevan sebagai referensinya. Pendidikan
adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Karena pendidikan juga memiliki peran penting untuk mencerdaskan anak bangsa. Namun Pendidikan di Indonesia sampai saat ini bisa dikatakan belum maju. Banyak faktor yang menyebabkan pendidikan di Indonesia ini belum mau. Salah satunya yaitu kurangnya menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila kepada peserta didik. Pancasila sebagai negara Indonesia harus menjadi pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan. Nyatanya saat ini nilai-nilai luhur pancasila semakin tergerus akibatnya hingga pengaruh westernisasi dan globalisasi yang kurang tersaring dengan baik. sampai saat ini pancasila hanya sekedar dihafal namun tidak diimplementasikan dengan baik dan benar. Maka sebagai tenaga pendidik harus melakukan berbagai upaya untuk memajukan suatu pendidikan.
Downloads
References
Abdullah. (2019). Upaya Guru PPKN dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Demokrasi Pancasila pada Siswa kelas VII-11 di SMP Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Geocivic, 2(1).
Aminullah. (2018). Inplementasi Nilai-Nilai Pancasiladalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 3(1), 620–628.
Amrah, A. (2016). Mengulik Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi. Publikasi Pendidikan, 6(2).
Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga eksistensi Pancasila dan penerapannya bagi masyarakat di era globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 50–64.
Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2).
Danniarti, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pendukung Tumbuh Kembang Wawasan Kebangsaan pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 7 Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 187–202.
Efendi. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Lembaga Pendidikan. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 5(1), 54–65.
Kaelan. (2014). Pendidikan Pancasila. In Yogyakarta:Paradigma.
Kaelan & Zubaidi, A. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. In Yogyakarta: Paradigma.
Kartini, D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 113–118.
Krisnamukti. (2020). Implementasi Nilai Pancasila dalam Kehidupan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya di Malang. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 66–72.
Muzayin. (1992). Ideologi Pancasila (Bimbingan ke Arah Penghayatan dan Pengamalan bagi Remaja). In Jakarta: Golden Terayon Press.
Narmoatmojo, W. (2010). Implementasi Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan: UNS.
Octavian, W. A. (2018). Urgensi Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Sebagai Sebuah Bangsa. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(2), 125.
Rahayu. (2020). Strategi Membangun Karakter Generasi Muda yang Beretika Pancasila dalam Kebhinekaan dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Repiblik Indonesia. Jurnal Pendidikan, 28(3), 289–304.
Subagyo, A. (2020). Implementasi Pancasila Dalam Menangkal Intoleransi, Radikalisme Dan Terorisme. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 10–24.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).
Sulianti, A. (2018). Revitalisasi pendidikan pancasila dalam pembentukan life skill. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 111–117.
Copyright (c) 2021 Ghina Fauziah Hazimah, Dinie Anggraeni Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.