https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/issue/feed EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi 2025-06-05T22:01:01+07:00 Dr. Miftahus Surur, M.Pd surur.miftah99@gmail.com Open Journal Systems <p>The purpose of this journal publication is to spread conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of education. Writing forms favour the reader's ease to see the applied research methods, processing and data analysis, discussion of the main theories underlying, and recommendations submitted based on the results of the study.<br>Focus and Scope:<br>Research on Education,&nbsp;Literature Review on Education,&nbsp;Qualitative, Quantitative and Mix Method,&nbsp;Development and implementation of learning models,&nbsp;Development of teaching materials,&nbsp;Instructional Technology,&nbsp;Policy Analysis of Education,&nbsp;Online Learning,&nbsp;Media for Learning,&nbsp;Instructional Strategy and Model for Learning&nbsp;</p> https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/1794 HUBUNGAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 7 MANDREHE 2025-05-20T14:34:19+07:00 Windia Juli Yanti Zai windiajuliyantizai@gmail.com Hardikupatu Gulo windiajuliyantizai@gmail.com Agnes Renostini Harefa windiajuliyantizai@gmail.com Desman Telaumbanua windiajuliyantizai@gmail.com <p><em>Technological Pedadogical Contents Knowledge</em> (TPACK) merupakan pembelajaran yang menggunakan gabungan dari tiga aspek yakni: teknologi, pedagogi, dan konten atau materi pengetahuan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran IPA karena metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional dan kurangnya penggunaan teknologi sebagai media dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu: mendeskripsikan hubungan <em>Technological Pedagogical Content Knowledge</em> (TPACK) terhadap minat belajar peserta didik SMP Negeri 7 Mandrehe. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif analisis dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 7 Mandrehe. Populasi dalam pelaksanaan penelitian ini mencangkup seluruh peserta didik di SMP Negeri 7 Mandrehe dan sampel penelitian yaitu kelas IX dengan jumlahnya sebanyak 26 orang. Teknik pengolahan data menggunakan angket yang merupakan instrumen penelitian yang terdiri dari 2 jenis yaitu: angket minat belajar dan angket TPACK. Hasil penelitian memperoleh rata-rata persentase hasil angket minat belajar peserta didik yaitu 81,36% dengan kriteria tinggi. Sesuai hasil uji korelasi diperoleh nilai korelasinya rata-rata tergolong dalam interval 0,25-0,50 dengan kriteria “cukup kuat”, yang artinya bahwa hubungan antara variabel TPACK (X) dengan variabel minat belajar (Y) mempunyai nilai hubungan atau kolerasi yang cukup kuat.</p> 2025-05-15T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/1793 ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA DI SMP NEGERI 10 BAWOLATO 2025-05-20T14:37:29+07:00 Efori Hia eforihia7@gmail.com Novelina Andriani Zega eforihia7@gmail.com Toroziduhu Waruwu eforihia7@gmail.com Agnes Renostini Harefa eforihia7@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa belum mampu melakukan aktivitas belajar secara maksimal ketika suasana dan kondisi kelas kurang kondusif, dan gaya mengajar guru masih dominan menggunakan metode ceramah, yang akibatnya peserta didik mengalami kesulitan belajar IPA. Tujuan pelaksanaan penelitian, yaitu: &nbsp;(1) Mengetahui penyebab siswa kesulitan belajar IPA di SMP Negeri 10 Bawolato, (2) Mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar IPA di SMP Negeri 10 Bawolato. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di SMP Negeri 10 Bawolato. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII semester ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025. Instrumen penelitian yaitu: angket dan lembar panduan wawancara. Hasil penelitian: (1) Penyebab siswa kesulitan belajar IPA di SMP Negeri 10 Bawolato yaitu apabila siswa kurang fokus memperhatikan materi pelajaran yang diajarkan oleh guru, kemudian ketika materi pelajaran IPA yang dipelajari sangat banyak, maka siswa kurang mampu menguasainya, dan apabila materi yang sedang dipelajari tergolong susah untuk dicermati oleh siswa, maka siswa menjadi kesulitan dalam belajar, apalagi jika materi tersebut harus perlu untuk dihafal. (2) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar IPA di SMP Negeri 10 Bawolato yaitu membentuk siswa dalam kelompok belajar dengan tujuanya agar siswa nantinya dapat saling membantu, saling bekerjasama dengan baik, dan saling memberikan dorongan kepada siswa yang kurang mampu dalam penguasaan materi pelajaran.