PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KAPONGAN

  • Rizka Mahendra Putra
Keywords: Pemanfaatan Internet, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Hasil Belajar

Abstract

Selama ini siswa SMK merasa fobia dan tidak bersemangat dalam belajar matematika. Padahal
hampir seluruh mata pelajaran membutuhkan matematika dalam penyelesaiannya. Dalam upaya
meningkatkan hasil belajar matematika siswa, maka perlu diupayakan suatu pembelajaran yang
dapat mengaitkan isi materi matematika dengan permasalahan sehari-hari. Oleh karena itu diadakan
penelitian tindakan kelas yang menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pada Vocational
Skill dengan pendekatan kontekstual di kelas XII Perbankan SMKN 1 Panji Situbondo. Analisis
data menggunakan model Miles-Huberman, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan atau verifikasi data. Dalam penelitian ini, materi anuitas yang diajarkan dirancang
sedemikian rupa sehingga terlihat dengan jelas keterkaitannya dengan masalah kejuruan siswa
(Perbankan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran anuitas yang berorientasi pada
Vocational Skill dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas, dan
pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan.

References

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, M. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press

Djamarah, S.B. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, S. 2009. Metodologi Research. Yogyakarta

Andi Nasution. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurseto. T. 2010. Pembelajaran Motivasi Berprestasi Dalam Mata Kuliah Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. VII. 01. 82-93

Rasyidi, A. H., & Jaya, N. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 6(02), 18-24.

Riyanto, Y. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Penerbit SIC

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Slameto. 2012. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Soemanto. 2010 Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Published
2018-12-06