KAJIAN TEORITIS PERAN PENTING NILAI PANCASILA SEBAGAI DASAR KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DI INDONESIA
Abstract
Upaya mengembangkan potensi menjadi pribadi yang bermoral, bertakwa, percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, kompeten, sehat, berpengetahuan luas, kreatif, mandiri, sipil, demokratis dan bertanggung jawab maka perlu diajarkan Pancasila sebagai landasan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari di Indonesia. Kajian penelitian ini senantiasa menggunakan metode yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yang mana dasar pembahasan serta teori-teori yang ada didalamnya dihasilkan dari studi pustaka yang asalnya dari berbagai sumber contohnya seperti buku, artikel, jurnal, dan majalah. Hasil penelitian ini menunjukkan mengenai bahwasanya globalisasi telah membawa perubahan tatanan dunia internasional dan berdampak langsung pada perubahan di negara-negara di dunia. Kemampuan menghadapi tantangan yang paling mendasar, bahkan secara spiritual dan kebangsaan, akan menghantam kehidupan berbangsa, sosial, dan politik. Benteng terakhir adalah kepercayaan bangsa yang berlandaskan Negara Pancasila. Negara Pancasila adalah benteng tantangan di era sekarang yaitu globalisasi. Penerapan nilai-nilai Pancasila di era ini bisa dilakukan diwaktu yang tepat, yaitu pada sekarang ini. Oleh karenanya, penting sekali bagi kita semua untuk berupaya memahami apa itu arti dari nilai Pancasila. Dengan memahami arti dari Pancasila maka kita mampu menerapkan nilai itu dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era
Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440.https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077
Bertens, K. (2007). Etika. In Gramedia Pustaka Utama.
Daroeso, B. (1989). Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Aneka Ilmu.
Dasar, J. P. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa
Indonesia. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 1(4),
–14. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753
Dela Ayu Kaswadi, Anita Trisiana, E. W. &. (2019). Pentingnya Komunikasi Sosial
Budaya Di Era Globalisasi Dalam Perspektif Nilai Pancasila. Jurnal Global
Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2).
https://doi.org/10.33061/glcz.v6i2.2551
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. 1–14.
Kaelan, M. (2004). Pendidikan Pancasila. Paradigma.
Kardiman, Y. (2014). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk
Kelompok Masyarakat. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 14(1), 1–13.
Kistanto, N. H. (2017). Tentang Konsep Kebudayaan. Sabda : Jurnal Kajian
Kebudayaan, 10(2), 1–11. https://doi.org/10.14710/sabda.v10i2.13248
Konstitusi, J. (2010). Puskasi Fh Universitas Widyagama Malang. PublishingWidyagama.Ac.Id, III(2). www.kapanlagi.com/h/0000121044.html
Latif, Y. (2011). Negara Paripurna. Penerbit Gramedia Pustaka Utama.
Meinarno, EA., Suwartono, C. (2013). Identitas Etnis, Pancasila, dan Identitas
Nasional: Remaja Indonesia Menatap Masa Depan. Dalam Buku Menongkah
Arus Globalisasi: Isu-Isu Psikologi di Malaysia dan Indonesia. Jabatan
Psikologi Pendidikan Dan Kaunseling Fakulti Pendidikan Universiti Malaya
Kuala Lumpur.
Meinarno, Eko A, & Mashoedi, S. F. (2016). Pembuktian Kekuatan Hubungan
Antara Nilai-Nilai Pancasila Dengan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 12–22.
https://doi.org/10.17977/um019v1i12016p012
Meinarno, Eko Aditya, & Juneman. (2012). Validasi Konkuren Skala KeberPancasila-an Pada Remaja Mahasiswa di Jakarta. INSAN Media Psikologi,
(1), 1–13.
Nasution, A. T., Harahap, N. H., &, & Rambe, A. A. (n.d.). Makalah Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia.
Oentoro, Y. (2013). Representasi Figur Burung Garuda yang Digunakan sebagai
Lambang Negara. Nirmana, 14(1), 47–63.
https://doi.org/10.9744/nirmana.14.1.47-64
Poespowardojo, S dan Hardjatno, N., & T, J. M. (2010). Pancasila Sebagai Dasar
Negara dan Pandangan Hidup Bangsa. Pokja Ideologi.
Sani, A. (2017). Nilai Pancasila dalam Perlindungan Saksi Menurut Hukum
Pidana di Indonesia. 347–359.
Subagyo, A. (2020). Implementasi Pancasila Dalam Menangkal Intoleransi,
Radikalisme Dan Terorisme. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(1), 10–24.
http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/734
Wardana, D. J., Handayani, A., Rahim, A. R., Sukaris, S., & Fauziyah, N. (2021).
Sosialisasi Pentingnya Nilai–Nilai Pancasila. DedikasiMU(Journal of
Community Service), 3(1), 770.
https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i1.2357
Zabda, S. (2017). Aktualisasi Nilai- Nilai Pancasila sebagai Dasar Falsafah
Negara dan Implementasinya Dalam Pembangunan Karater Bangsa. 26(2),
–114. www.iranesrd.com
Copyright (c) 2021 Sekar Ayu Cahyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.