PERANCANGAN UI/UX DIGITAL SIGNAGE UNTUK PENINGKATAN AKSES INFORMASI DI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UII
Abstract
Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia saat ini masih mengandalkan situs web sebagai kanal utama untuk berbagi informasi kepada pengguna. Namun, informasi itu semua berpeluang tidak meratanya informasi yang diterima oleh para mahasiswa Fakultas Teknologi Industri. Padahal, Fakultas Teknologi Industri seringkali memiliki informasi penting yang perlu disampaikan. Website Fakultas Teknologi Industri sudah menyediakan fasilitas yang memadai. Penggunaan website Fakultas Teknologi Industri masih belum optimal. Berdasarkan permasalahan yang ada, penulis membuat rancangan layanan informasi Digital Signage guna membantu Fakultas Teknologi Industri dalam memberikan informasi terkait Fakultas Teknologi Industri. Lean UX metode yang berfokus untuk mengurangi biaya dalam proses perancangan sebuah produk dengan mengutamakan perulangan dan umpan balik cepat dari pengguna. Tujuan metode ini adalah memastikan produk sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan menggunakan pengujian cepat sebelum perancangan aplikasi Lean UX memiliki 4 (Empat) tahapan, yakni mendeklarasi asumsi, membuat Minimum Viable Product (MVP), Run an Experiment, dan Feedback and Research.menunjukkan bahwa hasil akhir dari perhitungan jawaban skor System Usability Testing (SUS) layanan informasi Digital Signage sebesar 81,25. Berdasarkan nilai ini, penulis dapat mengetahui ketentuan System Usability Scale (SUS) menunjukkan layanan informasi Digital Signage ini dinyatakan excellent, dengan demikian layanan informasi Digital Signage dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna di Fakultas Teknologi Industri.disimpulkan bahwa layanan informasi Digital Signage mudah dalam pengoperasiannya. Hal ini dikarenakan hasil dari Skenario setiap pengguna tidak mengalami kendala selama pengujian, dan layanan ini dapat diterima oleh pengguna dengan baik. Hasil dari kuesioner System Usability Scale (SUS) menunjukkan nilai sebesar 81,25, yang berarti tingkat penerimaan sangat baik (excellent).
Downloads
References
Andi, Y., & Panca, B. S. (2019). Pengembangan Digital Signage berbasis Web. Jurnal Strategi,1(1),38–47. http://strategi.it.maranatha.edu/index.php/strategi/article/view/16
Anggara, D. A., Harianto, W., & Aziz, A. (2021). Prototipe Desain User Interface Aplikasi Ibu Siaga Menggunakan Lean Ux. Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 4(1), 58–74. https://doi.org/10.33479/kurawal.v4i1.403
Arifin, A.-M. B., P, B. P. P., & Nirwana, A. (2022). Redesain Website Marketplace Yulibu com Untuk Meningkatkan User Experience Pengguna Dengan Metode Lean UX. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 3(1), 91–108. https://doi.org/10.33479/sb.v3i1.191
Aziza, R. F. A. (2019). Analisa Usability Desain User Interface Pada Website Tokopedia Menggunakan Metode Heuristics Evaluation. Jurnal Tekno Kompak, 13(1), 7. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i1.265
Fachrurrazi, S., & Hizli, H. (2021). Digital Signage Sebagai Media Layanan Informasi. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 5(2), 33–43. https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i2.6226
Hasanuddin Sirait, Rini Mayasari, Nono Heryana, Johni S. Pasaribu, Wahyuddin S, Ronald Belferik, Aisyah Mutia Dawis, Andryanto. A, Edison Ulung Panggabean Simanihuruk, Reagan Surbakti Saragih, Herlina Latipa Sari, R. E. (2023). METODE DAN PENERAPAN SISTEM PAKAR (Mila Sari (ed.)). Get Press Indonesia.
Insani, M. A., Gustalika, M. A., & Kresna, I. (2022). Prototype Desain User Interface Aplikasi My School Menggunakan Metode Lean UX. Journal of Information System Research (JOSH), 3(4), 626–635. https://doi.org/10.47065/josh.v3i4.1806
Kesuma, D. P. (2021). Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring di Universitas XYZ. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(3), 1615–1626. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i3.1356
Madawara, H. Y., Tanaem, P. F., & Bangkalang, D. H. (2022). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Ktm Multifungsi Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(2), 111–125. https://doi.org/10.37792/jukanti.v5i2.560
Munthe, R. D., Brata, K. C., & Fanani, L. (2018). Analisis User Experience Aplikasi Mobile Facebook (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(7), 2679–2688. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1672
Prabowo, M., & Suprapto, A. (2021). Usability Testing pada Sistem Informasi Akademik IAIN Salatiga Mengunakan Metode System Usability Scale. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 6(1), 38–49. https://doi.org/10.14421/jiska.2021.61-05
Pradipta, oka ananta, & Sukarsa, i made. (2022). Pengembangan UI Aplikasi Mobile Konsultasi Karir Menggunakan Metode Lean UX. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 3(1), 1–11.
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 40.
Ramadhan, S. L. (2021). Perancangan User Experience Aplikasi Pengajuan E-KTP menggunakan Metode UCD pada Kelurahan Tanah Baru. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(1), 287–298. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i1.633
Rochmawati, I. (2019). Iwearup.Com User Interface Analysis. Visualita, 7(2), 31–44. https://doi.org/10.33375/vslt.v7i2.1459
Sanjaya, M. R., Saputra, A., & Kurniawan, D. (2021). Penerapan Metode System Usability Scale (Sus) Perangkat Lunak Daftar Hadir Di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Berbasis Website. Jurnal Komputer Terapan, 7(Vol. 7 No. 1 (2021)), 120–132. https://doi.org/10.35143/jkt.v7i1.4578
Saputra, A. (2019). Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) (Usability Implementation in PENTAS Application Using the System Usability Scale (SUS) Method). Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(3), 206–212.
Sulistyo, E. W., & Sofiana, S. (2022). Perancangan Desain User Interface/User Experience Web Layanan Informasi Kamus Dengan Metode Lean User Experience (Lean UX) Pada Universitas Pamulang. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(03), 357–368.
UII. (2023). Fakultas Teknologi Industri. https://fit.uii.ac.id/
Zaki, M., & Saiman, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 115–118. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i2.216
Copyright (c) 2024 Muchammad Okto Nugroho, Andhik Budi Cahyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.