</p> 2025-05-15T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/1714 Student’s Perception on The Role of Youtube Videos as a Learning Sources for Improving their Vocabulary Skill in Senior High School 2025-05-20T21:57:40+07:00 Dyah Ayu Febri Ananda dyahayufebriananda@gmail.com Rizki Nurfida Pambayun imroatul.h.afriani@untag-banyuwangi.co.id Imro’atul Husna rizkinurfida@untag-banyuwangi.ac.id <p><em>The selection of appropriate learning media can enhance students' academic performance. YouTube, as the largest video-sharing platform in the world, can serve as an effective alternative learning medium. This research aims to explore students' perceptions of using YouTube as a learning resource to improve English vocabulary skills. Students often feel bored with monotonous teaching methods, making audiovisual media an appealing solution. The study was conducted at a high school in Rogojampi with eleventh-grade students, employing a qualitative descriptive method. Data were collected through questionnaires and interviews to facilitate analysis. The results indicate that students responded positively to the use of YouTube in English learning, particularly in vocabulary enhancement. Students felt more interested and motivated due to the varied and visually engaging educational videos, and they recommended YouTube as a medium for learning English.</em></p> 2025-05-20T14:49:06+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/1789 ANALISIS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN AIR LIMBAH RUMAH SAKIT BHAYANGKARA KUPANG 2025-05-26T21:58:23+07:00 Reinaldy Endhrico Mengge menggealdymengge@gmail.com Susana Maria Suratma suratama.susana@gmail.com Amandus Jong Tallo mandustallo@gmail.com <p>Hospitals are significant producers of liquid waste that have the potential to pollute the environment if not properly managed. Hospital wastewater contains organic and inorganic substances, pathogenic microorganisms, and hazardous chemicals. This study aims to evaluate the effectiveness of the Wastewater Treatment Plant (WWTP) at Bhayangkara Hospital Kupang based on chemical and microbiological parameters, including pH, temperature, Biological Oxygen Demand (BOD), Chemical Oxygen Demand (COD), Total Suspended Solids (TSS), Total Dissolved Solids (TDS), oil and grease, and total coliform. The study uses a descriptive qualitative method with secondary data analysis from laboratory results. The results show that all parameters are below the threshold of environmental quality standards set by the Ministry of Environment Regulation No. 5 of 2014, with values for: pH (7.255), temperature (28°C), BOD (38.7 mg/L), COD (76 mg/L), TSS (0.06 mg/L), TDS (363 mg/L), oil and grease (0.016 mg/L), and total coliform (438/100 mL). These results indicate that the WWTP at Bhayangkara Hospital Kupang operates effectively in treating wastewater, making the discharged wastewater suitable for disposal into the environment and in compliance with the established quality standards.</p> 2025-05-26T14:23:15+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/1786 ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MAHASISWA FARMASI PADA MATA KULIAH STATISTIKA 2025-05-26T21:58:22+07:00 Alifa Sabrina alifasabrina@ikifa.ac.id Farida Tuahuns faridatuahuns@gmail.com Fitri Savitri fitrisavitri@ikifa.ac.id <p>Statistika sebagai salah satu ilmu yang kehadirannya saat ini dirasakan semakin penting untuk keperluan pengembangan bidang keilmuan. Pembelajaran statistika pada bidang farmasi menjadi mata kuliah yang menarik dan sangat dibutuhkan bagi mahasiswa farmasi dalam menganalisis berbagai hasil uji coba dan pengamatan. Akan tetapi, pada pelaksanaannya pembelajaran statistika menjadi salah satu mata kuliah yang sering dianggap sulit dan kurang memberikan manfaat secara langsung dalam keilmuan farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kesulitan belajar mahasiswa farmasi pada mata kuliah statistika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan analisis faktor eksploratori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner terkait faktor kesulitan belajar mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini mahasiswa farmasi sebanyak 66 orang mahasiswa yang telah mengisi kuesioner. