https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/join/issue/feedJournal of Community Empowerment and Innovation2025-05-15T10:32:28+07:00Dr. Miftahus Surur, M.Pdsurur.miftah99@gmail.comOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;">Fokus kajian Journal of Community Empowerment and Innovation (JOIN) adalah pada daya saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), kerjasama antar pemerintah desa, kapasitas organisasi perempuan, kreativitas dan inovasi teknologi informasi dalam pendidikan dan pembelajaran di sekolah dan perguruan tinggi, lembaga sosial kemasyarakatan dalam penanggulangan bencana, litigasi penyelesaian sengketa di masyarakat, produktivitas industri pengolahan makanan, kesehatan masyarakat, mendorong pengembangan praksis kebijakan pemerintah, penerapan teknologi tepat guna, inovasi teknologi informasi, dan model pemberdayaan masyarakat dalam kerangka ekosistem pembangunan manusia dan lingkungan flora dan fauna sejalan dengan isu-isu tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).</p> <p style="text-align: justify;">e-ISSN: 2829-7776 Indexing: <a href="https://scholar.google.com/citations?user=EkE6pvAAAAAJ&hl=id" target="_blank" rel="noopener">Scholar</a>, <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/26594?issue=Vol%201%20No%203%20(2022)" target="_blank" rel="noopener">Garuda,</a></p>https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/join/article/view/1692PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBANTU FLIPBOOK DI WILAYAH KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG2025-01-21T10:48:12+07:00Nik Haryantinikharyanti1983@gmail.comViya Ananda Nur Sakdiyahvyyananda@gmail.comViya Ananda Nur Sakdiyahvyyananda@gmail.com<p>Bahan ajar berbantu flipbook sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran maksimal. Pengembangan bahan ajar modul merupakan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Meskipun demikian, banyak pendidik kesulitan membuat modul yang efektif karena kurangnya pengetahuan dan pelatihan. Kegiatan PKM ini bertujuan: Meningkatkan pengetahuan pendidik tentang bahan ajar, Membantu pendidik membuat modul ajar efektif. Metode pelaksanaan dilakukan dengan Ceramah, Praktik, Diskusi. Pelaksanaan: Online (Aplikasi Zoom), Offline (Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung). Langkah-langkah kegiatan: Persiapan, Pelaksanaan, Refleksi. Hasil pelatihan PKM di Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung menunjukkan: Pelatihan berjalan lancar dan peserta antusias, Peningkatan signifikan dalam kemampuan membuat bahan ajar berbantu flipbook (74% menjadi 85%, peningkatan 8.1%), Kegiatan mencapai indikator keberhasilan. Pelatihan ini berhasil meningkatkan kemampuan pendidik dalam membuat modul efektif dan memberikan kontribusi pada proses pembelajaran berkualitas.</p>2025-01-21T10:48:12+07:00##submission.copyrightStatement##https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/join/article/view/1732SOSIALISASI PENCEGAHAN BULLYING MELALUI PENDEKATAN GAMES INTERAKTIF DI SDN 3 SELAAWI2025-05-15T10:10:57+07:00Amalia Fikriainifikriainia5@gmail.comNunung Kurniasihnunungk460@gmail.comDede Supendidedesupendi82@gmail.com<p>Bullying is an act of harm directed at a person or group in psychological, physical, or verbal form. Efforts to overcome bullying behavior can be done in various ways, one of which is by socialization. The challenge that occurs in the field during socialization is the way of delivering material that is less interesting, therefore an approach with interactive games is needed so that activities do not make students bored. This community service activity is carried out using the Participatory Action Research (PAR) method which aims to prevent bullying in the school environment in an interesting way for students in elementary schools. The results of socialization activities with this approach went smoothly, this can be seen from the faces and active participation of students during the socialization. Through this socialization, students can understand the concept of bullying and how to prevent it. And it is hoped that schools can carry out regular prevention through an interactive game approach as a prevention effort and teach in an interesting way for students so that they can protect themselves from potential bullying that exists outside of school.</p>2025-05-15T10:10:57+07:00##submission.copyrightStatement##https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/join/article/view/1727IMPLEMENTASI GAME EDUKASI ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI ANAK PMI DI SANGGAR BIMBINGAN KUBU GAJAH SELANGOR MALAYSIA2025-05-15T10:32:28+07:00Muhaimin Iskandarmuhaimina579@gmail.comAditya Harun Arrosyidsitiseituni@gmail.comM Antonsitiseituni@gmail.comSiti Seitunisitiseituni@gmail.com<p><em>Game edukasi ular tangga pada anak-anak buruh migran di Sanggar Bimbingan Kubu Gajah merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan literasi dan numerasi. Penerus bangsa buruh migran menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan, yang berdampak pada perkembangan kemampuan literasi dan numerasi. Dalam kegiatan ini dibutuhkan metode pembelajaran berbasis permainan (game-based learning) digunakan sebagai pendekatan inovatif untuk mengatasi masalah tersebut. Implementasi game edukasi Ular Tangga dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung anak-anak usia sekolah dasar (6-14 tahun). Penelitian ini menggunakan metode partisipatori dalam berkolaborasi meningkatkan literasi dan numerasi. Hasil penelitian menghasilkan pembelajaran yang inovativ dan dapat memberikan wawasan tentang efektivitas penggunaan game edukasi dalam konteks pendidikan informal, serta memberikan rekomendasi bagi pengembangan program serupa untuk mendukung hak pendidikan anak-anak buruh migran. Luaran dari program ini meliputi game edukasi Ular Tangga yang diimplementasikan, peningkatan keterampilan literasi dan numerasi anak-anak buruh migran.</em></p> <p><em> </em></p>2025-05-15T10:32:28+07:00##submission.copyrightStatement##