PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK KAYU PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN BANGSA INDONESIA KELAS V SDN POJOK 1 KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI

  • Dafa Laswar Ulhaq Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Erwin Putera Permana Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia.
  • Wahyudi Wahyudi Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia.
Keywords: Media Pembelajaran,Pop Up Book Kayu, Peristiwa Proklamasi.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan media pop up book pada pembelajaran IPS materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia kelas V SD Negeri 1 Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Jenis Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Develoment) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Pojok sedangkan instrumen pengumpulan data ini berupa observasi, angket dan soal tes lalu validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media ini yaitu (1) Kevalidan media pop up book memperoleh dari ahli media yaitu 86% dan ahli materi 94% kategori sangat valid dan layak digunakan dalam penelitian. (2) Kepraktisan media pop up book   dari respon guru memperoleh 92% yang dapat respon positif dan sangat setuju untuk digunakan penelitian. Begitupun respon siswa saat uji coba terbatas dan luas dapat 81% dan 90% respon baik terhadap media. (3) Keefektifan media pop up book dalam ketuntasan pembelajaran secara klasikal pada saat uji coba terbatas dan luas masuk kategori sangat efektif dengan memperoleh 90% dan 80% tuntas dalam soal posttes. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa media pop up book yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam mendukung proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andung, M. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Konvensional Pop Up Book Materi Pokok Daur Hidup Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Kalasan 1. 187. https://repository.usd.ac.id/11771/2/131134263_full.pdf

Angkowo, Robertus dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran.

Badariah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. AL-Ahya, 01(01), 219–232.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/viewFile/4551/3408

Diyk, Van. 2014. Pengembangan Media Buku Pop-Up Story Pada Pembelajaran IPS Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kelas VB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Dalam Yan Kana Kantisia (Ed).

Djijar, D, C. 2015. Efektivitas Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar. Fakultas Tarbiah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Malang. (online). Tersedia http://etheses.uin-malang.ac.id diunduh pada 02 Februari 2022

Dula, S. N. G. (2017). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Bentuk Permukaan Bumi Sdn Mangunsari Semarang. Universitas Negeri Semarang, 1–108.

Hanifah. 2014. Pengembangan Media Buku Pop-Up Story Pada Pembelajaran IPS Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kelas VB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Dalam Yan Kana Kantisia (Ed).

Fahchul, Mubarok Febrianto. 2014. Penerapan media Dalam Bentuk Pop Up Book Pada Pembelajaran Unsur Unsur rupa untuk siswa kelas 2 SD NU kanjeng sepuh sidayu gresik. Vol.2 No 2. (online). Diunduh pada 08 Oktober 2023

Maryanto. 2017. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas V Tema 7: Peristiwa dalam Kehidupan, Edisi Revisi 2017

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294

Nurgiyanto. 2016. Pengembangan Media Buku Pop-Up Story Pada Pembelajaran IPS Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kelas VB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Dalam Yan Kana Kantisia (Ed).

Rahmawati, diyah. 2018. Pengembangan media pop up book pada materi perubahan wujud benda untuk siswa SDLB Tunarungu kelas IV. Jurnal Widia Ortodidaktika Vol 7 No 2.Referensi Jakarta

Rendana, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berupa Kartu Domino Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Kelas Iv Sd/M. 178. http://repository.radenintan.ac.id/4440/1/SKRIPSI FITRI RENDANA.pdf

Sadiman. 2014. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta:Kencana

Suryanto, S. (2017). Pendidikan Pada Proses Reproduksi Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Sains. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 103–129. https://doi.org/10.38073/jpi.v7i2.47

Zahro, L. 2016. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Multimedia Pop Up di Kelas II MI Al-Azhar. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Tersedia pada http://ethess.uin- malang.ac.id

Published
2023-12-27
How to Cite
Ulhaq, D., Permana, E., & Wahyudi, W. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK KAYU PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN BANGSA INDONESIA KELAS V SDN POJOK 1 KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(2), 708 - 720. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i2.1043
Section
Articles