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil pengujian kedua faktor berdasarkan kondisi internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar maka dapat terlihat dari 12 faktor yang dianalisis terdapat 9 faktor yang memiliki korelasi secara jelas. Motivasi intrinsik yang bersumber dari diri sendiri seperti kebutuhan dan ketertarikan mahasiwa terhadap perkuliahan statistika memiliki persentase korelasi tertinggi sebesar 70.9% dan pada kondisi eksternal faktor sumber belajar memiliki persentase korelasi tertinggi sebesar 57.5%.</p> 2025-05-26T14:49:45+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/1809 OPTIMALISASI PERAN DAN FUNGSI TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH (TAS) DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI SOSIAL 2025-05-27T21:58:37+07:00 Ricky Yoseptry ywisnurat@gmail.com Yuyus Wisnurat ywisnurat@gmail.com Rita Asmara Mukti ywisnurat@gmail.com Winda Cantika ywisnurat@gmail.com <p>This research aims to optimize the role and function of School Administrative Staff (TAS) in improving social competence through community service programs. TAS social competencies support an inclusive and collaborative work environment, ultimately promoting educational success. The approach is a community service method through planning, organizing, implementing, and monitoring the program. At the planning stage, TAS’s needs regarding social competence were identified through surveys and focus group discussions. The organizing stage involves forming an implementation team, scheduling activities, and providing relevant resources. Implementation of the program consists of interpersonal communication training, simulation of social situations in the work environment, and intensive mentoring. The supervision stage includes continuous evaluation of the development of participants' social competence through direct observation, interviews, and filling out questionnaires. The results showed a significant increase in TAS's ability to interact more effectively with teachers, students, and parents. The discussion explained that a participatory approach, supportive leadership, and a systematic evaluation mechanism supported the success of this program. This research recommends developing similar programs on an ongoing basis to ensure TAS's role as the leading supporter in creating a harmonious and excellent service-oriented educational environment.</p> 2025-05-27T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/1814 IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI “SIKAMEL” DALAM MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK 2025-06-03T09:38:22+07:00 Rahmiati Rahmiati armisalfar@gmail.com Mohammad Salehudin 75salehudin@gmail.com Sri Susmiati armisalfar@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknologi ‘’Sistem Informasi Kampus Melati (SIKAMEL)’’ dapat Membantu meningkatkan Mutu Akademik Pendidikan di Kampus Melati Samarinda. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah studi kasus, &nbsp;dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara kepada informan adalah kepala, wakil kepala dan guru pada yayasan melati Samarinda. Sedangkan analisa data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian Sistem ini mempermudah pengelolaan nilai, absensi, dan jadwal pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara manual. Dengan adanya sistem terintegrasi, guru dapat mengakses dan mengelola data akademik secara lebih cepat dan tepat, sementara siswa dapat memantau kemajuan akademik mereka secara real-time. Selain itu, SIKAMEL juga memfasilitasi interaksi yang lebih baik antara guru dan siswa, yang tercermin dalam pemberian umpan balik yang lebih cepat dan transparan. Proses pembelajaran menjadi lebih terstruktur dan mudah diakses, memberikan siswa kesempatan untuk belajar lebih mandiri dan termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Untuk penelitian ke depan agar memperhatikan berbagai sistem informasi pendidikan.