Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Pemberian Tugas Kelompok dan Tugas Individu Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP Negeri 6 Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018.

  • Susanti Tefa
  • Darsih Idayani
  • Tri Astindari
Keywords: hasil belajar, tugas individu, tugas kelompok, uji-t.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara pemberian
tugas kelompok dan tugas individu pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 6 Situbondo
tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Situbondo
semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
sampel jenuh karena jumlah siswa dibawah 100 dan dikategorikan dalam sampel kecil dengan
jumlah sampel adalah 44 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket siswa yaitu
angket tugs individu dan angket tugas kelompok. Analisis data yang digunakan adalah uji-t (uji
beda). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post test kelas kontrol yang diberi tugas
individu sebesar 73,18. Sedangkan rata-rata nilai post test kelas eksperimen yang diberi tugas
kelompok adalah 76,36. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara
hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan selisih 3,18. Jika dilihat dari rata-rata yang
ada siswa yang diberi tugas kelompok mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan
siswa yang diberi tugas individu, dengan thitung -1,764 < 1,682 dan signifikansi 0,035 < 0,05.

Published
2018-12-06