PERAN MEDIA SOSIAL MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DI NTB

  • Dwi Arini Nursansini Universitas Mbojo Bima, Indonesia
  • Armiani Armiani STIE AMM Mataram, Indonesia
Keywords: Strategi Pemasaran; Penjualan; Social media; Produk Makanan-Minuman, Bersertifikat dan Berlabel Halal, UMKM.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan melalui social media. Studi pada produk makanan-minuman yang bersertifikat dan berlabel halal pada UMKM di Nusa Tenggara Barat (NTB). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara terhadap informan (Pelaku UMKM dan Konsumen. Konsumen yang menggunakan transaksi pembelian melalui social media dan mengkonsumsi produk makanan-minuman yang bersertifikat dan berlabel halal pada UMKM di NTB). Informan berjumlah 8 (delapan) orang, yang terdiri dari; 5 (lima) orang para pelaku UMKM dan 3 (tiga) orang pelanggan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan penjualan melalui social media selama 3 (tiga) tahun terakhir. Para pelaku UMKM menerapkan strategi pemasaran dengan memanfaatkan social media untuk meningkatkan tingkat penjualan produknya. Strategi yang diterapkan oleh para pelaku UMKM adalah mengenali pelanggan, memilih social media yang cocok, melakukan pemasaran produk, transaksi jual beli dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Keterbatasan penelitian ini adalah masih kurangnya para pelaku UMKM menggunakan social media dan hanya social media yang gratisan dipilih sebagai wadah pemasaran bisnisnya. Penelitian ini membangun hubungan antara strategi pemasaran dan peningkatan penjualan dengan menyoroti peran penting dari social media. Produk makanan-minuman yang bersertifikat dan berlabel halal merupakan peluang menjadi bisnis yang kompetitif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran (pp. 1–471). Pustaka Setia Bandung Indonesia.

Agustina, T. S. (2019). Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0.

Ahamat, A., Shahkat Ali, M. S., & Hamid, N. (2017). Factors Influencing the Adoption of Social Media in Small and Medium Enterprises (Smes). IJASOS- International E-Journal of Advances in Social Sciences, III(8), 573–582. https://doi.org/10.18769/ijasos.337151

Ahmad, S. Z., Abu Bakar, A. R., & Ahmad, N. (2019). Social media adoption and its impact on firm performance: the case of the UAE. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 25(1), 84–111. https://doi.org/10.1108/IJEBR-08-2017-0299

Ainin, S., Parveen, F., Moghavvemi, S., Jaafar, N. I., & Shuib, N. L. M. (2015). Factors influencing the use of social media by SMEs and its performance outcomes. Industrial Management and Data Systems, 115(3), 570–588. https://doi.org/10.1108/IMDS-07-2014-0205

Aji, P. (2019). Manajemen Strategi; Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (p. Edisi 2). Expert, Yogyakarta Indonesia.

Andzulis, J., Panagopoulos, N. G., & Rapp, A. (2012). A review of social media and implications for the sales process. Journal of Personal Selling and Sales Management, 32(3), 305–316. https://doi.org/10.2753/PSS0885-3134320302

Arianto, B., & Sofyan, H. (2022). Peran Media Sosial Bagi Penguatan Bisnis UMKM di Kota Serang Banten. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 6(2), 130–145.

Atina, V. Z., Shevalinzi, W. B. A., & Nurdin, A. (2021). Pemanfaatan teknologi digital marketing pada pelaku UMKM dalam upaya meningkatkan omset penjualan. Prosiding Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan, e-ISSN, 1217–2747.

Basri, W. Sha. M., & Siam, M. R. A. (2019). Social media and corporate communication antecedents of SME sustainability performance. Journal of Economic and Administrative Sciences, 35(3), 172–182. https://doi.org/10.1108/jeas-01-2018-0011

Bocconcelli, R., Cioppi, M., & Pagano, A. (2017). Social media as a resource in SMEs’ sales process. Journal of Business and Industrial Marketing, 32(5), 693–709. https://doi.org/10.1108/JBIM-11-2014-0244

Dahnil, M. I., Marzuki, K. M., Langgat, J., & Fabeil, N. F. (2014). Factors Influencing SMEs Adoption of Social Media Marketing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 119–126. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.025

Dhewanto, W., R, V. N. R., Yunita, F., Azzahra, S., & Adrian, D. (2018). Internasionalisasi UKM. Usaha Kecil dan Mikro Menuju Pasar Global (A. A. Christian, Ed.).

Durkin, M., McGowan, P., & McKeown, N. (2013). Exploring social media adoption in small to medium-sized enterprises in Ireland. Journal of Small Business and Enterprise Development, 20(4), 716–734. https://doi.org/10.1108/JSBED-08-2012-0094

Dutot, V., & Bergeron, F. (2016). From strategic orientation to social media orientation: Improving SMEs’ performance on social media. Journal of Small Business and Enterprise Development, 23(4), 1165–1190. https://doi.org/10.1108/JSBED-11-2015-0160

Firdaus, F., & Fahrizal, F. (2021). Penerapan Media Sosial bagi Peningkatan Kinerja UMKM di Kota Jambi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 1–10.

Jones, N., Borgman, R., & Ulusoy, E. (2015). Impact of social media on small businesses. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 611–632. https://doi.org/10.1108/JSBED-09-2013-0133

Jose, S. (2018). Strategic use of digital promotion strategies among female emigrant entrepreneurs in UAE. International Journal of Emerging Markets, 13(6), 1699–1718. https://doi.org/10.1108/IJoEM-10-2016-0268

Lindsey-Mullikin, J., & Borin, N. (2017). Why strategy is key for successful social media sales. Business Horizons, 60(4), 473–482. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2017.03.005

McCann, M., & Barlow, A. (2015). Use and measurement of social media for SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(2), 273–287. https://doi.org/10.1108/JSBED-08-2012-0096

Ramadhani, S. E., Supangkat, D. A., & Febrianita, R. (2022). Pemanfaatan Instagram untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM pada Masa Pandemi. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 3(1), 47–56.

Singh, T., & Sinha, R. (2017). The impact of social media on business growth and performance in India. International Journal of Research in Management & Business Studies, 4(1), 36–40.

Tsimonis, G., & Dimitriadis, S. (2014). Brand strategies in social media. Marketing Intelligence and Planning, 32(3), 328–344. https://doi.org/10.1108/MIP-04-2013-0056

Wernerfelt, Birger. (1984). A Resource-Based View of the Firm. Strategic Management Journal, 5, 171–180. https://doi.org/0143-2095/84/020171-10$01.00

Published
2023-08-10
How to Cite
Nursansini, D., & Armiani, A. (2023). PERAN MEDIA SOSIAL MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DI NTB. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 76 - 86. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.1007
Section
Articles