PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF IIMAM AL GHAZALI DAN RELEVANSINYA DI ERA SOCIETY 5.0

  • Moh Zaini Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Noorthaibah Noorthaibah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Siti Julaiha Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Pendidik dalam Perspektif imam Al Ghazali, Relevansinya di Era Society 5.0

Abstract

 The purpose of this research is to analyze the relevance of educators in the perspective of Imam al Ghazali in the era of society 5.0. Types of research in general, this study uses a library research model, derived from literary sources, whether in the form of books, manuscripts, journals. The Book of Ihya Ulumuddin. With a research focus on examining the Educator's Concept according to Imam al-Ghazali and its Relevance in the Era of Society 5.0. Primary data is the source of the material or documents presented. The primary data in this study is Ihya' Ulumuddin by Imam al-Ghazali. The results of research in the era of society 5.0 educators are very relevant to using complete and sophisticated and modern media such as computers, laptops equipped with educational media devices in the era of society are also equipped with very complete attributes and media that can help and guarantee the quality of educators as an educator in the era of society 5.0 which is actually also inseparable from technological developments. The role of educators in the era of society 5.0 as educators in the era of society 5.0.

 

Abstrak Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis relevansi pendidik dalam perspektif Imam al Ghazali di era society 5.0. Jenis Penelitian secara umum, penelitian ini menggunakan model kepustakaan (library research), berasal dari sumber-sumber kepustakaan, baik berupa buku-buku, naskah, jurnal. Kitab Ihya ulumuddin. Dengan fokus penelitian untuk meneliti tentang Konsep Pendidik menurut Imam al- Ghazali dan Relevansinya di Era Society 5.0. Data primer adalah sumber bahan atau dokumen yang dikemukakan. Data primer pada kajian ini adalah Ihya’ Ulumuddin karya Imam al- Ghazali. Hasil penelitian di era society 5.0 pendidik sangat relevan dengan menggunakan media yang lengkap dan serba canggih dan modern seperti computer, laptop yang dilengkapi dengan perangkat media pendidik di era society  juga dilengkapi oleh atribut dan media-media yang sangat lengkap yang bisa membantu dan menjamin kualitas pendidik tersebut sebagai seorang pendidik  di era  society  5.0  yang  sebenarnya  juga  tidak  lepas  dari  perkembangan teknologi Peran pendidik era society 5.0 sebagai pendidik di era society 5.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. Y., & Siregar, B. (2015). Guru Profesional Menurut Imam Al-Ghazali dan Buya Hamka. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 21–45. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1446

Al-Ghozali, A. H. M. ibn M. (1967). Ihya’ Ulumuddin, Jilid V (p. 50).

Al Busthomi, Y. (2020). Sepuluh Faktor Agar Menjadi Guru Yang Dicintai Oleh Siswanya. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–54.

Anit, F. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru Di Lembaga Pendidikan Perspektif Imam Al-Ghozali dalam Kitab Ihya’Ulumuddin. … on Islamic Education, 1–19.

Antony Putra, A. (2016). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 41–54.

Asnil Ritongga, A., & Hasanah, L. (2019). Penanaman Nilai Karakter Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Minhajul Abidin. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 2086–4191.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fahruddin, A. H., & Sari, E. N. T. (2020). Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 151. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643

Husniati, R., Setiadi, I. K., Pangestuti, D. C., & Nugraheni, S. (2022). Tantangan Guru Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 134–145. https://doi.org/10.53363/bw.v2i1.79

Ii, B. A. B., & Pendidik, A. T. (2006). Kondisi Baik Atau Tidaknya Masukan Sumber Daya Manusia Seperti Kepala Sekolah, Guru, Staf Tata Usaha, Dan Siswa. 18–39.

Ikhwan, W. K. (2015). Implementasi Standar Isi, Standar Proses, Standar Lulusan Sebagai Standar Mutu pendidikan MTs Negeri Di kabupaten Tulungagung. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 16–22. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.68

Layanan, P. (n.d.). Ihya Ulumuddin. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Ihya_Ulumuddin#

Muhajir, N. (1998). Metodologi penelitian Kualitatif.

Parwati, N. P. Y., & Pramartha, I. N. B. (2021). Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0. Widyadar, 22(1), 143–158.

Pelaksanaan, A., & Pendidikan, K. (2021). Menyiapkan Pendidik Profesional Di Era Society 5 . 0. industri dll, 3–5.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

PURWANTO, N. A. (2008). Peningkatan Profesionalisme Guru. Foundasia, 1(9), 27–30. https://doi.org/10.21831/foundasia.v1i9.5871

Ritonga, A. A., & Latifatul, H. R. (2020). Penanaman Nilai Karakter Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Minhajul Abidin. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2).

Rodiah, I., & Hamdani, M. D. Al. (2016). Konsep Guru dan Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali (Studi Analisis Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin). Journal of Tarbiyah Al-Aulad, 1.2, 127.

Santosa, S., & Andrean, S. (2021). Pengembangan dan Pembinaan Karakter Siswa dengan Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Contextual Idol di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 952–957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.849

Syahdan, S. (2021). Analisis Penerapan Sistem Klasifikasi Ddc Dalam Pengolahan Pustaka. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 63–80.

Ulumuddin, I., & Imam, K. (2022). Etika guru pai dalam proses pembelajaran menurut kitab ihya’ulumuddin karya imam al-ghazali. 1(2), 454–468.

Wicaksana, A. (2016). Pandangan Hamka Terhadap Urgensi Pendidikan Islam Dalam Kehidupan Manusia. Urgensi Pendidikan Islam.

Published
2023-08-22
How to Cite
Zaini, M., Noorthaibah, N., & Julaiha, S. (2023). PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF IIMAM AL GHAZALI DAN RELEVANSINYA DI ERA SOCIETY 5.0. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 174 - 193. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.1001
Section
Articles