PENGARUH KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN SECARA ONLINE PADA MAHASISWA (Studi kasus mahasiswa UBSI Salemba 45 Jakarta)

PENGARUH KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN SECARA ONLINE PADA MAHASISWA (Studi kasus mahasiswa UBSI Salemba 45 Jakarta)

  • Panji Suratriadi
  • Jaka Santosa
  • Agus Suhaila
Keywords: Keputusan Pembelian, Online, Mahasiswa

Abstract

Kemajuan teknologi di bidang internet semakin maju dan murah, harga smartphone dan biaya pulsa internet pun semakin murah. konsumen dalam berbelanja khususnya makanan  tinggal memilih makanan dan toko penjual yang ada di internet. Ditambah lagi jasa pengantar barang seperti gojek atau grab yang biayanya lebih murah, cepat, dan mudah dalam memesannya melalui internet. Begitu juga transaksi pembayaran pun semakin mudah,  dengan internet banking dan pembayaran secara online di minimarket seperti indomaret dan alfamart membuat transaksi jual beli semakin cepat bahkan dalam hitungan menit saja. Dengan kemudahan dalam belanja online maka mahasiswa sebagai salah satu konsumen sering melakukan pembelian makanan secara online. Setelah dilakukan penelitian dengan motede kuantitatif dengan sampel 91 mahasiswa maka didapat hasil pengujian.  Hasil uji regresi linear didapat nilai R koefisien korelasi sebesar 0,603, artinya pengaruh variabel X Kemudahan terhadap variabel Y Keptusan Pembelian Secara Online cukup kuat. Dan didapat nilai R square 0,364 artinya bahwa variabel X Kemudahan memiliki kontribusi mempengaruhi variabel Y Keputusan Pembelian Secara Online sebesar 36,40% sisanya dipengaruhi oleh faktor faktor lain seperti kualitas produk, harga, dan lain lain.. Hasil uji Anova siginificansi linearitas (Sig) dengan syarat Sig < 0,05  didapat hasil Sig 0,000,  dengan F hitung 50,912 dengan demikian model persamaan regresi berdasarkan data penelitian adalah Signifikan. Hasil perhitungan regresi sederhana didapat nilai koefisien konstanta sebesar 4,515 dan variabel X adalah 0,788 sehingga persamaan regresinya  Y =0,788X  +  4,515 maka setiap kenaikan satu satuan variabel akan menyebabkan kenaikan kemudahan  0,788. Hasil Uji didapat nilai t hitung adalah 7,135 dengan nilai signifikansi 0,000 dimana nilai t Tabel dengan df = n-k atau df = 91-2 , df = 89 dengan signifikansi 0,05 nilai t Tabelnya adalah 1,98698. Maka 7,135 > 1,98698 berarti H0 ditolak dan H1 diterima artinya Ada pengaruh kemudahan terhadap keputusan pembelian makanan secara online pada mahasiswa.

Published
2019-07-24