PERBEDAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN KESIAPAN DENGAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Ice Marlina Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Faizah Qurrata Aini Universitas Negeri Padang, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kesiapan Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Kurikulum merdeka atau disebut juga dengan merdeka belajar ini merupakan suatu konsep pada kurikulum yang menuntut kemandirian pada peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi adalah salah satu cara pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan peserta didik karena pembelajaran berdiferensiasi ini merupakan proses belajar mengajar yang peserta didiknya bisa mempelajari materi sesuai dengan kemampuan, apa yang disukai dan apa saja kebutuhan dari masing-masing peserta didik sehingga mereka tidak merasa gagal ataupun frustasi dalam proses pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk melihat perbedaan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kesiapan dan gaya belajar pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa fase F. Penelitian ini dilakukan dengan metode Quasi Eksperimen dengan desain posttest only control design dengan teknik analisis data menggunakan SPSS dengan di uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-Test. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa uji t test yang diperoleh 0,018 > 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat perbedaan rata rata yang sinifikan antara kedua kelas. Artinya ada perbedaan secara signifikan antara kelas yang diterapkan pembelajaran berdiferensiasi kesiapan belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi gaya belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarsari, Ida Fitriana, Nur Hasanah, and Miftahus Surur. 2023. “IMPLEMENTATION ‘GUESS MATH OPERATIONS’ GAME TO IMPROVE STUDENTS’MOTIVATION IN COMPARING MATERIALS AT SEVENTH GRADE MTS SARJI AR RASYID.” in THE 1st INTERNATIONAL CONFERENCE ON MATHEMATIC EDUCATION AND TECHNOLOGY (ICOMET) 2022.

Anggraena, Yogi, and Jay McTighe. 2022. Pembelajaran Dan Assesmen. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Ayu, Ida, I. Wayan, and I. Wayan Muderawan. 2013. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS Ida.” E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 3(2).

Effendi, Effendi. 2017. “Hubungan Readiness (Kesiapan) Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 03 Sukaraja.” Jurnal Pendidikan Fisika 5(1):15. doi: 10.24127/jpf.v5i1.740.

Faiz, Aiman, Anis Pratama, and Imas Kurniawaty. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1.” Jurnal Basicedu 6(2):2846–53. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2504.

Fitriani, Chris Hilda. 2017. “Gaya Belajar Siswa Kelas Iii b Sdn Tukangan Yogyakarta.” Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 1 Tahun Ke-6 18–27.

Hafizha, Dina, Rizki Ananda, and Iis Aprinawati. 2022. “Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sdn 020 Ridan Permai.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 8(1):25–33. doi: 10.26740/jrpd.v8n1.p25-33.

Lailaturrahma, Sova, Miftahus Surur, and Zainul Munawwir. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Berbantuan Mind Maping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X (Sepuluh) Ma Nurul Fata Tahun Pelajaran 2021/2022.” Journal on Education 5(3):5785–94.

Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, Netty Heriwati, and Henrika Turnip. 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar.” Mahesa Centre Research 1(1):80–86. doi: 10.34007/ppd.v1i1.174.

Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif.

Mulyani, Desi. 2013. “HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR.” Jurnal Ilmiah Konseling 2(1):27–31. doi: 10.1088/1742-6596/943/1/012017.

Ningsih, Artya. 2018. “Pengaruh Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Di SMAN 2 Gunung Sahilan.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR 6(2):157–63.

Nurwiatin, Neng. 2022. “PENGARUH PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN KESIAPAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENYESUAIAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH.” Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 9(2):472–87.

Purwoko, Sigit. 2014. “Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan Humaniora 2(2):191–95.

Rahmawati, Ida. 2022. “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR.” Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 9(2):415–29. doi: https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.461.

Sari, Lisma Dian Kartika, and Miftahus Surur. 2023. “Efektivitas Model Pemeblajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Dengan Strategi Student Facilitator And Explaining Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 10(1):1–10.

Sari, N. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Visual, Auditori, Kinestetik (Vak) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru.” Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 14(7):708.

Sirait, Erlando Doni. 2017. “Pengaruh Gaya Dan Kesiapan Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 7(3):207–18. doi: 10.30998/formatif.v7i3.2231.

Yerimadesi, et al. 2017. BUKU MODEL Guided Discovery Learning Untuk Pembelajaran Kimia (GDL-PK) SMA.

Yunitasari, Wahyu., Susilowati, Endang. 2013. “PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DISERTAI HIERARKI KONSEP UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SEMESTER GENAP SMA NEGERI 2 SRAGEN TAHUN AJARAN 2012/2013.” 2(3).

Published
2023-09-05
How to Cite
Marlina, I., & Aini, F. (2023). PERBEDAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN KESIAPAN DENGAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 392 - 404. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.1017
Section
Articles