TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI TANAH PAPUA: ANALISIS KEBIJAKAN YAYASAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT AMUNGME DAN KAMORO

  • Liboria G Atek Universitas Okmin Papua, Indonesia
  • Handrianus Koli Belolon Universitas Okmin Papua, Indonesia
Keywords: Transformation, Education, Empowerment

Abstract

Artikel ini menggali transformasi signifikan dalam sektor pendidikan Tanah Papua melalui analisis kebijakan yang diterapkan oleh Yayasan Pemberdayaan Amungme dan Kamoro. Fokus utama yayasan ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah tersebut, dan artikel ini secara rinci mengeksplorasi dampak positif yang dihasilkan dari kebijakan-kebijakan tersebut. Yayasan ini telah mengambil langkah-langkah inovatif, termasuk penerapan teknologi untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, pelatihan guru, dan pemberdayaan komunitas lokal dalam proses pengambilan keputusan pendidikan. Analisis mendalam juga mencakup tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan sumber daya dan kompleksitas dinamika wilayah Papua. Melalui kolaborasi yang diperkuat dengan pemerintah, lembaga pendidikan, dan pemangku kepentingan lainnya, Yayasan Pemberdayaan Amungme dan Kamoro berperan penting dalam memacu perubahan positif di sektor pendidikan. Artikel ini bukan hanya mencerminkan peran strategis yayasan dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Tanah Papua, tetapi juga memberikan wawasan yang bernilai bagi para pembuat kebijakan, praktisi pendidikan, dan masyarakat yang tertarik pada transformasi pendidikan di daerah ini. Dengan demikian, artikel ini menjadi sumbangan berarti untuk pemahaman dan perencanaan kebijakan yang berkelanjutan di Tanah Papua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriansyah, A. (2023). Refleksi Dua Puluh Tahun Pembangunan Pendidikan Di Tanah Papua (2001-2021). Masyarakat Indonesia, 48(1), 63–77.

Amri, U., Rifma, R., & Syahril, S. (2021). Konsistensi Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2200–2205.

Arnoltus, C. (2023). Transformasi Pendidikan Yang Membentuk Bangsa Yang Terdidik. Euntes : Jurnal Ilmiah Pastoral, Kateketik, Dan Pendidikan Agama Katolik, 1(2). https://doi.org/10.58586/je.v1i2.17

Azza N, F., Setiawan, F., Saputra, R., Yuliatin, A. T., & Ilham, M. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 362–365. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3254

Farkhan, A., Rahmah, A., Alwatasi, U., & Setiawan, F. (2022). Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5), 1921. https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1354

Hasan, H., & Nugroho, Z. (2022). Menuju Papua Damai dengan Pendekatan Pembangunan Inklusif. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 56–66.

Hasibuan, H. A. (2023). Tanggung Jawab Perusahaan dalam Memberdayakan Masyarakat Desa Melalui Program CSR di Indonesia. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(3), 301–308.

Jaya, H., & Bekelanjutan, P. (2023). Transformasi Pendidikan: Peran Pendidikan Berkelanjutan Dalam Menghadapi Tantangan Abad Ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.

Kosmajadi, E. (2020). Transformasi Pendidikan: Suatu Tinjauan Filosofis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 96, 1–5.

Lamuri, A. B., & Laki, R. (2022). Transformasi Pendidikan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter Di Era Disrupsi. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 21–30. https://doi.org/10.31970/gurutua.v5i2.122

Murwati, S. R., & Asroriyah, N. (2020). Studi Exploratif, Transformasi Pendidikan dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 166–171.

Muskania, R., & Zulela MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155–165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298

Oktavia, L. S., Nurhidayati, N., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan pendidikan: kerangka, proses dan strategi. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 95. https://doi.org/10.29210/3003909000

Pamungkas, C., Oktafiani, I., & Imbhiri, L. (2022). Makna Pembangunan Bagi Orang Asli Papua: Studi Terhadap Marginalisasi dan Depopulasi di Tanah Papua. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 16–38.

Qomarrullah, R., Tammubua, M. H., Muhammad, R. N., S, L. W., Guntoro, T. S., & Siahaan, J. (2023). E-Learning in Practical Coures of Physical Education and Sports During Pandemic. Journal of Education Technology, 7(1), 51–60. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jet.v7i1.52720

Rinawati, A. (2015). Transformasi Pendidikan untuk Menghadapi Globalisasi. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12783

Sawir, M., Qomarrullah, R., Pakasi, U., & Wulandari S, L. (2022). Social Dynamics Covid-19 and Student Perceptions in Papua. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 18(1), 122–129. https://doi.org/10.15294/kemas.v18i1.31618

Tawa, A. B. (2019). Kebijakan Pendidikan Nasional Dan Implementasinya Pada Sekola Dasar. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(2), 107–117. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i2.82

Theodoridis, T., & Kraemer, J. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 129–153.

Triono, A., Maghfiroh, A., Salimah, M., & Huda, R. (2022). Transformasi Pendidikan Pesantren di Era Globalisasi: Adaptasi Kurikulum yang Berwawasan Global. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 72. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v7i1.10405

Published
2024-02-06
How to Cite
G Atek, L., & Belolon, H. (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI TANAH PAPUA: ANALISIS KEBIJAKAN YAYASAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT AMUNGME DAN KAMORO. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(2), 949 - 966. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i2.1163
Section
Articles