PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK KAYU PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN BANGSA INDONESIA KELAS V SDN POJOK 1 KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan media pop up book pada pembelajaran IPS materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia kelas V SD Negeri 1 Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Jenis Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Develoment) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Pojok sedangkan instrumen pengumpulan data ini berupa observasi, angket dan soal tes lalu validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media ini yaitu (1) Kevalidan media pop up book memperoleh dari ahli media yaitu 86% dan ahli materi 94% kategori sangat valid dan layak digunakan dalam penelitian. (2) Kepraktisan media pop up book dari respon guru memperoleh 92% yang dapat respon positif dan sangat setuju untuk digunakan penelitian. Begitupun respon siswa saat uji coba terbatas dan luas dapat 81% dan 90% respon baik terhadap media. (3) Keefektifan media pop up book dalam ketuntasan pembelajaran secara klasikal pada saat uji coba terbatas dan luas masuk kategori sangat efektif dengan memperoleh 90% dan 80% tuntas dalam soal posttes. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa media pop up book yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam mendukung proses pembelajaran.
Downloads
References
Andung, M. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Konvensional Pop Up Book Materi Pokok Daur Hidup Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Kalasan 1. 187. https://repository.usd.ac.id/11771/2/131134263_full.pdf
Angkowo, Robertus dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran.
Badariah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. AL-Ahya, 01(01), 219–232.
Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/viewFile/4551/3408
Diyk, Van. 2014. Pengembangan Media Buku Pop-Up Story Pada Pembelajaran IPS Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kelas VB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Dalam Yan Kana Kantisia (Ed).
Djijar, D, C. 2015. Efektivitas Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar. Fakultas Tarbiah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Malang. (online). Tersedia http://etheses.uin-malang.ac.id diunduh pada 02 Februari 2022
Dula, S. N. G. (2017). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Bentuk Permukaan Bumi Sdn Mangunsari Semarang. Universitas Negeri Semarang, 1–108.
Hanifah. 2014. Pengembangan Media Buku Pop-Up Story Pada Pembelajaran IPS Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kelas VB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Dalam Yan Kana Kantisia (Ed).
Fahchul, Mubarok Febrianto. 2014. Penerapan media Dalam Bentuk Pop Up Book Pada Pembelajaran Unsur Unsur rupa untuk siswa kelas 2 SD NU kanjeng sepuh sidayu gresik. Vol.2 No 2. (online). Diunduh pada 08 Oktober 2023
Maryanto. 2017. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas V Tema 7: Peristiwa dalam Kehidupan, Edisi Revisi 2017
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294
Nurgiyanto. 2016. Pengembangan Media Buku Pop-Up Story Pada Pembelajaran IPS Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kelas VB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Dalam Yan Kana Kantisia (Ed).
Rahmawati, diyah. 2018. Pengembangan media pop up book pada materi perubahan wujud benda untuk siswa SDLB Tunarungu kelas IV. Jurnal Widia Ortodidaktika Vol 7 No 2.Referensi Jakarta
Rendana, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berupa Kartu Domino Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Kelas Iv Sd/M. 178. http://repository.radenintan.ac.id/4440/1/SKRIPSI FITRI RENDANA.pdf
Sadiman. 2014. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta:Kencana
Suryanto, S. (2017). Pendidikan Pada Proses Reproduksi Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Sains. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 103–129. https://doi.org/10.38073/jpi.v7i2.47
Zahro, L. 2016. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Multimedia Pop Up di Kelas II MI Al-Azhar. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Tersedia pada http://ethess.uin- malang.ac.id
Copyright (c) 2024 Dafa Ulhaq, Erwin Putera Permana, Wahyudi Wahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.