KAJIAN TEORITIS PERAN PENTING NILAI PANCASILA SEBAGAI DASAR KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DI INDONESIA

  • Sekar Ayu Cahyani Perorangan
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Pancasila, Nilai, Kehidupan

Abstract

Upaya mengembangkan potensi menjadi pribadi yang bermoral, bertakwa, percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, kompeten, sehat, berpengetahuan luas, kreatif, mandiri, sipil, demokratis dan bertanggung jawab maka perlu diajarkan Pancasila sebagai landasan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari di Indonesia. Kajian penelitian ini senantiasa menggunakan metode yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yang mana dasar pembahasan serta teori-teori yang ada didalamnya dihasilkan dari studi pustaka yang asalnya dari berbagai sumber contohnya seperti buku, artikel, jurnal, dan majalah. Hasil penelitian ini menunjukkan mengenai bahwasanya globalisasi telah membawa perubahan tatanan dunia internasional dan berdampak langsung pada perubahan di negara-negara di dunia. Kemampuan menghadapi tantangan yang paling mendasar, bahkan secara spiritual dan kebangsaan, akan menghantam kehidupan berbangsa, sosial, dan politik. Benteng terakhir adalah kepercayaan bangsa yang berlandaskan Negara Pancasila. Negara Pancasila adalah benteng tantangan di era sekarang yaitu globalisasi. Penerapan nilai-nilai Pancasila di era ini bisa dilakukan diwaktu yang tepat, yaitu pada sekarang ini. Oleh karenanya, penting sekali bagi kita semua untuk berupaya memahami apa itu arti dari nilai Pancasila. Dengan memahami arti dari Pancasila maka kita mampu menerapkan nilai itu dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era

Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440.https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077

Bertens, K. (2007). Etika. In Gramedia Pustaka Utama.

Daroeso, B. (1989). Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Aneka Ilmu.

Dasar, J. P. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa

Indonesia. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 1(4),

–14. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753

Dela Ayu Kaswadi, Anita Trisiana, E. W. &. (2019). Pentingnya Komunikasi Sosial

Budaya Di Era Globalisasi Dalam Perspektif Nilai Pancasila. Jurnal Global

Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2).

https://doi.org/10.33061/glcz.v6i2.2551

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. 1–14.

Kaelan, M. (2004). Pendidikan Pancasila. Paradigma.

Kardiman, Y. (2014). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk

Kelompok Masyarakat. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 14(1), 1–13.

Kistanto, N. H. (2017). Tentang Konsep Kebudayaan. Sabda : Jurnal Kajian

Kebudayaan, 10(2), 1–11. https://doi.org/10.14710/sabda.v10i2.13248

Konstitusi, J. (2010). Puskasi Fh Universitas Widyagama Malang. PublishingWidyagama.Ac.Id, III(2). www.kapanlagi.com/h/0000121044.html

Latif, Y. (2011). Negara Paripurna. Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Meinarno, EA., Suwartono, C. (2013). Identitas Etnis, Pancasila, dan Identitas

Nasional: Remaja Indonesia Menatap Masa Depan. Dalam Buku Menongkah

Arus Globalisasi: Isu-Isu Psikologi di Malaysia dan Indonesia. Jabatan

Psikologi Pendidikan Dan Kaunseling Fakulti Pendidikan Universiti Malaya

Kuala Lumpur.

Meinarno, Eko A, & Mashoedi, S. F. (2016). Pembuktian Kekuatan Hubungan

Antara Nilai-Nilai Pancasila Dengan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 12–22.

https://doi.org/10.17977/um019v1i12016p012

Meinarno, Eko Aditya, & Juneman. (2012). Validasi Konkuren Skala KeberPancasila-an Pada Remaja Mahasiswa di Jakarta. INSAN Media Psikologi,

(1), 1–13.

Nasution, A. T., Harahap, N. H., &, & Rambe, A. A. (n.d.). Makalah Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia.

Oentoro, Y. (2013). Representasi Figur Burung Garuda yang Digunakan sebagai

Lambang Negara. Nirmana, 14(1), 47–63.

https://doi.org/10.9744/nirmana.14.1.47-64

Poespowardojo, S dan Hardjatno, N., & T, J. M. (2010). Pancasila Sebagai Dasar

Negara dan Pandangan Hidup Bangsa. Pokja Ideologi.

Sani, A. (2017). Nilai Pancasila dalam Perlindungan Saksi Menurut Hukum

Pidana di Indonesia. 347–359.

Subagyo, A. (2020). Implementasi Pancasila Dalam Menangkal Intoleransi,

Radikalisme Dan Terorisme. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(1), 10–24.

http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/734

Wardana, D. J., Handayani, A., Rahim, A. R., Sukaris, S., & Fauziyah, N. (2021).

Sosialisasi Pentingnya Nilai–Nilai Pancasila. DedikasiMU(Journal of

Community Service), 3(1), 770.

https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i1.2357

Zabda, S. (2017). Aktualisasi Nilai- Nilai Pancasila sebagai Dasar Falsafah

Negara dan Implementasinya Dalam Pembangunan Karater Bangsa. 26(2),

–114. www.iranesrd.com

Published
2021-09-01
How to Cite
Cahyani, S., & Dewi, D. (2021). KAJIAN TEORITIS PERAN PENTING NILAI PANCASILA SEBAGAI DASAR KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DI INDONESIA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(1), 109-122. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i1.119
Section
Articles