&nbsp;</p> 2025-05-28T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/1796 ENHANCING CUSTOMER INSIGHT THROUGH ASPECT-BASED SENTIMENT ANALYSIS OF SMART DEVICE REVIEWS : CROSS-BRAND INSIGHTS FROM APPLE, SAMSUNG, AND XIAOMI 2025-06-04T10:02:44+07:00 Abdullah Yahya Moqbel Al-Sabahi 21523270@students.uii.ac.id Dhomas Hatta Fudholi hatta.fudholi@uii.ac.id <p>In today’s highly competitive smart device market, understanding customer sentiment is essential for driving product innovation and brand loyalty. This study applies Aspect-Based Sentiment Analysis (ABSA) using transformer-based models BERT, RoBERTa, and DistilBERT on over 20,000 reviews collected from Amazon, Flipkart, Walmart, and Best Buy between 2021 and 2024. The analysis focuses on customer feedback regarding Apple, Samsung, and Xiaomi smartphones and smartwatches. Key product aspects such as Battery, Camera, and Performance were extracted, and sentiment trends were compared by brand and device type. Findings reveal Samsung devices received the highest engagement, with its watches praised but phones criticized. Xiaomi’s reviews showed strong polarization, while Apple maintained consistent but lower review volumes. Temporal trends showed a significant rise in positive sentiment in 2024, indicating improving product satisfaction. This research offers actionable insights for original equipment manufacturers (OEMs) and marketers, highlighting which features drive satisfaction and how sentiment evolves over time.</p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: 56px; top: 171.175px;">&nbsp;</div> 2025-06-02T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/1827 PENGARUH MANAJEMEN KURIKULUM DAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK 2025-06-03T22:00:06+07:00 Ernawati Ernawati alesha16012017@gmail.com Zamroni Zamroni alesha16012017@gmail.com Sabran Sabran alesha16012017@gmail.com <p>The quality of education is influenced by various factors, including policies, curriculum, and school conditions, with student learning outcomes serving as the primary indicator of success. This study aims to analyze the influence of curriculum management and teacher performance on student learning outcomes at SMA Istiqomah Muhammadiyah and SMA Plus Melati Samarinda.The research method used is a quantitative approach with a survey technique, involving 78 respondents. Data analysis was conducted using simple linear regression, t-test, multiple linear regression, and simultaneous F-test. The results showed that curriculum management contributed 35.7% at SMA Istiqomah Muhammadiyah and 50.1% at SMA Plus Melati, while teacher performance contributed 29.6% and 28.6%, respectively. Overall, these two variables influenced student learning outcomes by 40% at SMA Istiqomah Muhammadiyah and 51.1% at SMA Plus Melati. These findings affirm that curriculum management and teacher performance play a significant role in improving the quality of learning. However, additional supporting factors are still needed to achieve more optimal results.</p> <p>&nbsp;</p> 2025-06-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/1754 PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE HEALTH, SAFETY & ENVIRONMENT MENGGUNAKAN IONIC FRAMEWORK 2025-06-05T22:01:01+07:00 Arya Andhika Yudhistiro 21523097@students.uii.ac.id Nur W. Rahayu 21523097@students.uii.ac.id <p>Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan aspek penting dalam industri modern yang dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan teknologi digital. Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi mobile berbasis Ionic Framework untuk mendukung pengelolaan Health, Safety &amp; Environment (HSE) secara digital dan <em>real-time</em> yang bernama S2P-Mobile. Aplikais ini dikembangjkan menggunakan <em>hybrid framework</em> yang memungkinkan aplikasi mobile dengan satu basis kode dapat berjalan pada <em>platform</em> Android dan iOS. Fitur utama dalam aplikasi ini mencakup pemindaian RFID berbasis NFC, pemindai QR Code, serta penyimpanan data lokal menggunakan SQLite melalui Capacitor. Mekanisme data binding Angular memastikan sinkronisasi data secara <em>real-time</em>, sementara fitur <em>offline­-first­</em> memungkinkan akses data tanpa koneksi internet. Desain antarmuka yang responsif dengan dukungan Material Design dan iOS Human Interface Guidelines, serta mode <em>dark mode</em> meningkatkan pengalaman pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Ionic Framework dalam pengembangan aplikasi HSE mendukung kompatibilitas lintas platform serta optimalisasi fitur keselamatan kerja berbasis mobile. Aplikasi ini diharapkan membantu perusahaan dalam memantau keselamatan kerja, mengurangi risiko kecelakaan, serta dukungan digitalisasi sistem HSE secara lebih efektif.</p> 2025-06-05T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##