PENERAPAN PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA VOCATIONAL SKILL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII PERBANKAN-1 SMKN 1 PANJI SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Siti Rohana
Keywords: vocational skill, pendekatan kontekstual, hasil belajar, model Miles-Huberman

Abstract

Selama ini siswa SMK merasa fobia dan tidak bersemangat dalam belajar matematika. Padahal hampir seluruh mata pelajaran membutuhkan matematika dalam penyelesaiannya. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa, maka perlu diupayakan suatu pembelajaran yang dapat mengaitkan isi materi matematika dengan permasalahan sehari-hari. Oleh karena itu diadakan penelitian tindakan kelas yang menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pada Vocational Skill dengan pendekatan kontekstual di kelas XII Perbankan SMKN 1 Panji Situbondo. Analisis data menggunakan model Miles-Huberman, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Dalam penelitian ini, materi anuitas yang diajarkan dirancang sedemikian rupa sehingga terlihat dengan jelas keterkaitannya dengan masalah kejuruan siswa (Perbankan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran anuitas yang berorientasi pada Vocational Skill dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas, dan pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-27
How to Cite
Rohana, S. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA VOCATIONAL SKILL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII PERBANKAN-1 SMKN 1 PANJI SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 38-53. https://doi.org/10.47668/pkwu.v6i2.6
Section
Articles